Ingin bekerja sebagai Akuntan? Yuk pahami Skill ini!

1 min read

Seorang Akuntan merupakan keahlian dimana kamu akan selalu bergantung kepada keuangan, seperti mengatur dan mengelola keuangan tersebut. Sebagai seorang akuntan merupakan peran yang sangat penting dalam kegiatan perusahaan, profesi tersebut sangat kompleks berhubungan dengan sebuah bisnis, membuktikan keakuratan dan memastikan keabsahan semua transaksi. Untuk menjalani karir sebagai seorang akuntan kamu dapat memahami skill yang harus dimiliki oleh seorang akuntan.

  • Kemampuan untuk menghitung

Hal pertama yang harus dimiliki seorang akuntan adalah mampu untuk memiliki keahlian berhitung, karena hal tersebut angat penting dan selalu berkaitan dengan angka.

  • Kemampuan fokus dalam mengerjakan sesuatu

Sebagai seorang akuntan, pastinya kamu akan selalu fokus dalam melakukan sesuatu, jika kamu sulit untuk fokus dan konsentrasi maka bisa saja kamu akan beresiko kesalahan dalam menghitung dan berakibat dengan perusahaan.

  • Analisis Data

Tugas dari seorang akuntan adaah untuk memaparkan laporan keuangan perusahaan dalam bentuk data, jika kamu ingin menjadi seorang akuntan dipastikan kamu harus mampu terlebih dahulu dalam analisis data.

  • Komunikasi

Dalam hal komunikasi ini harus memiliki peran penting dalam seorang akuntan. Jika seorang akuntan memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka citra perusahaan juga akan  baik.

  • Mampu memahami Ilmu Komputer

Dalam bidang pekerjaan apapun hampir semua pekerjaan harus memiliki kemampuan ilmu komputer, tidak lain halnya dengan seorang akuntan. Seorang akuntan harus bisa menguaai kemampuan ilmu komputer. Terutama dalam bidang mengoperasikan berbagai software yang digunakan untuk mengelola data.

  • Teliti

Dalam pekerjaan seorang akuntan adalah pekerjaan yang benar-benar harus dikerjakan dengan teliti. Sebagai seorang akuntan, kamu harus memiliki sikap teliti terhadap pekerjaan seorang akuntan.

  • Kemampuan berpikir sistematis

Sebagai seorang akuntan kamu harus bisa berpikir secara sistematis dan sesuai dengan prosedur perusahaan agar tidak terjadi keliru dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Itulah beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang akuntan untuk kamu yang ingin menjalani karir sebagai seorang akuntan.


Ditulis oleh Inayah Auliannisa Jamaluddin

Mahasiswi Prodi Akuntansi Syariah, STEI SEBI.


Referensi:

http://leukeun.com/blog/artikel-1/post/5-skill-yang-harus-dimiliki-akuntan-pada-saat-kerja-dirumah-91

https://ppmschool.ac.id/dibutuhkan-perusahaan-kenali-dulu-keahlian-profesi akuntan/.

https://www.siker.id/detail/news/2421/artikel/5-skill-penting-untuk-karir-di-bidang-keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.