Tari Maryam Tikar dari Kalimantan Selatan

37 sec read

Tari Maryam Tikar

Tari Maryam Tikar  – Halo sobatnesia, pada kesempatan ini kami akan menyajijan artikel tentang seni tari yang berasal dari Kalimantan Selatan yaitu Tari Maryam Tikar. Tari ini adalah salah satu jenis Tari Adat Tradisional di Kalimantan Selatan, tepatnya yakni di Kabupaten Tapin. Tari Maryam Tikar ini diciptakan oleh seorang seniman yang bernama Muhammad Yusuf yang merupakan ketua dari Sanggar Tari Buana Buluh Merindu. Di dalam tarian ini menjelaskan tentang sekelompok remaja yang berasal dari desa yang bernama Margasari.

Tari Maryam Tikar

Jadi, kata tikar pada tarian ini dikarenakan ada kegiatan para remaja dari daerah Margasari ini kerap melakukan suatu aktivitas yaitu menganyam tikar. Tari Maryam Tikar ini biasa dipertunjukkan kurang lebih oleh 10 orang penari yang mana seluruhnya adalah wanita. Tari Maryam Tikar ini dilakukan selama 6 menit dengan mengenakan busana tradisional khas Kalimantan Selatan.

Penutup

Nah, itulah ulasan tentang Tari Maryam Tikar yang berasal dari Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga dengan adanya ulasan artikel ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi sobat semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini janganlupa baca juga artikel lainnya dibawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!