Mengenal Konsep Marketing Mix 4P

2 min read

Dibuat oleh Aisyah Yunita | STEI SEBI

Apakah kalian pernah mendengar istilah Marketing Mix?

Nah perlu kalian ketahui bahwa Marketing Mix merupakan salah satu kunci sukses bagi kemajuan perusahaan. Bagi kalian yang akan bekerja dalam sektor pemasaran hendaknya juga memahami tentang Marketing Mix.

Lalu apa itu Marketing Mix?

Menurut Kotler dan Amstrong, Marketing Mix adalah perangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respon yang diinginkan di dalam pasar sasaran. Atau secara sederhana dapat dikatakan sebagai kumpulan dari beberapa variabel yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk dapat menghasilkan respon pasar yang sesuai dengan tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Artinya ketika variabel-variabel ini diterapkan harapannya pasar akan merespon yang sesuai dengan tujuan pemasaran yaitu terjualnya produk yang dipasarkan di dalam pasar sasaran.

Apa saja variabel atau komponen unsur dari Marketing Mix?

Komponen atau unsur dari marketing mix yang paling umum atau populer digunakan adalah istilah 4P yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Yuk kita bahas satu per satu.

1. Produk

Perlu kalian ketahui bahwa definisi produk adalah segala hal yang ditawarkan di dalam pasar untuk dimiliki dipakai dan dikonsumsi sehingga terciptalah kepuasan dan terpenuhinya kebutuhan masyarakat. Wujud produk ini diantaranya objek fisik, jasa, orang, tempat, organisasi, dan gagasan. Jadi intinya produk itu ada yang berwujud dan tidak berwujud yang umumnya disebut dengan istilah jasa.

Berdasarkan definisi itu produk memiliki karakteristik, yaitu:

Pertama, produk memiliki manfaat yang dicari oleh pembeli atau konsumen. Kedua, produk berupa obyek fisik yang ditawarkan bentuknya memiliki desain, atribut, kemasan maupun branding. Ketiga, suatu produk akan disempurnakan dari waktu ke waktu

2. Price

Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan price? Ya, harga. Harga adalah suatu takaran perbandingan antara pengorbanan dan manfaat bagi suatu perusahaan. Supaya bisa tercipta keunggulan dalam harga sangat memerlukan keunggulan operasional yang dipandu dengan kualitas harga dan kemudahan dalam membeli.

Penetapan harga jual merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan karena semua keputusan yang ada kaitannya dengan harga biasanya sangat mempengaruhi segala aspek kegiatan perusahaan.

Ada tiga pendekatan dalam menetapkan harga, yaitu:

Pertama, Cost Based Pricing atau menetapkan harga berdasarkan biaya. Kedua, Value Based Pricing atau menetapkan harga berdasarkan nilai. Jadi, cara menetapkan harga ini memakai satu persepsi nilai dari seorang konsumen dan bukan dari biaya penjualannya. Ketiga, Competition Based Pricing yaitu cara menetapkan harga berdasarkan persaingan. Penetapan harga jenis ini didasarkan pada harga pesaing dalam bisnis pemasaran produknya

3. Promotion

Promotion atau promosi merupakan kegiatan memperkenalkan produk suatu perusahaan kepada masyarakat luas melalui media seperti surat kabar, media massa, media elektronik, televisi, radio, internet , dan sebagainya.

Kegiatan promosi ini dibagi menjadi beberapa komponen, yaitu:

Pertama, Advertising atau periklanan. Kedua, personal selling atau penjualan pribadi. Ketiga, sales promotion atau promosi penjualan. Keempat, public relation atau publisitas.

4. Place

Place atau tempat merupakan lokasi dimana kita akan melakukan proses jual beli. Kita harus memperhatikan apakah lokasi tersebut cukup strategis dan mudah dikunjungi oleh konsumen atau sulit dijangkau konsumen.

Keempat komponen Marketing Mix ini yang dikenal dengan istilah 4P sangatlah penting bagi jalannya pemasaran produk. Banyak perusahaan yang melaksanakan strategi bauran pemasaran atau Marketing Mix dan mereka mampu mendapatkan keuntungan lebih besar dan mendapat respon pasar yang sesuai dengan target. Sebaliknya, perusahaan yang tidak begitu memperhatikan atau tidak melaksanakan strategi ini tentu akan sulit mencapai target penjualan. Ini dikarenakan produknya kurang memenuhi standar, harganya yang terlalu mahal, promosi yang kurang tepat, dan tempatnya pun kurang strategis untuk dijangkau oleh konsumen.

Nah itulah betapa pentingnya di dalam bisnis, kita memperhatikan strategi marketing seperti Marketing Mix 4P ini agar penjualan dapat mencapai target yang kita harapkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.