Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Bisnis

1 min read

2023 digadang-gadang menjadi tahun resesi bagi Indonesia, lantas bagaimana kita harus menanggapinya dan apa solusi nya?

Bisnis adalah kegiatan yang sudah tak asing lagi bahkan sudah dilakukan ribuan tahun dahulu sebagai cara manusia bertahan hidup. Bisnis sendiri adalah usaha yang dirintis baik personal atau team yang dikelola dan manage oleh kita sendiri,dengan berbisnis kita membuka peluang kerja bagi masyarakat yang sangat membutuhkan pekerjaan ataupun yang terdampak resesi sehingga harus keluar dari pekerjaan lamanya.

Menjadi seorang pembisnis yang handal tentu ada cara yang harus kita pelajari dan ada point-point yang harus kita pahami dan kita capai, terlebih kita harus menegtahui apa pengertian, fungsi dan tujuan bisnis itu sendiri.

Pengertian  Bisnis

Pengertian Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu maupun organisasi yang melibatkan proses pembuatan, pembelian, penjualan, atau pertukaran barang maupun jasa dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan. Istilah bisnis berasal dari bahasa Inggris, yaitu “business” yang artinya “kesibukan”. Kesibukan ini bertujuan untuk melakukan aktivitas dalam rangka mendapatkan laba. Berdasarkan ruang lingkupnya, penggunaan istilah bisnis dibedakan menjadi tiga pengertian berikut ini.

1. Badan usaha, yaitu kesatuan yuridis, teknis, dan ekonomis untuk mencari profit.

2. Sektor pasar tertentu, seperti pasar modal.

3. Semua aktivitas pada komunitas produsen barang atau jasa.

Fungsi Bisnis

Dalam buku The World of Business, menyatakan bahwa sebuah bisnis memiliki tiga fungsi utama, yaitu

1. Mencari bahan baku (acquiring raw material);

2. Mendistribusikan produk kepada konsumen (distributing product to consumer);

3. Mengolah bahan baku menjadi produk jadi (manufacturing raw materials into product).

Proses utama dalam sebuah bisnis pada intinya adalah mengubah sesuatu yang semula bernilai kecil menjadi bentuk lain yang memiliki nilai lebih tinggi dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Secara lebih rinci, fungsi bisnis meliputi empat hal berikut ini.

1. Fungsi Produksi, yaitu fungsi bisnis dalam menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan  masyarakat.

2. Fungsi Distribusi, yaitu fungsi bisnis untuk mendistribusikan barang atau jasa ke lokasi terdekat yang dapat dijangkau atau diidentifikasi konsumennya.

3. Fungsi Penjualan, yaitu fungsi bisnis ketika perusahaan melakukan penjualan barang atau jasa yang dihasilkannya kepada para pengguna atau konsumen yang membutuhkan.

4. Fungsi Pemasaran, yaitu fungsi bisnis yang berkaitan dengan penyimpanan dan pemasaran sehingga barang yang pada suatu waktu kurang bermanfaat akan dipasarkan di waktu yang lain ketika barang tersebut berguna bagi konsumen.

Tujuan Bisnis

Apa pun jenisnya, sebuah bisnis memiliki tujuan utama yang sama, yaitu mendapatkan keuntungan atau profit dari barang atau jasa yang berhasil dijualnya kepada konsumen. Selain tujuan utama tersebut, ada beberapa tujuan lain dari sebuah aktivitas bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

2. Meningkatkan kesejahteraan pemilik bisnis dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

3. Menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat umum.

4. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara umum.

5. Menunjukkan prestise dan kinerja.

6. Menunjukkan eksistensi sebuah perusahaan dalam jangka panjang.


Penulis : Shorahah Azizah

Mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.