Doa Naik Kendaraan lengkap dengan Pengertiannya

3 min read

Doa Berpergian

Doa Naik Kendaraan Mobil, Sepeda Motor, Pesawat, Keret Api, Kapal dll dan pengertiannya yang lerlu kamu ketahui. Bepergian keliling dunia bisa menjadi tugas yang menakutkan. Berwisata terutama sebagai alat transportasi. Kami ingin memastikan bahwa kami memiliki waktu yang aman dan terjamin tanpa repot mengemudi.

Doa Naik Kendaraan

Oleh karena itu, kami mengimbau Anda untuk membaca Doa Naik Kendaraan. Sebaiknya umat Islam shalat secara rutin saat berkendara agar terhindar dari kecelakaan atau halangan jalan. Berikut ini adalah definisi lengkap dari doa. Doa merupakan lambang keimanan yang Allah berikan SWT dalam kehidupan sehari-hari bagi umat Islam.

Kami mendorong semua Muslim untuk berdoa sambil melakukan apapun yang mereka inginkan. Tujuannya agar setiap tindakan mendatangkan berkah dan manfaat bagi orang-orang di sekitar kita. Mengemudi adalah aktivitas umum bagi semua orang. Tanah Penggunaan laut atau pesawat terbang Saat ini hampir semua pemudik menggunakan kendaraan.
Jarang ada pejalan kaki.

Kecuali close-up yang bisa menghitung jarak. Karena itu, lebih baik shalat saat berkendara. Tujuannya agar kita menerima keselamatan dari Allah oleh SWT dan dengan mengamalkan kehendak Nabi (damai dan berkah Allah besertanya). Karena rasul sering berdoa sambil menyetir.

Adapun doa ketika naik kendaraan yang singkat adalah sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِىْ سَخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّآ اِلَى رَبّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Bacaan latinnya:
Subhaanalladzi sakhoro lana hadza wa ma kunna lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbina lamunqolibuun.

Artinya:
“Maha suci Allah yang memudahkan ini (kendaraan) bagi kami dan tiada kami mempersekutukan bagi-Nya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.”

Doa di atas merupakan doa singkat ketika kita naik kendaraan. Adapun bagi yang memiliki keleluasaan waktu, bisa menambahkan takbir dan memperpanjang bacaan doa sebagaimana yang diamalkan baginda Nabi sesuai hadits riwayat Muslim.

Doa Naik Kendaraan dari Hadist

Doa Naik Kendaraan dari Hadist Shahih untuk Bepergian dengan Kendaraan

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam hadist shahih menceritakan bagaimana detail hukum dan juga tata cara beribadah. Selain itu, dalam hadist juga dijelaskan bacaan doa-doa yang dapat kita gunakan dalam keseharian kita. Salah satunya adalah doa naik kendaraan. Nabi mencontohkan membaca doa ini saat setelah sudah menaiki kuda sebagai kendaraan yang digunakan Nabi saat itu. Berikut ini adalah doa naik kendaraan yang tercantum dalam hadist shahih:

بِاسْمِ اللَّهِ
الْحَمْدُ لِلَّهِ
{ سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ }
(3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ
(3x) اللَّهُ أَكْبَرُ
سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ.

Artinya: “Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Robb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR. Abu Dawud (no.2602), At-Tirmidzi (no.3446)

Contoh bacaan doa naik kendaraan

Doa tersebut dapat dibaca saat Anda tengah mengendarai kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik itu kendaraan darat, kendaraan udara maupun kendaraan laut. Dengan membaca doa ini.

Allah akan melindungi Anda dari segala macam marabahaya dan juga hal-hal yang tidak diinginkan. Nabi mengajarkan membaca doa ini saat sudah menunggangi kudanya, itu berarti Anda dapat membaca doa ini setelah naik di atas kendaraan yang Anda naiki.

Selain membaca doa naik kendaraan, Anda juga dapat membersamainya dengan doa keluar rumah agar Allah senantiasa menunjukan kita kepada petunjuk-Nya dan juga dilindungi dari segala macam hal yang dapat membahayakan kita saat di perjalanan.

