GAYA HIDUP REMAJA DI ERA SEKARANG

1 min read

Di zaman yang serba modern ini membawa perubahan, seperti sekarang yaitu pada gaya hidup remaja saat kini. Perubahan zaman yang terus berkembang membuat gaya hidup remaja yang serba modern dengan selalu mengikuti trend yang ada.

Gaya hidup modern merupakan kebiasaan atau pola tingkah laku sehari-hari yang terus update yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan ini juga membuat diri untuk belajar lebih luas dan menambah wawasan karena dunia semakin terus berkembang dari tahun ke tahun. Namun hal ini juga tidak lepas dari hal-hal negatif dan juga positif, yang bisa mempengaruhi remaja saat ini.

Dengan kita memasuki dunia yang serba modern ini dengan sistem komunikasi yang global, membuat memudahkan dalam mengakses berbagai informasi yang menarik dari berbagai sumber. Misalnya, internet, TV, media, ponsel, komik, dan lain sebagainya, sehingga memberi manfaat yang besar bagi kehidupan.

Teknologi + Kebebasan – edukasi = Kehancuran bagi remaja. Dengan penggunaan ponsel terus-menerus tanpa adanya batas waktu menyebabkan berkurangnya interaksi secara langsung, hal ini karena remaja sekarang lebih mementingkan ponselnya dengan menghabiskan waktu mereka di ponsel sehingga mengabaikan hal- hal kepentingan lain.

Pemahaman akan agama, etika, dan sikap remaja saat ini cenderung sangat rendah. Sehingga mereka mudah terpengaruh dengan dunia luar. Hal ini yang membuat banyak remaja mengenal bahkan melakukan yang namanya rokok, narkoba, seks dan sebagainya.

Kebiasaaan remaja sekarang juga masih sangat minim, sebagian besar  dari mereka lebih suka mengikuti trend-trend kekinian. Misalnya mengikuti cara berpakaian yang kebarat-baratan. Remaja sekarang juga lebih suka membeli barang atau kebutuhan yang mereka inginkan dibandingkan dengan kebutuhan mereka. Remaja zaman sekarang juga suka berfoya-foya menghabiskan uang mereka dengan mudah untuk mendapatkan kesenangan dan kebahagiaan mereka dengan mengikuti gengsi mereka.

Fenomena gaya hidup itu sendiri muncul seiring dengan adanya perkembangan zaman yang banyak mengubuh gaya hidup remaja dengan adanya kemajuaan teknologi dan ilmu pengetahuan yang terus mengalami perubahan yang lebih modern dari tahun ketahun depannya.

Remaja sekarang juga memiliki kebiasaan buruk dalam gaya hidup masa kini.

  • Ketika mereka bangun, hal pertama yang di cari adalah gadget. Karena itu salah  satu  kebiasaan buruk mereka yang patut dihindar gunanya menghindari kebisaaan malas dan bisa membuat hidup tidak produktif. Lebih bagus jika  kita bangun tidur langsung membuka jendela menghirup udara segar, atau melakukan kegiatan yang lebih menfaat lainnya.
  • Di  usia mereka membuat susah untuk di nasehati dan menolak masukan dari orang lain. Remaja masa kini lebih suka mengkritik sana sini tanpa diimbangin dengan aksi nyata.
  • Mereka juga  lebih suka bergaya-gaya.  Selelu mengikuti trend yang masuk tanpa memikirkan cocok atau tidaknya dengan mereka yang lebih terkesan memaksa. Yang mereka pikirkan ialah yang terpentig gayna.
  • Sebagian mereka lupa bahwa kita hidup bersosial. Harus juga memerhatikan lingkungan, jika kita lagi ngobrol dengan orang lain jangan fokus ke gadget sendiri.

Di zaman yang serba modern ini, kita sebagai  penerus bangsa harus menghindari hal-hal yang berdampak  negatif yang dapat  menjerumuskan kita dalam keberlangsungan hidup. Harus pandai- pandai memilih, jangan sampai mengikuti arus. Adakalanya kita harus menghindari atau tidak mengikuti trend yang ada apabila tidak terlalu penting.

Bijaklah dalam penggunaan gadget sehingga memberikan dampak positif dan pandailah dalam memilih temen agar membuat kita cerdas dan memberi pengeruh baik untuk kehidupan kita. Kita juga boleh mengikuti trend yang ada asalkan nilainya  positif dan pengaruhnya baik bagi kita.


Penulis : Juani Pransista

Mahasiswa STEI SEBI

Contoh Warisan Budaya Indonesia yang Diakui…

Budaya adalah sebuah konsep yang melibatkan pola-pola perilaku, kepercayaan, nilai-nilai, tradisi, norma, dan aspek-aspek lainnya yang diwariskan dari generasi ke generasi. Setiap masyarakat di...
Wildan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.