Rumah Adat Jawa Timur

1 min read

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur Yang Harus Kamu Pelajari! Indonesia adalah negara yang kaya akan berbagai macam suku serta kebudayaan yang ada. Banyak suku yang ada di Indonesia dan menjadi satu kesatuan utuh yang harus kita jaga dengan baik. Salah satu bentuk kebudayaan yang ada di Indonesia adalah adanya rumah adat yang menjadi ciri khas dari masing masing suku. 
 
Seperti misalnya rumah adat khas jawa yang memiliki keunikan tersendiri dan harus di pahami dengan tepat tentunya. Jika dilihat sekilas tentunya rumah adat jawa baik itu jawa tengah ataupun jawa timur sendiri memiliki bentuk yang sama yaitu joglo.
 

Keunikan Rumah Adat Jawa Timur

 
Jika dilihat lebih detail tentunya rumah adat jawa timur sendiri berbeda dengan joglo jawa tengah yang bisa dilihat dari arsitekturnya. Dalam hal ini tentunya rumah khas jawa timur sendiri disebut sebagai joglo situbondo yang saat ini banyak di temukan di daerah ponorogo. Rumah joglo jawa timur sendiri memiliki detail yang lebih sederhana dan simple di bandingkan dengan wilayah yang lainnya. Rumah adat dari jawa timur yang satu ini tentunya memiliki makna dan juga filosofis yang kental dengan leluhur terdahulu.
 
Adanya rumah joglo jawa timur yang kini dapat dinikmati tersebut tentunya didapatkan dari peninggalan leluhur yang terdahulu. Dimana pada dasarnya rumah adat joglo situbondo sendiri dulunya digunakan untuk tempat tinggal yaitu keraton dari kerajaan yang ada di jawa timur. Seiring dengan berkembangnya waktu kini tentunya rumah adat joglo situbondo yang khas dari jawa timur sangat jarang di temukan karena banyak rumah gedung yang tersedia. Kini rumah adat yang satu ini bisa kamu temukan di daerah ponorogo dan juga situbondo dengan adanya penggunaan kayu jati yang menjadi ciri khasnya. Ada beberapa keunikan dari rumah adat yang khas dari daerah jawa timur tersebut dan akan dibahas dibawah ini.
 
Berikut Adalah Keunikan Dari Rumah Adat Jawa Timur Yang Harus Kamu Ketahui
 

Pendopo

 
Salah satu keunikan dari rumah adat jawa timur sendiri dapat dilihat dari adanya serambi yang hampir mirip dengan sebuah pendopo tentunya. Serambi yang mirip dengan pendopo tersebut memiliki ukuran yang sangat luas dan hampir setengah dari rumah joglo iti sendiri tentunya. Pada dasarnya tidak ada nilai filosofis pada bagian pendopo, akan tetapi serambi yang berukuran luas pada jaman dahulu digunakan untuk menyambut tamu dengan jumlah yang banyak. Biasanya pada adat jawa sendiri pada acara tertentu akan mengumpulkan orang banyak dan seringkali pendopo rumah dijadikan sebagai tempat untuk pertunjukan seni.
 

Bagian ruangan belakang

 
Selain itu tentunya keunikan lain dari rumah adat joglo situbondo yang khas dari jawa timur tersebut adalah pada bagian ruangan belakang. Dimana jika biasanya bagian depan atau pendopo rumah di jadikan sebagai tempat menerima tamu dan kegiatan lain maka berbeda pada ruangan belakang. Dimana di ruangan belakang sendiri memang khusus digunakan oleh sang pemilik rumah dan didalamnya terdapay banyak kamar tidur yang disesuaikan dengan jumlah keluarga. Keunikan dari rumah joglo jawa timur sendiri ada pada bagian dapun yang terletak paling belakang dengan jendela besar yang tersedia. Sehingga saat menyalakan api maka asap akan keluar dari jendela besar yang ada didalam dapur tersebut.
 
Itu saja yang bisa di jelaskan mengenai rumah adat jawa timur yang pastinya menjadi sebuah pengetahuan yang harus kamu pahami. Semoga informasi diatas dapat menjadi sebuah pengetahuan yang bermanfaat untuk kamu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page