REVIEW “BE THE INNOVATIVE ENTREPRENEUR” PT. PARAGON TECHNOLOGY AND INNOVATION) 

2 min read

Sering mendengar merek kosmetik Wardah? Merek kosmetik ternama buatan Indonesia ini ternyata merupakan salah satu merek kosmetik buatan PT Paragon Technology and Innovation dan masih banyak lagi merek-merek ternama yang dihasilkan oleh perusahaan satu ini.

  1. Sejarah Berdirinya

Berikut sejarah perusahaan PT Paragon Technology and Innovation dari awal berdiri hingga bisa sukses seperti sekarang.  Sejarah Berdirinya dan Perkembangan Wardah. PT. Paragon Technology and Innovation atau yang dikenal dengan PT PTI didirikan pada tanggal 28 Febuari 1985 dengan nama awal PT. Pusaka Tradisi Ibu. PT PTI yang baru berganti nama pada tahun 2011 sendiri merupakan salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang kosmetik. PT Pusaka Tradisi Ibu awalnya hanya memproduksi perawatan rambut dengan nama Putri yang dikhususkan untuk salon-salon. Perkembangan produknya mengalami peningkatan yang cukup pesat hingga akhirnya pada tahun 1990 PT Pusaka Tradisi Ibu mendirikan prabik produksi di Kawasan Industri Cibodas Tangerang untuk menambah kapasitas produksi.

Awal tahun 1995, PT Pusaka Tradisi Ibu mulai memproduksi brand Wardah. Namun, belum bisa berjalan secara baik karena manajemen yang kurang baik. Kemudian PT Pusaka Tradisi Ibu mencoba kembali mengembangkan Wardah pada tahun 1996 dan mulai memasuki pasar tata rias (decorative). Masuk pada masa krisis ekonomi 1998, PTI mengambil reaksi cepat dalam menyikapi krisis tersebut. Pada tahun 1999-2003, penjualan merk Wardah mengalami peningkatan yang pesat dan pada tahun 1999 PTI juga meraih sertifikat Halal dari LPPOM MUI dengan produk Wardah sebagai pelopor brand Halal di Indonesia. Pada tahun 2002-2003, PTI mulai memodernisasi perusahaan yang memerlukan perubahan dari segi internal. Kemudian pada tahun 2005, PTI sudah menerapkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Cara Pembuatan Kosmetika yang Baik (CPKB).Sampai saat ini, PTI sudah memiliki 26 Distribution Centre (DC) hampir diseluruh wilayah Indonesia dan juga memiliki DC di Malaysia. Dengan prinsip “One Day Service”, kini PTI telah mengembangkan lebih dari 4.000 outlet dan memiliki personel lebih dari 7.500 orang yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, PTI juga telah mendapatkan Good Manufacturing Practice (GMP) dan Halal Assurance System (HAS) dengan kapasitas produksi mencapai 80 jta pcs/tahun.

Memiliki pengalaman berkembang lebih dari 32 tahun, PTI juga meluncurkan beberapa brand unggulan seperti Wardah, Make Over, Putri, IX, dan Emina yang telah diperhitungkan dalam taraf nasional maupun internasional. Sebagai salah satu perusahaan manufaktur kosmetik nasional terbesar di Indonesia, PT PTI juga telah memproduksi lebih dari 95 juta produk personal care dan make up setiap tahunnya. Dan memasuki tahun 2016, PT PTI mendirikan perusahaan logistik bernama PT Parama Global Inspira yang berfokus dalam menangani pendistribusian produk ke para konsumen.

2. Keunikan Produk

Contoh nya seperti produk wardah, Seperti yang diketahui produk wardah menggunakan produk dari bahan-bahan yang berkualitas dengan formulasi sesuai dengan International Dermatologist Standard, alami serta aman. Wardah juga melakukan beberapa uji test sebelum meluncurkan produknya agar menghasilkan produk yang terjamin kualitasnya serta aman untuk digunakan. Rahasia kesuksesan/keunikan produk kecantikan wardah yaitu melalui wardah store. Disini pelanggan tidak hanya membeli produk-produk yang ditawarkan oleh wardah, namun pelanggan juga bisa mendapatkan pelayanan pijat tubuh atau facial pada wajah serta pengetahuan akan kecantikan yang harus dilakukan dan tidak dilakukan untuk wajah karena wardah hanya menggunakan tenaga kerja yang ahli dalam bidang kecantikan.

3. Kelebihan & Kekurangan

Strength atau kekuatan yang dimiliki PTI sebagai keunggulan bersaingnya adalah label “halal” dan harga yang terjangkau dengan kualitas yang premium Rating Bobot skor Label halal membuat pangsa pasar PT PTI luas Mudah ditemukan karena mempunyai sejumlah outlet dekat dengan pasar.Harga yang terjangkau namun tetap memiliki kualitas yang premium. Memiliki peminat yang banyak mulai dari wanita muda dan wanita yang sudah berumur.

Banyak masyarakat yang loyal terhadapproduk PT PTI. Weakness atau kelemahan dari produk Wardah terletak pada segmennya, sejauh ini Wardah hanya berorientasi pada segmen wanita,sehingga sulit untuk mengembangkan lini produk pada segmen pria.

4. Kesimpulan

Seperti yang diketahui bahwa banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan-bahan haram dan tidak dianjurkan dengan memasukkan lemak hewan babi, kolagen, elastin, ekstra plasenta, zat penstabil vitamin, asam alfa hidroksil, hormon atau merkuri untuk keuntungan semata. Oleh karena itu ketika berbisnisjangan hanya melihat keuntungan semata namun kita juga harus dapat memberikan value kepada konsumen seperti yg dilakukan PTI dapat menjadi perusahaan yang bermanfaat bagi orang lain. Dengan filosofi ini, produk PTI tidak hanya akan menjadi sebuah brand skin care dan kosmetik terkemuka di Indonesia. Lebih dari itu, Paragon Technology & Innovation memiliki komitmen untuk memaknai kehadirannya di tengah masyarakat melalui kepedulian, semangat untuk berbagi, dan berbagai kontribusinya dengan melakukan upaya-upaya mewujudkan kesejahteraan sosial. 


Penulis : Fauzi Nur Iqbal

Prodi : Manajemen bisnis Syariah STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.