5 Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

1 min read

Bernegosiasi Dengan Baik dan Tepat Akan Mempengaruhi Kinerja Kerja

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan – Membahas masalah bisnis memang tak pernah terlepas dari yang namanya keuangan dan akuntansi, bahkan dalam kehidupan sehari-hari seyogyanya kita memerlukan yg namanya laporan keuangan agar dapat mengatur pemasukan dan pengeluaran cash kita selama sebulan, setahun, bahkan 10 tahun kedepan .

Prospek Kerja Jurusan Akuntansi Yang Menjanjikan

Maka dari itu sudah semestinya Akuntansi merupakan salah satu jurusan yg memiliki peluang prospek kerja yang menjanjikan. Pekerjaan memang menjadi goal/tujuan seseorang. Lalu bagaimana jika kamu lulusan sarjana akuntansi?

Profesi akuntansi memang bisa dibilang sangat menjanjikan. Karena akuntansi dibutuhkan oleh semua bidang bisnis, entah bisnis apapun pasti membutuhkan akuntansi. Karena akuntansi bisa dikatakan sebagai “nyawa” administrasi perusahaan, sukses tidaknya perusahaan dilihat dari seberapa baik akuntansi atau keuanganya, karena bagaimanapun perusahaan tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya jika keuangan perusahaan tersebut berantakan. Lalu apa saja profesi yang bisa diambil jika lulus dari kuliah jurusan akuntansi? Berikut ini 5 prospek kerja jurusan akuntansi :

  1. Profesi Akuntan
    Profesi akuntan adalah profesi yang sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama perusahaan yang besar. Karena seorang akuntan akan bertanggung-jawab atas setiap laporan keuangan/financial statment dalam perusahaan tersebut. Karena itulah, akuntan sangat dibutuhkan dalam menganalisis keuangan termasuk didalamnya laba rugi, keluar masuk uang yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan sebagai bahan utama penentuan kebijakan perusahaan kedepannya
    .
  2. Financial Analyst
    Financial Analyst bertugas menilai stabilitas, profitabilitas suatu usaha, sub usaha atapun proyek. Analisis keuangan menyajikan sebuah laporan dalam bentuk rasio kepada pimpinan suatu usaha sebagai acuan untuk mengambil kebijakan perusahaan. Berdasarkan hasil analisis ini maka manajemen dapat memutuskan melanjutkan atau tidak melanjutkan operasional suatu usaha atau bagian dari suatu usaha. Seorang financial analyst yang masih pemula bisa mendapat gaji hingga Rp 10 juta tiap bulan.
  3. Internal Auditor
    Perusahaan di bidang apapun pasti membutuhkan peran internal auditor yang bertugas untuk memastikan hasil laporan keuangan perusahaan sesuai dengan aslinya. Internal auditor juga harus memastikan seluruh manajemen telah melakukan usaha secara efisien dan tidak terjadi penyimpangan, gaji yang diperoleh seotang internal auditor berkisar RP. 10 juta dan bisa terus meningkat.
  4. Profesi Akuntan Publik
    Bisa dikatakan kebalikan dari internal auditor yang mengaudit bagian dalam perusahaan, sedangkan akuntan publik adalah pihak independen dari luar perusahaan yang bertugas untuk mengaudit laporan keuangan/financial statement. Seorang akuntan publik bisa mendapat gaji antara Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Semakin berpengalaman, maka gaji yang didapat akan semakin besar.
  5. Konsultan Pajak
    Pekerjaan akuntansi yang selanjutnya adalah kamu bisa berkarir menjadi konsultan pajak. Peluang atau prospek kerja akuntansi yang satu ini bertugas memberikan konsultasi perpajakan untuk mereka yang wajib pajak. Besarnya gaji yang didapat oleh seorang konsultan pajak sangat bervariasi. Semakin kompleks kasusnya maka akan semakin tinggi bisa mencapai puluhan juta rupiah. Konsultan pajak di Indonesia menerima gaji di kisaran angka mulai Rp2.000.000 hingga mencapai Rp15.000.000 per bulan.

Nah, itu tadi sekilas tentang beberapa lowongan kerja akuntansi. Semoga cukup memberikan wawasan terutama bagi kalian yang sedang menempuh kuliah jurusan akuntansi. Lebih baik tetapkan pilihan dari sekarang, agar bisa mempersiapkan dengan sebaik mungkin.

Daftar Pustaka
https://almaata.ac.id/6-profesi-menjanjikan-lulusan-akuntansi/
https://gokampus.com/blog/simak-10-pekerjaan-akuntansi-di-indonesia

Ditulis Oleh: Abdul Furqon Luthfi Ali (Mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.