Artikel Terbaru

Trik Belajar Bahasa Inggris Efektif dengan Media Sederhana - Pada dasarmya, keterampilan apapun kuncinya berasal dari hal-hal yang dekat dengan keseharian kita. Segala sarana yang ada pun dapat dijadikan media untuk memaksimalkan hasil pembelajaran. Termasuk tentang bagaimana belajar bahasa Inggris efektif


Trik Belajar Bahasa Inggris Efektif dengan Media Sederhana


Trik Belajar Bahasa Inggris Efektif dengan Media Sederhana

Nah, Sahabat Nesia ada yang ingin menerapkan cara efektif dalam belajar bahasa Inggris tetapi belum tahu bagaimana memulainya? Di bawah ini ada 8 trik menyenangkan yang bisa diikuti. Ayo simak!

1. Mendengarkan Lagu


Lagu merupakan media yang efektif dalam mempelajari pelafalan alias pronunciation. Karena, kata-kata yang diucapkan dengan berirama cenderung lebih mudah diingat bahkan dihafal. Terutama jika lagunya dinyanyikan oleh seorang idola, atau mungkin memiliki makna secara pribadi bagi Sahabat Nesia idolakan.

Untuk tujuan belajar bahasa Inggris, ada baiknya tidak sembarang memilih lagu. Selain itu, perlu juga melakukan trik-trik tertentu agar ilmunya bisa cepat terserap dan tahan lama dalam ingatan. 

Pilihlah lagu yang dinyanyikan oleh native speaker atau penutur asli. Ini penting karena mereka sudah terbiasa berbahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Sehingga dalam menyanyi pun mereka akan melafalkan lirik secara natural dan terjamin benar.

Selain itu, lagu dengan tempo cepat atau kata-kata yang rapat biasanya membuat penyanyi mengucapkannya secara bersambung-sambung. Ini akan membingungkan ketika terdapat kosakata yang baru didengar terutama bagi pemula.  Karenanya, pilihlah lagu yang temponya santai dan kata-katanya tidak terlalu rapat. 

Mendengarkan lagu sambil membaca teks lirik juga dapat mempercepat penyerapan pembelajaran. Dengan cara ini, akan terjadi cross-check secara tidak langsung. Misalnya kata yang hurufnya tidak dibunyikan atau kata yang pengucapannya berbeda dengan tulisannya.

2. Menonton Film dengan Subtitle


Trik belajar bahasa Inggris efektif berikutnya adalah dengan menonton film barat disertai subtitle. Cara ini dapat membiasakan telinga Sahabat Nesia terhadap percakapan bahasa Inggris, meskipun mungkin belum dapat menangkap apa yang diucapkan.

Untuk tahap awal, boleh menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Namun, bagi yang sudah mampu memahami sejumlah bacaan tanpa bantuan kamus, subtitle bahasa Inggris bisa menjadi pilihan. Prinsipnya sama dengan mendengarkan lagu sambil membaca lirik. Namun yang satu ini lebih mengarah kepada percakapan sehari-hari beserta penekanannya. 

Selain meningkatkan kepekaan pendengaran, menonton film dengan subtitle juga membantu untuk lebih mengenal kebudayaan barat. Misalnya untuk mengetahui waktu yang tepat menggunakan suatu idiom hingga mengenal berbagai bahasa slang serta penggunaannya. Karena bagaimanapun, bahasa dan budaya merupakan 2 entitas yang berkaitan erat.

3. Mengubah Pengaturan Bahasa Ponsel


Pada dasarnya, belajar yang efektif dapat diperoleh dengan pembiasaan. Begitu juga jika ingin belajar bahasa Inggris efektif. Pembiasaan paling mudah dimulai dari sesuatu yang sangat dekat dengan Sahabat Nesia, misalnya ponsel. Cobalah ubah pengaturan bahasanya menjadi bahasa Inggris. 

Dengan begitu, berbagai istilah dalam bahasa Inggris akan terlihat setiap membuka ponsel. Tampilan ponsel yang biasanya juga memuat gambar akan mempermudah memperkirakan arti dari istilah yang muncul. 

Namun sesekali kembalikan ke bahasa Indonesia. Ini dilakukan untuk mencocokkan padanan kata atau istilah antar bahasa. Sehingga akan didapat pemahaman yang sinkron dan tidak terjadi salah penafsiran.

4. Memberi Label pada Setiap Benda


Cara yang satu ini lebih bertujuan untuk memperkaya perbendaharaan kata benda. Dimulai dengan benda-benda yang terletak di kamar pribadi. Misalnya lemari, cermin, kasur, jam, hingga tempat sampah.

