Ruangguru Bisa Menjadikan Siswa Lebih Baik dalam Pendidikan Karakter

2 min read

Ruangguru

Ruangguru Bisa Menjadikan Siswa Lebih Baik dalam Pendidikan Karakter – Sebagai pengganti orang tua di sekolah, guru tentunya memiliki peran penting dalam memberikan pengetahuan. Apalagi guru dapat dinilai sebagai orang yang telah mengenyam pendidikan dan diharapkan mampu mencerdaskan anak bangsa yang sebesar-besarnya.

Ruangguru Menjadikan Siswa Lebih Berkarakter

Dalam dunia Pendidikan Karakter merupakan hal yang harus diperhatikan oleh kita semua. Karakter merupakan bentuk pribadi yang baik, bijaksana, bertanggung jawab, jujur, dan dapat saling menghargai. Oleh karena itu, guru memiliki peran yang sangat besar bagi pembentukan karakter siswa.

Untuk menunjang semuanya, guru harus mampu memberikan karakter yang dimilikinya. Hal inilah yang dapat dilakukan guru dalam membangun karakter siswa.Untuk mengetahui lebih jauh tentang pendidikan karakter, ada baiknya mengetahui pengertian pendidikan dan karakter terlebih dahulu.

Singkatnya, pendidikan adalah proses mempelajari pengetahuan, kebiasaan, dan keterampilan dari manusia yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui proses sosialisasi. Karakter adalah sifat atau tabiat, watak atau kepribadian seseorang yang dipelajari dan diwariskan selama hidupnya.

Adanya karakter berarti terdapat basis soft skill yang sangat mendukung tingkat keberhasilan seseorang dalam kehidupannya di masa depan. Inilah kemampuan yang harus dimiliki setiap manusia yang harus dibangun secara terus menerus.

Jadikan Diri Anda Sebagai Contoh

Guru biasanya dipandang oleh siswa sebagai orang tua yang jauh lebih dewasa. Artinya siswa dapat menilai guru sebagai teladan dalam bersikap dan bertindak. Baik dalam perilaku baik maupun buruk ini dapat mempengaruhi cara siswa berperilaku dengan semua orang.

Sikap ini harus dimiliki oleh guru baik dalam menjaga sikap maupun memberi contoh yang baik. Misalnya, bisa mengingat diri sendiri, guru bisa lebih berhati-hati dalam bertindak. Sehingga nantinya bisa lebih bijak untuk segala tindakan yang bisa dilakukan. Jika dalam contoh siswa dapat mengikuti sisi positif dari guru.

ruang guru

Menjadi Guru Yang Tidak Hanya Memberikan Nilai Akademik Tetapi Menghargai Usaha Siswa

Sebagai pendidik, kita perlu lebih fokus menilai semua siswa dari perspektif akademis yang lebih penting. Namun perlu diingat untuk dapat menghargai kebaikan yang dapat dilakukan oleh siswa. Cara menghargai setiap usaha siswa adalah dengan tidak selalu membandingkan nilai yang mereka peroleh.

Misalnya dengan memberikan pujian kepada siswa yang tidak pernah bolos sekolah, rajin mengerjakan PR, atau berprestasi di sekolah. Hal ini dapat menjadi kebiasaan bagi siswa untuk memperoleh harga diri atas segala upaya yang telah dilakukan. Sehingga mereka dapat membangun karakter dalam meningkatkan diri dan mau belajar lebih baik lagi.

Sebagai orang tua yang merasa bahwa Ruangguru dan Ruangsiswa mampu mendobrak jarak, ruang, dan waktu untuk memudahkan anak-anak selama PJJ (Pendidikan Jarak Jauh) untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam dalam memahami berbagai mata pelajaran.

Jangan Hanya Mengajarkan, Tapi Harus Mengajarkan Nilai-Nilai Moral

Jika hanya materi pelajaran yang diberikan, yang harus Anda lakukan hanyalah menulis buku siswa. Namun nilai moral juga sangat penting. Untuk itu, pelajaran yang akan diajarkan dapat menanamkan nilai-nilai moral yang menjadi pelajaran hidup.

Misalnya, ketika guru mengajar Matematika, mereka tidak hanya membekali siswa dengan metode dan rumus kerja. Namun, untuk mengajarkan nilai kehidupan, misalnya mengerjakan soal matematika.

Anda bisa belajar mencoba dan bersabar agar bisa memberikan solusi masalah dalam berpikir logis. Dengan cara ini, nantinya siswa dapat menghadapi suatu masalah di masa depan dan dapat berpikir optimis untuk semua masalah yang akan ada solusinya.

Ini adalah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan semua guru untuk membangun karakter pada siswanya. Dengan cara ini, siswa tidak hanya dapat mendidik kemampuan akademiknya tetapi juga kepribadiannya yang baik. Untuk itu, Anda dapat membangun karakter positif bagi siswa Anda.

Ruangguru Digital bisa dijadikan rekomendasi untuk para pelajar, karena para pelajar ini bisa belajar dengan layanan belajar online terbaik di Indonesia bahkan Ruang Guru juga menyediakan Les bahasa inggris terbaik dan termurah di English Academy. Demikianlah ulasan tentang ruangguru bisa menjadikan siswa lebih baik dalam pendidikan karakter semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!