Doa Keluar Rumah dan Pengertiannya

3 min read

Doa Keluar Rumah

Pengertian Tentang Doa Keluar Rumah yang perlu kamu ketahui. Apakah kita meluangkan waktu untuk membaca doa sebelum kita meninggalkan rumah? Ketika kita meninggalkan rumah kita, kita menghadapi banyak rintangan dan rintangan atas kejahatan orang lain yang berniat mempengaruhi kita.

Doa Keluar Rumah

Berdoa di luar rumah berarti setiap Muslim meninggalkan rumah untuk bekerja mencari makanan; Dianjurkan untuk membaca untuk kendaraan bermotor atau keperluan lain. Fadhilahnya membaca doa keluar rumah yang benar dan berharap Allah sesuai dengan karakternya, melindungi kita dari segala macam bahaya.

Jika ada aktivitas di luar rumah; Ingatlah untuk selalu membaca doa ini ketika Anda meninggalkan rumah, dari taman kanak-kanak hingga anak-anak hingga orang dewasa. Sebagai hamba, sudah sepantasnya mendedikasikan segalanya untuk Yang Maha Kuasa.

Ketika Tuhan meninggalkan rumah dengan doa, jika Tuhan menghendaki, kita dapat memulai hari dengan baik dan hasil serta keinginan hari itu akan baik. Karena ketika Anda benar-benar meninggalkan rumah, Anda siap menerima kendala dan masalah tersebut. Umat Muslim disarankan untuk berdoa untuk aktivitas atau kebutuhan sehari-hari. Selain mendapat pahala, kita selalu bisa dilindungi oleh SWT Alloh melalui sholat.

Ketika Anda memulai aktivitas seperti meninggalkan rumah, Anda harus memohon perlindungan kepada Allah dari SWT. Jadi, kemudian, apakah doa berbasis rumah itu? Dengan berdoa kepada staf di luar rumah, Tuhan melindungi seseorang dari melakukan pekerjaan setan di luar rumah, seperti bekerja di luar rumah.

Bahkan dalam Quran surat An-Nahl ayat 99 Allah SWT berfirman.

Arab: اِنَّهٗ لَيْسَ لَهٗ سُلْطٰنٌ عَلَى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ
Latin: innahụ laisa lahụ sulṭānun ‘alallażīna āmanụ wa ‘alā rabbihim yatawakkalụn

Artinya: sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan. Berikut doa keluar rumah sesuai sunnah yang dirangkum detikcom:

Doa

Doa keluar rumah seperti disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, yaitu membaca ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah’. Artinya, dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan-Nya. Adapun, doa keluar rumah tersebut berdasarkan hadist riwayat At-Tirmidzi nomor 3348, dari Anas bin Malik, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

Arab: إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ قَالَ « يُقَالُ حِينَئِذٍ هُدِيتَ وَكُفِيتَ وَوُقِيتَ فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِىَ وَكُفِىَ وَوُقِىَ .

Artinya: Jika seseorang keluar rumah, lalu dia mengucapkan ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah’, maka dikatakan ketika itu: ‘Engkau akan diberi petunjuk, dicukupkan dan dijaga’. Setan pun akan menyingkir darinya. Setan yang lain akan mengatakan: ‘Bagaimana mungkin engkau bisa mengganggu seseorang yang telah mendapatkan petunjuk, kecukupan dan penjagaan?’

Keutamaan

Kelebihan membaca doa keluar rumah bisa mendapatkan penjagaan dan kemudahan dari Allah SWT selama beraktivitas. Bahkan, umat Islam yang membaca doa keluar rumah akan diberikan petunjuk agar tak digoda oleh Setan. Keutamaan doa keluar rumah berdasarkan Quran surat At-Talaq ayat 3, Allah SWT berfirman:

Arab: وَّيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُۗ وَمَنْ يَّتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ فَهُوَ حَسْبُهٗ ۗاِنَّ اللّٰهَ بَالِغُ اَمْرِهٖۗ قَدْ جَعَلَ اللّٰهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا
Latin: wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya: dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.

Dalil dan Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah:

Di dalam hadis riwayat Abu Daud dan At Tirmidzi dari Sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ

وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟

Artinya:Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia membaca doa di atas, maka disampaikan kepadanya: ‘Kamu diberi petunjuk, kamu dicukupi kebutuhannya, dan kamu dilindungi.’

Seketika itu setan-setanpun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’ [HR. Abu Daud 5095, Turmudzi 3426, dan dishahihkan al-Albani].

Bagaina contoh bacaan doa saat kita mau keluar rumah?

Keterangan tambahan:

Dalam kitab Tuhfatul Ahwadzi, Syarh Sunan Turmudzi, 9/271, dijelaskan bahwa makna arti dari ”disampaikan kepadanya”, adalah, bahwa yang menyampaikan tersebut Malaikat. Malaikat tersebut mengatakan kepada orang yang membaca doa ketika keluar rumah, ’Wahai hamba Allah, kamu telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi.’

Doa Kedua Saat Keluar Rumah

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Bacaan Latin:
“ALLAHUMMA INNI A-’UDZU BIKA AN ADHILLA AW UDHALLA AW AZILLA AW UZALLA AW AZLIMA AW UZLAMA AW AJHALA AW YUJHALA ‘ALAYYA.”

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku mendhalimi, atau aku didhalimi, atau kebodohanku atau dibodohi.”

Dalil Doa Keluar dari Rumah

Dalil doa di atas adalah Hadis riwayat Abu daud, An Nasa’i dan Ibnu Majah yang di sahihkan oleh Al Abani, berikut bunyinya, Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, beliau menceritakan,

مَا خَرَجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ بَيْتِي قَطُّ إِلَّا رَفَعَ طَرْفَهُ إِلَى السَّمَاءِ فَقَالَ: «اللَّهُمَّ أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ…

Artinya:
“Setiap kali Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari rumahku, beliau mengarahkan pandangannya ke langit, kemudian berdoa:

Allahumma a-‘udzu bika an adhilla…(doa diatas) [HR. Abu Dawud, Nasai, Ibnu Majah]

Keterangan:

Sallalahu alaihi wassalam seorang nabi khususnya dengan mendoakan perlindungan saat keluar rumah terutama bagi mereka yang masih memiliki kesalahan dan kekeliruan. Sifat ketergantungannya, Sallalahu alaihi wassalam dari Allah Azza wajalla.

Dalam praktiknya, doa ini dibacakan dengan lantang saat kita melihat ke luar rumah. Ketika Anda meninggalkan rumah untuk pergi bekerja dan mencari makan, sangat disarankan agar Anda membaca doa di atas. Jadi harapan dan stabilitas ini tercipta saat bekerja.

Semoga Tuhan membuka pintu gerbang makanan di luar rumah. Yang terpenting adalah melindungi diri dari bahaya. Ini juga mendorong Anda untuk membaca doa di luar rumah setelah membaca doa di luar rumah. Demikian pembahasan kita saat ini dan semoga bermanfaat.

Silakan bagikan di media sosial. Berbagi itu gratis, dan Anda bisa menuai manfaat kebaikan dengan berbagi kebaikan. Karena itu, renungkan waktu sholat ini di luar rumah, sesuai dengan aksara Latin. Artinya berdoa di dalam mobil saat kita bepergian. Itulah pengertian tentang Doa Keluar Rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!