Senjata Tradisional Suku Bugis

2 min read

Senjata Tradisional Suku Bugis

Senjata Tradisional Suku Bugis – Senjata ialah alat yang umum dipunyai oleh tiap orang. Seperti yang berada di wilayah lain, senjata yang dipunyai oleh warga Sulawesi Selatan juga banyak memiliki manfaat. Selainnya untuk mendukung kegiatan setiap hari, senjata tradisionil yang berada di sana juga kerap jadi juga untuk alat membuat perlindungan diri dari semua gempuran beresiko.

Senjata Tradisional Suku Bugis

Selain unik, beberapa senjata bahkan juga dipandang keramat oleh warga karena dipercayai mempunyai elemen magic yang kuat. Nach, tipe senjata apa yang dipunyai oleh salah satunya propinsi yang beribukota di Makassar ini? Yok, baca pembahasan yang sudah Nglayap persiapkan buat kamu berikut!

1. Badik Raja

Badik Raja sebagai senjata tradisional dari Sulawesi Selatan yang umum dipakai oleh raja dan kelompok bangsawan. Warga Sulawesi sendiri menyebutkan senjata ini dengan beberapa nama seperti Kawali Raja, Gecong Raja, atau Bontoala. Kehadiran tipe senjata ini lebih banyak diketemukan di teritori Bone Selatan.

Badik Raja sendiri menjadi satu diantara senjata yang lumayan banyak dicari oleh kolektor benda unik, ingat jaman dulu senjata ini biasa dipakai oleh bangsawan kerajaan. Nach, selainnya untuk alat pelindung diri, senjata ini biasa dipakai oleh kerajaan sebagai lambang kemampuan dan kekuasaan.

2. Bessing atau Tombak

Sama seperti badik Raja, Bessing menjadi satu diantara senjata tradisional Sulawesi Selatan yang banyak memiliki kekhasan. Pada intinya, senjata ini dapat dipakai oleh tiap orang. Di Sulawesi sendiri senjata ini dapat diperbedakan berdasar wujud dan hiasan karisma di bagian gagangnya.

Umumnya, Bessing yang mempunyai gagang berhiaskan emas ditujukan untuk golongan bangsawan kerajaan. Sementara senjata yang dilapis oleh perak biasa dipakai oleh todeceng, yakni golongan atau kelompok orang yang dari keluarga bangsawan yang derajat kebangsaannya makin turun.

Nach, untuk rakyat jelata umumnya gagangnya tidak dibalut dengan hiasan apa saja. Bessing sendiri dipercayai oleh beberapa warga Sulawesi Selatan sebagai salah satunya benda pusaka yang mempunyai elemen mistik yang kuat.

3. Badik Makassar

Senjata tradisional seterusnya yang berada di Sulawesi Selatan ialah Badik Makassar. Senjata ini dijumpai mempunyai bilah senjata berupa gepeng dengan sisi tubuh yang besar dan benar-benar tajam. Ujung dari senjata ini dikenali benar-benar lancip dan cukup mematikan.

Masyarakat Sulawesi sendiri yakin jika tiap badik berkekuatan yang bisa mempengaruhi keadaan, keadaan, dan proses kehidupan si pemilik. Warga Sulawesi sendiri dijumpai mempunyai 13 tipe badik, yang diperbedakan berdasar wilayah asal pembikinnya.

4. Keris Tappi

Nach, senjata asal Sulawesi yang sangat menarik ialah keris Tappi Tatarrapeng atau warga Sulawesi sendiri mengatakan dengan keris Le Makkawa. Senjata tradisional ini dipakai oleh raja ke-15 dari Kerajaan Bone, yakni Arung Palakka. Senjata ini mempunyai keunikan pada permukaan atasnya yang dilapis oleh emas, dimulai dari hilir sampai sarung pembungkus.

Warga Sulawesi mengenali alat musik tradisional ini sebagai salah satunya senjata pusaka yang benar-benar tajam dan dikenal juga benar-benar beracun. Kabarnya, lawan yang tergesek oleh senjata ini akan mati dalam waktu cepat. Senjata ini biasa dipakai oleh Arung Palakka dalam tiap pertarungan menantang pasukan penjajah.

5. Badik Luwu

Badik Luwu ialah tipe senjata yang dari kerajaan Luwu, yakni kerajaan paling tua yang berada di Sulawesi Selatan. Wilayah kekuasaannya sendiri mencakup tiga wilayah yang sekarang dikenali jadi dengan kabupaten Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo. Badik Luwu sendiri sebagai tipe senjata warisan dari kerajaan itu.

Badik Luwu dikenali mempunyai bilah sisi bawah yang lempeng dari gagang sampai meruncing di ujung. Sama dengan tipe lain, warga sendiri banyak yakini jika senjata ini berkekuatan mistik yang bisa memengaruhi kehidupan pemiliknya. Ini juga yang membuat beberapa warga mengincar tipe badik ini untuk dijadikan jimat atau salah satunya koleksi benda antik.

6. Badik Lagecong

Badik Lagecong adalah senjata yang paling disakralkan oleh warga Sulawesi. Nyaris tiap ritus tradisi yang sudah dilakukan oleh warga Sulawesi, terutamanya Bone mengikutkan senjata ini dalam tiap serangkaian upacara yang dikerjakan. Badik Lagecong sendiri juga dikenal oleh warga Bugis Bone bernama badik Kawali.

Senjata ini kabarnya datang dari daerah selatan Kabupaten Bone. Nach, salah satunya yang unik dari senjata tradisional yang ini ialah narasi mengenai pembikinnya. Kabarnya, badik ini dibikin langsung oleh makhluk lembut pada malam hari. Warga Bugis sendiri yakin jika senjata itu berkekuatan yang besar sekali.

7. Badik Lompo Battang

Berikutnya ada badik Lompo Tangkai. Senjata ini sebagai senjata yang umum dipakai oleh beberapa pejuang kerajaan Goa dan Talo. Hingga saat ini senjata yang sering dipakai untuk berperang ini tetap dilestarikan oleh beberapa orang Sulawesi Selatan seperti Bugis dan Makassar. Lompo Battang mempunyai karakter serupa pisau dengan bilah tajam pada sisi bagian memiliki ukuran 30 cm.

Masyarakat sendiri sering menyebutkan senjata ini dengan perut gemuk karena wujud bilah badik yang jadi membesar di bagian matanya. Gagang senjata seperti pistol karena dari hilt langsung meliuk. Ini yang membuat senjata ini kelihatan benar-benar unik. Nach, kabarnya salah satunya senjata dari tipe ini dijumpai sudah berumur nyaris 800 tahun.

Demikianlah 7 Senjata tradisional Sulawesi Selatan warisan masa lampau yang sukses meringkas buat kamu. Selainnya dipakai untuk alat bertahan hidup, beberapa senjata bisa juga memberikan status sosial warga yang di Sulawesi Selatan. Mudah-mudahan info di atas dapat menambahkan pengetahuan kita berkenaan bermacam senjata ciri khas dari tanah air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!