Cara aman, Jaga imun, kala Covid-19 Bervarian

2 min read

Cara aman, Jaga imun, kala Covid-19 Bervarian

Cara aman, Jaga imun, kala Covid-19 bervarian – Meningkatkan daya tahan imunitas tubuh di masa pandemi, sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dalam menangkal penyakit. Agar imunitas tubuh kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit, termasuk virus Covid-19  (Coronavirus Disease of 2019) dengan penanganan bijak perlu dilakukan secara konsisten dan tidak bisa hanya mengandalkan satu cara saja.

Cara aman, Jaga imun, kala Covid-19 Bervarian

Stres, panik, dan khawatir berlebihan mengenai Pandemi COVID-19 membuat tak sedikit orang mudah terjangkit penyakit, dikarenakan pikiran nya selalu was-was dan banyak pikiran.  Hati-hati,  Ini dapat berdampak negatif pada kekebalan dan mempersulit tubulus untuk terinfeksi.

Antibodi

Jenis Covid-19 dalam varian baru bermutasi sangat cepat, oleh karena itu kita boleh kendor  dan tetap berjaga-jaga.  Himbauan dari pemerintah untuk masyarakat tak hentinya menggema. Mulai pemakaian masker, menjaga jarak dengan orang lain dengan minimal 1 meter, dan cuci tangan. Jika itu semua sudah ditetapkan, langkah selanjutnya kita membentengi diri dari dalam tubuh.

Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. Kita bisa menjaga stabilitas imunitas serta meningkatkan  antibodi tubuh berguna melawan virus-virus jahat. Dengan Mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, vitamin, mineral, dan antioksidan. Seperti kandungan dalam buah-buahan yang kaya akan vitamin.

kenapa harus Buah?

Jika kita belum menerima divaksin sampai saat ini, pastikan untuk mendapatkan vaksinasi minimal dosis 1 sesegera mungkin, karena ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan Anda.  Selain itu, ada beberapa hal lagi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dengan cepat. Sebuah solusi bagi tubuh dan berdampak signifikan dalam menemani aktivitas kita kala pandemi Covid-19 melanda, Yaitu Buah.

Buah adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin, mineral dan beberapa enzim yang bermanfaat untuk fungsi pencernaan, kardiovaskuler dan mencegah Diabetes Melitus. Buah memberikan kontribusi terhadap pemenuhan zat gizi yang penting bagi tubuh manusia.

Lebih meningkatkan intensitas mengonsumsi sayur dan buah dapat menurunkan risiko penyakit kronis dan juga dapat membantu mengatur berat badan. Negara lain juga sudah banyak yang telah mengadopsi rekomendasi dari WHO untuk mengonsumsi 400 g sayur dan buah. Dietary Guidelines merekomendasikan untuk mengonsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap harinya (Agudo, 2005).

Buah murah gizi melimpah

Buah apa saja sih yang kaya akan gizi tetapi pas dikantong di masa Pandemi Covid-19 ini

1. Jeruk

Buah jeruk menjadi salah satu buah primadona yang dinilai cukup baik dalam meningkatkan imun tubuh seseorang dengan khas rasa asam manisnya. Jeruk juga kaya akan sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan vitamin dalam satu buah jeruk terdiri dari vitamin dan mineral lain yang dibutuhkan, seperti vitamin B1, folat, hingga potassium. Bagus untuk Menurunkan Kolesterol, Melindungi Jantung, Sistem Pencernaan Lebih Baik, Mengontrol Tekanan Darah dan masih banyak lagi manfaat yang didapat.

2. Pisang

            Si kuning mirip bulan Sabit yang rasanya manis dan tampilannya minimalis. Banyak nutrisi yang baik dari buah pisang untuk kesehatan tubuh. Diantara terkandung karbohidrat, protein, mangan, vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, kalium, dan magnesium. Banyak manfaat pisang yang beragam pun bisa dengan mudah, Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara rutin. Mulai dari sumber energi, Menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah serta Menjaga kesehatan saluran cerna.

3. Apel

Di Indonesia familiar dengan apel yang beragam warna, terutama yang merah jenis Red Delicious punya komposisi serat, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, dan vitamin K yang sedikit lebih banyak. Lebih dari itu didalamnya menyimpan banyak kandungan nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Diantaranya, melindungi fungsi jantung, sifat anti inflamasi, menurunkan kolesterol, tekanan darah, membantu pencernaan dll.

4. Pepaya

Buah ini sering kita konsumsi terutama manfaat nya untuk melancarkan pencernaan serta kesehatan jantung ini adalah salah satu jenis buah kaya nutrisi yang banyak memberikan manfaat kesehatan.

Mengandung kalsium, magnesium, vitamin B1, B3, B5, E, K, antioksidan karotenoid jenis likopen. Tumbuh subur di banyak wilayah Indonesia,bahkan yang masih muda bbisa dijadikan santapan sayur santan papaya saat hari raya tiba.

5. Jambu biji

Buah satu ini, biasa kita bawa sebagai buah tangan saat akan menjenguk rekan atau saudara yang sakit demam berdarah, sudah mengenalnya sebagai buah jambu biji karena dipercaya bisa mempercepat penyembuhan penyakit ini. Ternyata jambu biji ini didalamnya mengandung jenis vitamin lainnya, seperti vitamin A dan folat (vitamin B9).

Dan masih banyak buah-buahan yang bisa kita konsumsi setiap hari. Bagaimana sesuai dengan keadaan kita saat ini, jangan sampai kita menghilangkan kewajiban kita menjaga tubuh dari dalam, walaupun dari luar kita sudah menjalankan aktivitas apapun, jika tidak didukung dari dalam sama saja berat sebelah sehingga ada yang dirugikan.

Mari kita memahami kondisi tubuh kita sendiri dan menerapkan cara-cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan memakan buah yang sudah dijelaskan di atas, agar kita bisa terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Ditulis Oleh: Muhammad Nur Bintang Saputra ( Mahasiswa STEI SEBI )

Malaysia Pemegang Indeks Tertinggi Pada Standar…

Malaysia Pemegang Indeks Tertinggi Pada Standar Makanan Halal – Industri produk makanan halal semakin bergeliat di tanah air. Berdasarkan laporan State of the Global...
alva
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.