20 Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Baik dan Benar

5 min read

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Baik dan Benar yang bisa sahabat Nesia coba dirumah. Bagi kalangan orang tua terutama Mama Muda (Mamud) dan juga wanita yang sudah menjadi ibu serta mempunyai anak yang baru berusia 2 tahun tentu dalam mendidik anak agar mempunyai karakter yang baik maka ada kiat-kiat tersendiri yang akan dilakukan. Terlebih bagi wanita yang belum punya pengalaman dalam mendidik anak.

Anak yang baru menginjak usia 2 tahun, tentu di usia ini biasanya anak akan lebih aktif dan ingin melakukan hal-hal baru di dunia ini. Baik itu mengenal lingkungan dan juga mengenal karakter dari orang tuanya itu sendiri.

Bahkan, anak yang masih usia balita ini memorinya masih fresh atau baru terisi sekian persen, artinya si anak ini baru memproses data-data baru yang akan di ingat lalu di masukkan ke dalam memori anak. Maka dari itu sikap atau perilaku orang tua dalam memperlakukan anaknya sangat perlu diperhatikan agar anak Anda nantinya bisa tumbuh dengan baik dan mempunyai perilaku yang baik. 

Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun Baik dan Benar

 

Nah, untuk menambah wawasan sahabat Nesia disini kami akan berbagi sebuah referensi yang bisa sahabat coba, tips ini juga bisa di praktekkan bagi kaum bapak juga ya, karena nantinya yang berhubungan dengan anak tidak hanya ibunya melainkan juga bapaknya. 

Untuk itu, silahkan sahabat simak pembahasannya Cara Mendidik Anak Usia 2 Tahun berikut ini :


1. Tunjukkan Cara Kasih Sayang

Agar nanti ketika anak sudah tumbuh besar mempunyai rasa kasih sayang yang baik kepada sesama, baik itu terhadap orang tuanya, keluarganya maupun orang sekitar yang ada di tempat tinggalnya. Jadi dalam hal ini sebaiknya ditanamkan sejak dini. Ajarkan perilaku kasih sayang baik itu dengan biantang ataupun dengan tumbuhan sekalipun.


2. Pancing Kreativitasnya


Agar anak tumbuh kembang dengan baik selaku orang tua, khususnya seorang ibu sebaiknya dalam mendidik anak itu dimulai sejal dini bahkan sejak di dalam kandungan. Jadi ketika anak sudah terlahir tetap diajarkan dan dipancing kreativitasnya. Entah itu membuat suatu mainan ataupun memberikan mainan kepada anak itu sendiri.


3. Ajarankan Etika (Sopan Santun)


Apabila anak sudah berusia 2 tahun, selaku orang tua hendaknya bersikap baik terhadap anak itu sendiri baik itu tutur kata, tingkah laku ataupun hal yang dapat ditiru oleh anak sekalipun. Karena di usia 2 tahun anak akan menyerap perilaku dari lingkungan sekitarnya. Kalau kalian ingin punya anak yang punya etika sopan santun yang baik maka berilah contoh yang baik pada anak itu sendiri.


4. Bersikap Tegas Pada Anak


Dalam mendidik anak semua masih berhubungan dengan sikap orang tua. Kalau cara mendidik anak tidak tegas contoh, anak diperbolehkan bermain dijalan namun tidak ditegur bahkan hanya di lihatkan saja nah selaku orang tua kalau sudah memberikan nasehat pada anak maka bersikaplah tegas dan jangan biarkan anak itu melanggar apa yang kalian larang apalagi itu bisa bembahayakan anak.


5. Sering Mengajak Mengobrol


Sejak usia balit anak akan suka dan merasa nyaman ketika diajak mengobrol. Bahkan tak jarang anak kecil akan rewel dan nangis kalau tidak ada yang menghiburnya. Jadi untuk mengasah motorik pada anak sebaiknya sang bunda atau ayah bisa mengajak anak untuk bercanda agar anak bisa nyaman dan kenal dengan orang tuanya.


6. Ajarkan Berpendapat


Ketika anak sudah bisa memilih atas kemauannya maka dukunglah dan beri satu pertanyaan pada dirinya apa yang menjadikan dia memilih itu dan apa responnya. Ajarkan dia untuk berpikir dan mengambil keputusan sesuai dengan logikanya.


7. Ajak Membaca


Agar anak lancar dan pandai dalam menyerap ilmu pengetahuan maka ajarkan dia untuk membaca sejak dini. Karena dengan membaca akan mengasah pola pikir anak dan menambah wawasan pada anak itu sendiri. Jadi kalau sudah beranjak usia 5 tahun nanti akan ketahuan seberapa jenius anak Anda dibandingkan dengan anak-anak sepantarannya.


8. Biasakan Pola Tidur Tepat Waktu


Dalam mengasuh anak yang baik dan benar adalah memanajemen perkara waktu baik itu waktu makan, waktu bermain dan waktu untuk beristirahat (tidur). Dengan adanya manajemen waktu yang baik maka Tubuh anak akan lebih nyaman dan tidak gampang sakit. Dengan begitu juga pertumbuhan anak akan jauh lebih baik.

9. Jangan Menakut-nakuti Anak


Apabila Anda tidak ingin punya anak yang penakut dan bermental culun sebaiknya sejak kecil jangan di biasakan menakut-nakuti. Kalau perlu Anda selaku orang tuanya menanamkan rasa percaya diri, berani disaat anak tersebut ingin melakukan sesuatu. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada psikologis anak, ketika anak sudah dewasa dia akan lebih mudah untuk mengambil keputusan.