Tulis nama benda tersebut pada selembar kertas kecil dalam bahasa Inggris beserta artinya. Sahabat Nesia bebas berkreasi menggunakan kertas apapun, baik kertas yang dipotong kecil-kecil maupun post-it. Bisa dengan tulis tangan ataupun diketik, yang penting terlihat jelas. Misalnya kertas bertuliskan mirror dan cermin. Tempelkan kertasnya di sudut cermin di kamar. Sehingga, tulisan tersebut selalu akan selalu terlihat setiap bercermin.

5. Rajin Mengecek Kamus 


Tidak malas mengecek kamus adalah langkah yang perlu dilakukan jika serius ingin belajar. Karena, bahkan bahasa sendiri pun terus berkembang sehingga perlu terus diperbarui. Apalagi bahasa asing yang bukan merupakan bahasa yang dipakai sehari-hari.

Ini berlaku di setiap kesempatan. Baik saat mendengarkan lagu, menonton film, membaca buku, hingga melihat istilah-istilah pada kemasan suatu produk. Tidak perlu menghafal dan tidak apa-apa jika setelahnya kembali lupa. Lakukan saja berulang-ulang bahkan untuk kata yang sama. Stimulus yang berulang itu pada akhirnya akan menempel lebih lama dalam ingatan. 

6. Memanfaatkan Google Translate


Jika pada kamus konvensional hanya ada tulisan dan cara baca dengan simbol fonetik, maka Google Translate bisa lebih dari itu. Sahabat Nesia bisa mendengarkan pelafalan langsung dari hasil terjemahan sebuah kata hanya dengan mengklik ikon speaker. Selain itu, ada ikon mikrofon yang bisa digunakan untuk melakukan input menggunakan suara.

Fitur inilah yang bisa dimaksimalkan untuk berlatih. Cobalah ucapkan suatu kata yang ingin dicari terjemahannya. Lihat apakah Google Translate bisa menangkap apa yang dimaksud. Jika sesuai, maka dapat dikatakan Sahabat Nesia sudah mampu melafalkan kata tersebut dengan benar.
Namun jika belum benar, coba lakukan satu atau dua kali lagi. Jika tetap tidak sesuai, maka ketik kata yang dimaksud dan klik ikon speaker untuk mendengarkan pelafalan yang tepat.

7. Menulis


Kebiasaan menulis juga bisa menjadi cara belajar bahasa Inggris efektif. Ini terutama mengarah kepada latihan penggunaan tata bahasa atau grammar yang benar. Karena, bahasa tulis terkadang agak berbeda dengan bahasa lisan.

Tidak perlu terburu-buru dengan menulis artikel berat. Cukup mulai dengan menulis status singkat, misalnya. Meskipun hanya status, ketepatan ejaan dan grammar tetap harus diperhatikan. Mungkin terkesan enteng, namun di sinilah kesempatan untuk belajar. 

Cek penggunaan ejaan, pilihan kata, hingga penggunaan idiom sebelum memutuskan untuk memposting. Terasa merepotkan mungkin jika tidak terbiasa. Tetapi ini juga akan membantu untuk bersikap lebih hati-hati.

Selain itu, penting juga untuk terbuka dan siap menerima kritikan. Bagaimanapun, ketika tulisan telah dibagikan kepada publik, maka siapa saja bisa melihatnya. Tidak terkecuali para grammar nazi yang selalu gatal untuk mengomentari kesalahan penulisan orang lain.

Terimalah berbagai masukan selama itu disampaikan dengan santun. Bukan tidak mungkin, komentar yang masuk justru bisa membuka jalan diskusi yang semakin menambah wawasan kebahasaan Sahabat Nesia.

8. Berinteraksi dengan Native Speaker atau Penutur Asli


Nah, terakhir cobalah beranikan diri untuk berinteraksi langsung dengan native speaker. Bagi Sahabat Nesia yang berdomisili dekat dengan tempat wisata yang sering dikunjungi bule, cara ini bahkan lebih mudah dipraktekkan. Carilah kesempatan untuk mengobrol dengan basa basi sederhana. Misalnya mengomentari cuaca atau menunjukkan spot-spot menarik.

Tetapi, kesempatan tidak hanya datang dari tempat wisata. Dengan mudahnya akses internet saat ini, kesempatan belajar pun semakin terbuka lebar. Sudah banyak situs dan aplikasi yang menyediakan layanan chatting dengan orang dari negara lain. Sahabat Nesia bisa mencobanya untuk mendapatkan teman mengobrol yang merupakan seorang native speaker.

Baca Juga : 20 Cara Mendidik Anak di Suia 2 Tahun secara Baik dan Benar


Nah, itu dia 8 trik belajar bahasa Inggris efektif hanya dengan media sederhana yang ada di sekitar kita. Jangan tergesa mencari-cari yang jauh untuk mendapatkan suatu tujuan. Tetapi pandanglah yang terdekat lebih dulu karena kadang di situlah letak jalan yang kita cari. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Nesia semua.