Bagaimana Mengatasi Kesulitan Makan pada Anak?

1 min read

Bagaimana Mengatasi Kesulitan Makan pada Anak? – Kesulitan makan merupakan masalah yang begitu mendasar dan sering dialami oleh anak-anak. Terkadang, saat anak susah sekali untuk diajak mengunyah makanan membuat kita frustasi. Sejak saat itu, biasanya kami akan mencoba berbagai cara seperti memberikan herbal penambah nafsu makan dan berburu makanan kesukaan anak setiap hari.

Hal-hal yang berkaitan dengan gangguan makan pada anak juga menggugah minat kami untuk membuat artikel tentang tips mengatasi anak susah makan. Berikut rinciannya.

  • Sajikan makanan dengan porsi kecil

Mungkin si kecil tidak suka dengan ukuran porsi Anda sehingga enggan menyantap makanan di sana. Banyak anak yang ilfeel setelah melihat porsi yang cukup besar. Jadi, cobalah memberi sedikit agar mereka bisa makan lebih cepat dan tidak bosan dalam menghabiskan makanan.

  • Kumpul bareng keluarga

Jangan biarkan anak makan sendiri dan kita perlu menciptakan suasana kebersamaan saat anak sudah waktunya makan. Misalnya, Anda dan suami berada di meja makan lalu makan bersama. Dengan suasana kebersamaan, maka nafsu makan anak akan terjadi secara perlahan.

  • Sediakan jajanan sehat

Salah satu hal yang menjadi perhatian orang tua adalah perkembangan anak jika ia tidak mau makan. Tentunya ketika anak rewel dalam makan maka pertumbuhannya akan terhambat dan bukan sebagai teman. Salah satu cara untuk menjaganya adalah dengan mencoba memberikan camilan sehat yang bergizi. Berikan makanan ringan yang menarik seperti kacang-kacangan, buah-buahan kering, dan roti yang bergizi.

  • Ragam makanan dan penampilan yang bagus

Mungkin, dia membutuhkan berbagai makanan agar selera makan Anda dia keluarkan. Misalnya, Anda bisa memberikan bayam di hari pertama, brokoli di hari kedua, dan masakan berbahan dasar ayam di hari berikutnya. Variasi makanan merupakan hal yang sangat penting untuk mencegah anak dari kebosanan dan keinginan untuk tidak makan.

Namun, ada satu hal lagi yang bisa memicu nafsu makan anak, yaitu sajian makanan yang menarik. Misalnya, Anda bisa memasak wortel hingga membentuk bintang atau benda unik. Anak-anak akan tertarik dengan bentuknya dan dipercaya dapat menambah nafsu makan. Semoga beberapa tips anak susah makan di atas bisa membantu Anda.

Sumber Refrensi :

https://www.gooddoctor.co.id/hidup-sehat/info-sehat/7-makanan-anti-inflamasi-mengatasi-peradangan/.

Ditulis oleh: Ahmad Khoirudin (Mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.