Doa Masuk dan keluar Masjid Serta Penjelasannya

3 min read

doa masuk dan keluar masjid

Doa Masuk dan keluar Masjid Serta Penjelasannya yang perlu kamu ketahui. Dalam Islam, disarankan agar Anda berdoa di awal atau di akhir suatu kegiatan. Termasuk saat ingin masuk ke sebuah tempat peribadatan. Berdoa untuk masuk masjid sesuai dengan Sunnah Nabi Muhammad (damai dan berkah Allah besertanya) harus mengajarkan bahwa Islam mempromosikan perkembangan lingkungan dan manfaatnya.

Doa Masuk dan keluar Masjid

Doa Masuk Masjid ini melindungi kita dari pikiran jahat dan berbagai godaan Setan; Ada banyak keutamaan, termasuk pengusiran setan, yang bisa masuk ke pikiran dan hati kita saat pergi ke masjid. Menuju masjid). Bagi umat Islam, masjid adalah tempat yang bersih, terlindung dari banyak kontaminan. Masjid memiliki dua arti. Ini memiliki arti umum dan arti khusus. Masjid pada umumnya adalah tempat beribadah.

Masjid adalah tempat ibadah mulia bagi umat islam. Umat Islam disarankankepada Anda untuk membaca doa untuk masuk ke masjid. Setelah lulus dari masjid, disarankan agar Anda membaca shalat di luar masjid. Jadi apakah shalat di masjid dan shalat di masjid sesuai dengan permintaan Nabi Muhammad SAW? Islam merupakan agama yang sempurna. Oleh karena itu demi kejayaan masjid, sholat wajib dibaca di masjid dan sholat di luar masjid.

Ada banyak panutan Rasulullah Muhammad SAW saat masuk dan keluar masjid. Selain itu, melakukan shalat ini secara rutin akan membantu kita dalam shalat dan shalat di masjid. Khotbah; Pembacaan Masjid bisa memberkati kita dengan banyak berkah, termasuk sholat dan masih banyak lagi. Ketika NU (Nahdlatul Ulama) dan Muhammadiyah masuk ke masjid yang masuk Islam, shalat adalah yang kita doakan di masjid, baik itu munfarid atau tidak.

Sendirian Anda juga bisa mengisinya saat ingin beribadah di gereja. Itulah mengapa Tuhan menjadikan bumi ini sebagai masjid. Sedangkan masjid yang memiliki makna khusus adalah tempat atau bangunan yang dibangun khusus untuk peribadahan.

Masjid bisa diartikan sebagai rumah Tuhan di bumi ini. Jika kita ingin menemukan surga sejati di bumi, kita dapat menemukan “pecahan” surga di bumi di dalam rumah Tuhan. Jika Anda membandingkan perjalanannya, Itu terletak di rumah Tuhan. Kami akan memulai perjalanan kami ke surga nyata di Yuanmal Ahir.

Sebagai tempat hidup dan kemuliaan bagi Allah, maka perlu memperhatikan adab yang baik dan benar. Salah satu kebiasaan masuk masjid adalah membaca doa. Masjid merupakan tempat ibadah bagi umat Muslim. Ada baiknya seorang Muslim membaca doa masuk masjid dan keluar masjid agar mendapat rida Allah SWT dan diberikan kekhusyukan dalam beribaxdah.

Tidak hanya menjadi tempat ibadah dan melangsungkan kegiatan keagamaan lainnya, masjid juga disebut sebagai rumah Allah. Melansir NUOnline, hal tersebut tertera dalam Al-Quran:

وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ لِلَّهِ فَلَا تَدْعُوا مَعَ اللَّهِ أَحَدًا

Artinya: “Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah milik Allah, karena janganlah menyembah selain Allah sesuatu pun.” (QS Al-Jin: 18)
Sebelum masuk ke dalam masjid, hendaknya seseorang melangkahkan kaki kanan terlebih dahulu serta membaca doa masuk masjid. Begitupun saat keluar masjid, disunahkan mendahulukan kaki kiri sambil berdoa.
Diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu anhu, Rasulullah SAW mengatakan:

مِنَ السُّنَّةِ إِذَا دَخَلْتَ الْمَسْجِدَ أَنْ تَبْدَأَ بِرِجْلِكَ الْيُمْنَى، وَإِذَا خَرَجْتَ أَنْ تَبْدَأَ بِرِجْلِكَ الْيُسْرى

Artinya: “Termasuk sunah ketika masuk masjid mendahulukan kaki kanan, dan jika keluar dengan mendahulukan kaki kiri.” (HR Al Hakim).

Hadist Doa Masuk Masjid

Apabila sudah mengetahui sunah yang dilakukan sebelum dan sesudah mengunjungi masjid, berikut bacaan doa masuk masjid beserta tulisan latin dan artinya:


أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Bagaimana Penjelasan Tentang Doa Masuk Masjid?

Doa Keluar Masjid

Selain masuk masjid, dianjurkan juga membaca doa ketika keluar masjid sambil melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu. Melansir NUOnline, dengan membaca doa kita termasuk orang yang menjaga etika dan memuliakan masjid. Berikut doa keluar masjid:


أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

A’ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba fadhlik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukakan lah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

Keutamaan Membaca Doa Masuk Masjid dan Keluar Masjid

Adab Kepada Allah SWT

Doa-doa tersebut merupakan salah satu sebuah niat yang terucapkan tak kala hendak pergi menuju masjid. Dengan berdoa tentulah kita mengharapkan keberkahan dari Allah SWT serta tak lupa akan untuk beradab kepadaNya.

Adab Kepada Masjid

Dikarenakan Rasulullah SAW sangat menganjurkan untuk melafadzkan doa tersebut ketika hendak memasuki masjid berguna agar dipermudahkan dan ditolong dari gangguan setan. Karena setan ketika hendak melakukan suatu ibadah pastilah akan selalu menggoda.
Dengan menjaga kekhusyukan salah satunya merupakan adab kita ketika berada dalam masjid.Mengikuti Sunah Rasul dengan mengetahui adab serta doa tersebut kita yang mana sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW secara tidak langsung kita telah menegakkan sunah rasul.

Memperoleh Keberkahan

Selain perihal diatas yang sudah disebutlah tentulah keutamaan selanjutnya jika kita membaca doa-doa tersebut lalu menunaikan ibadah mengharapkan ridhoNya insya allah akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT dan semoga segala urusan dipermudahkanNya.

Akhir Kata

Itulah panduan Doa Masuk Masjid dan keluar masjid. Jika sudah mengetahui sunahnya, dianjurkan untuk melaksanakan sunah tersebut, agar tercegah dari hal-hal yang melanggar etika saat berdada di masjid maupun saat meninggalkan masjid. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!