Adab Membaca Doa Naik Kendaraan

Saat akan membacakan doa, tentunya memiliki beberapa adab yang perlu untuk dilakukan. Hal ini dimaksudkan agar bacaan doa yang dipanjatkan dapat terkabul. Apabila lafadz doa Anda bacakan dengan ucapan yang khusyuk, maka Allah SWT senantiasa akan mengabulkan doa-doa. Berikut adab ketika membacakan doa naik kendaraan :

  • Merendahkan diri dan tunduk di hadapan Allah SWT dan memohon dengan sungguh-sungguh atas kehadirat Allah SWT, Usahakan dalam keadaan suci dan menghadap kiblat.
  • Berdoa dengan penuh harapan dan rasa takut kepada Allah SWT, serta tak lupa untuk mengangkat kedua tangan, Saat akan berdoa maka Anda harus merasa sedang hadir dan bertemu dengan Sang Kuasa dan berkonsentrasi penuh, Sebelum menyampaikan doa atau keinginan, alangkah baiknya untuk memohon ampun atas perbuatan buruk yang pernah dilakukan.

Keutamaan Membaca Doa Naik Kendaraan

Seperti yang diketahui bahwa keutamaan yang ada pada doa ini sangatlah banyak dan pastinya memberikan pengaruh yang positif. Berikut keutamaan membaca doa naik kendaraan, diantaranya :

1# Perjalanan Diiringi Ridho Allah SWT

Ketika Anda sudah membacakan doa, maka perjalanan dengan menggunakan kendaraan akan selalu diiringi oleh ridho Allah SWT. Dengan ridho yang telah diberikan, maka perjalanan yang Anda lakukan akan berjalan mulus dan tanpa adanya suatu hambatan. Hal itu disebabkan oleh doa yang dipanjatkan, yakni meminta sebuah perlindungan agar selama perjalanan aman, nyaman, dan cepat.

2# Mendapatkan Pahala

Tentunya Anda sudah mengetahui, apabila orang yang memanjatkan doa akan selalu mendapatkan sebuah pahala. Setiap saat ketika sedang berkendara, selalu mengucapkan doa maka perjalanan yang Anda lakukan selalu disertai pahala dan perlindungan dari Allah SWT. Tak hanya itu, doa juga dianggap mengandung sebuah harapan.

3# Perjalanan Lebih Aman

Dengan mengawali perjalanan membaca doa, maka secara otomatis hati akan merasa nyaman dan aman. Sebab seperti yang Anda tahu, bahwa sebaik-baiknya kita menjaga namun hanya kekuasaan Allah SWT yang dapat melindungi umatnya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membaca doa setiap akan melakukan perjalanan, agar tiba dengan selamat.

4# Mendapatkan Pertolongan di Jalan

Umumnya, selalu ada saja kejadian yang dapat Anda alami selama berkendara atau melakukan perjalanan. Sebagai contoh ban bocor atau kehabisan bensin, maka secara tak sengaja Anda mendapatkan pertolongan yang telah direncanakan oleh Allah SWT. Dengan kekuatan doa sebelum berkendara, maka ada saja cara atau pertolongan yang Anda dapatkan secara tiba-tiba.

5# Perjalanan Terasa Lebih Cepat

Dengan doa yang Anda panjatkan, pastinya menciptakan kesan nyaman. Hal tersebut dapat membuat perjalanan terasa jauh lebih cepat. Selain itu, dengan kekuatan doa Allah SWT akan selalu mempermudah setiap urusan. Yang mana ketika Anda melakukan perjalanan maka tidak akan terjadi gangguan-gangguan pada kendaraan. Itulah bacaan doa naik kendaraan baik untuk kendaraan darat, laut, dan udara.

Penjelasan diatas telah memaparkan doa latin dan terjemahnya sekaligus keutamaan membaca Doa Naik Kendaraan. Saat Anda berkendara alangkah baiknya untuk senantiasa membaca doa terlebih dahulu, agar mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Tak hanya itu, selama perjalanan yang Anda lakukan, akan selalu disertai oleh ridho dan pahala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!