BERDAMPAK MELALUI INOVASI PT Paragon Technology and Innovation

1 min read

“Bukan tumbuh dulu baru bermanfaat, tapi dengan bermanfaat maka kita akan tumbuh.” begitulah bunyi kalimat sakti yang muncul dari lisan CEO Paragon Corporation, Harman.

PT Paragon lahir pada tahun 1985 sebagai sebuah home industry. Lahir dengan cita-cita untuk memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat seluas-luasnya dan memiliki visi misi sebagai landasan yang kuat sebagai berikut :

Visi

Menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus-menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin melalui produk yang berkualitas yang paragonia, mitra, masyarakat, dan lingkungan.

Misi

– Mengembangkan paragonia

– Menciptakan kebaikan untuk pelanggan

– Perbaikan berkesinambungan

– Tumbuh bersama-sama

– Memelihara bumi

– Mendukung pendidikan dan kesehatan bangsa

– Mengembangkan bisnis

Perjalanan PT Paragon Technology Industri selama 37 tahun tentunya memiliki banyak sekali dinamika yang justru semakin membuat PT paragon terus melahirkan inovasi yang sejalan dengan nilai paragon yaitu ketuhanan, kepedulian, kerendahan hati, ketangguhan, dan inovasi.

Prinsip-prinsip kewirausahaan PT Paragon merupakan bagian dari beberapa personal interested dalam bisnis yang diterapkan seperti :

Owner Mindset, yaitu pola pikir pemilik perusahaan seperti kemampuan mengambil keputusan dengan cepat, terutama dalam keadaan ketidakpastian dan selalu mempertimbangkan biaya pengeluaran yang terjadi

Insurgency, yaitu selalu melihat diri sendiri sebagai seseorang yang memiliki daya juang dan tidak mau berada dalam kondisi stagnan yang terlalu lama

Frontline Obsession, yaitu memberikan informasi kepada perusahaan dari pelanggan secara langsung

Semakin besar sebuah bisnis maka semakin besar pula networking nya. Produktivitas yang unggul tidak hanya mengandalkan sumber daya seperti benda dan orang, tetapi juga dalam hubungan sosial antar manusia (Coleman 1988; Putnam 1993). Jaringan bisnis PT Paragon juga terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini tentunya menjadi peluang untuk meningkatkan keuntungan, menciptakan kolaborasi, meningkatkan wawasan, kemampuan, serta pemecahan masalah yang lebih baik.

PT Paragon menjadi satu-satunya brand indonesia yang mampu tumbuh dengan cepat dalam lingkungan global pada tahun 2014-2015, menjadi market leader kosmetik pertama untuk jenis make up dan moisturizer dan ketiga untuk jenis cleanse, dan juga menjadi bahan studi kasus dalam Harvard Business Review.

Selain menjadi market leader, Paragon juga terus meningkatkan kinerjanya dalam menjawab setiap kebutuhan masyarakat dengan melakukan inovasi yang dilakukan untuk pelanggan seperti meluncurkan produk yang mendukung kebersihan pada kondisi new normal, membuat konten komunikasi yang relevan dan empati terhadap kondisi new normal yang mana ini menjadi salah satu teknik komunikasi penjualan PT Paragon terhadap pelanggan dengan membangun hubungan serta memahami kebutuhan, dan mengakselerasi transformasi digital secara internal maupun eksternal sebagai salah satu teknik lincah dalam mengantisipasi perkembangan teknologi yang akan survive dan berkembang pesat.

Bagi Paragon, setiap tindakan kecil yang bertujuan untuk membuat perubahan menjadi lebih baik adalah sebuah inovasi, karena setiap langkah kecil akan membawa perubahan besar jika dilakukan secara konsisten. Inovasi dimulai dari pola pikir yang diterjemahkan ke dalam tindakan dan akan memberi kebaikan yang lebih besar bagi lingkungan sekitar.


Penulis: Diyan pebriani (STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.