10. Ajarkan Sifat Jujur


Yang tak kalah penting dalam dunia pendidikan karakter adalah menanamkan rasa jujur. Jujur adalah perbuatan yang mulia, jujur artinya juga tidak berbohong. Maka dari itu dengan menanamkan sikap jujur anak kalian nantinya akan menjadi orang yang berguna, mulia dan tidak merugikan orang lain.


11. Ajak Bermain


Dunia anak adalah dunia bermain, maka dalam hal ini bermain juga bagian dari dunia pendidikan pada anak. Jadi belajar sambil bermain itu adalah cara yang tepat untuk diterapkan pada anak-anak apalagi yang masih berusia 2 tahun.


12. Contohkan Hal Baik Pada Anak Dalam Kegiatan Sehari-hari


Seperti apa yang sudah saya utarakan diatas, bahwa dengan memberikan contoh atau tauladan yang baik maka ini akan membentuk karakter anak itu sendiri. Jadi agar nanti saat anak Anda tumbuh remaja hingga dewasa dia akan mengikuti kebiasaan dari perilaku orang tuanya, walaupun anak terkadang suka terjerumus dengan pergaulan dilingkungannya. Setidaknya dengan memberikan bekal sejak kecil bisa membekali anak nanti saat sudah dewasa bisa memilih mana yang baik dan buruk bagi kehidupannya.


13. Ajarkan Hukuman


Ajarkan juga taat pada hukuman. Jika anak berbuat salah atau melanggar aturan yang sudah ayah dan bunda tetapkan maka silahkan berikan hukuman. Tetapi dalam hal ini sebaiknya berikan hukuman yang mendidik, seperti mengepel lantai, cuci piring, memasak, mencuci sepeda motor dan hal lainnya.


14. Hentikan Tangisan Dengan Cara Sederhana Pada Anak


Apabila anak menangis sebaiknya jangan di marahi atau di bentak usahakan hentikan tangisan pada anak dengan cara yang baik seperti memberikan alasan : kok kamu udah besar nangis gak malu sama kucing tuh ? atau kamu kenapa nangis, katanya kamu kuat seperti superman. 


15.  Jangan Kekang Anak Selama itu Aman dan Baik bagi Anak


Apabila anak ingin bermain baik bermain di lingkungan rumah beserta teman-temannya ataupun bermain di dalam rumah maka biarkan saja, asalkan apa yang dilakukannya itu aman bagi dirinya dan tidak merugikan orang lain. Dengan begitu ayah dan bunda sudah memberikan kelonggaran untuk anak dan membuat anak hidupnya jadi bahagia tidak terkekang.


16. Jangan Membentak pada Anak


Apabila anak berbuat salah maka selaku orang tuanya jangan coba sesekali membentak anak, karena ini bisa membuat otak anak menjadi tidak bisa berjalan dengan baik dan bisa mengganggu mental mereka. Apalagi kalau dibiasakan membentak anak sungguh ini adalah hal buruk yang harus di tinggalkan. Biasakan menasehati anak kalau anak ada berbuat salah, berikan pemahaman yang baik pada anak dan berikan alasan kenapa anak tidak boleh melakukan yang Anda larang.


17. Luangkan Waktu Lebih Pada Anak


Selaku orang tua memberikan nafkah lahir dan batin pada anak itu adalah kewajiban. Terkadang orang tua sibuk bekerja sementara anak di titipkan oleh nenek atau pembantu. Sampai-sampai lupa menjenguk anaknya sendiri sehingga anak tidak mengenal orang tua kandungnya sendiri. Jadi, dalam membentuk karakter anak agar nantinya ia bisa tumbuh kembang dengan baik dan bisa mendapatkan kasih sayang dari orang tua kandungnya maka luangkan waktu sesekali satu jam atau dua jam jadi dengan demikian anak akan menjadi senang dan mendapatkan rasa kasih sayang dari orang tuanya.


18. Ajak Anak Bersosial di Lingkungannya


Agar anak cinta dengan lingkungannya dan mengenal apa saja yang ada di lingkungannya ajak anak Anda untuk bermain di halaman rumah atau kalau pergu ajak jalan-jalan keliling RT atau Desa. Dengan demikian anak akan bisa belajar beradabtasi dan bersosial dengan orang di sekelilingnya.


19. Kenalkan Anak Pada Macam-macam Benda


Untuk mengasah kemampuan dan motorik anak sebaknya ketika anak sudah menginjak usia 2 tahun ajarkan ia berbicara dan mengenal macam-macam benda ataupun hewan dan warna. Dengan demikian anak akan mendapatkan kosakata baru dan bisa menambah wawasannya.


20. Ajarkan Agama pada Anak


Yang paling utama dari hal diatas adalah ajarkan agama pada anak Anda, agar anak Anda sejak kecil sudah mengenal tuhannya dan agamanya. Dengan begitu anak Anda akan bisa membekali diri dari hal yang negatif dan juga bisa menjadi orang yang sholeh dan sholehah berbakti pada kedua orang tuanya, agama, bangsa dan negara ini. Jadi anak akan mendapatkan arti hidup dan bisa menemukan jalan yang lurus sesuai dengan kodrat hidup di dunia. Karena hidup didunia ini hanya bersifat sementara (fana).

Nah, itulah tadi uraian dari cara mendidik anak yang baru berusia 2 tahun dengan baik dan benar. Semoga uraian di kesempatan kali ini dapat menambah wawasan kita semua terkhusus orang tua yang memiliki anak kecil baik itu usianya baru satu tahun maupun yang sudah dua tahun.

Mungkin hanya ini yang dapat kami sajikan, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page