1 Galon Ada berapa Liter? Ini Penjelasannya!

5 min read

1 Galon Berapa Liter

1 Galon ada berapa Liter ? atau 1 GGalon sama dengan berapa Liter? Ini Penjelasannya – Halo sahabat Rumbelnesia, diantara kalian pasti ada yang pernah bertanya-tanya disaat kalian melihat galon air dalam kemasan yang ada di rumah atau Toko ? Nah, disini kami akan mencoba untuk menjawab dari pertanyaan yang ada dibenak kalian tersebut. Di sini yang kami bahas adalah galon yang wadah atau botol yang berukuran besar ya. Jadi ini bukan sebagai ukuran satuan volumenya.

1 Galon Ada berapa Liter

Lantas 1 galon itu ada berapa liter atau 1 liter sama dengan ada berapa galon, nah itu sebenarnya juga tergantung pada besar ukuran wadahnya juga ya. Kalau yang dimaksud wadah galon di sini seperti halnya gambar di atas, karena wadah galon yang beredar di masyarakat Indonesia itu ada 2 ukuran galonnya.

Jadi untuk wadah Galon besar itu memiliki kapasitas sebesar 18 liter dan 19 liter. Sedangkan untuk wadah galon yang kecil memiliki kapasitas sekitar 10 – 12 liter.

Hal ini adalah dari berbagai merk Air Minum Kemasan (AMDK) di Indonesia. Seperti Eternasl Plus (E+), Link-Q, Cleo Pure, Aqua, Le Minerale, Cleo, VIT, Amidis, Amoz, HDO, Himodo, Linmas, Pristine, Evian, Ake, Itsmine, Club, Alkaline Perfec, Grand, dan merk lainnya.

Yang kita kenal dulu adalah merek Aqua, ya jelas karena ini adalah merk dagang pelopor air dalam kemasan tertua. Apalagi untuk pemasaran air minum dalam kemasan (AMDK) populer nya juga Aqua. Tak heran jika demikian kepopulernya merek “aqua” ini sehingga semua air minum yang ada dalam kemasan secara umum lebih dikenal masyarakat dengan sebutan merek “Aqua”.

Menyusul merek dagang “Aqua” kini sudah ada banyak merek dagang untuk jenis air minum dalam kemasan yang juga tak kalah populer. Bahkan tidak hanya dari segi desain kemasannya yang mirip dengan merek Aqua tetapi juga ukuran varian kemasannya.

Dijaman ini merek Aqua maupun jenis air minum dalam kemasan merek lainnya juga sudah sangat familiar dijumpai di masyarakat baik itu di toko kelontong, rumah sendiri, kantor atau perusahaan, rumah makan, dan lain sebagainya. Jaman dulu Aqua dianggap sebagai barang konsumsi air kemasan yang sangat mewah yang mana hanya tersedia dan dijual di hotel dan restoran mewah. Namun untuk sekarang ini sudah berbeda, kini air putih kemasan sudah menjadi kebutuhan konsumsi masyarakat di kehidupan. Hal ini selain karena adanya peningkatan daya jual beli masyarakat dan juga karena air minum dalam kemasan ini juga dianggap memiliki beberapa kelebihan jika dibanding dengan air putih yang dimasak sendiri.

Manfaat Minum Air yang Cukup

Lantas ada berapa banyak Liter air yang kita perlukan setiap harinya? Menurut dokter bahwa orang dewasa disarankan sekali untuk banyak minum air putih minimal 8 gelas setiap harinya atau juga setara dengan 2 liter. Kita tahu bahwa air adalah komponen yang sangat penting di dalam tubuh manusia. Apalagi dehidrasi ringan juga dapat membuat seseoraang akan menjadi lesu dan sulit untuk berkonsentrasi karena adanya rasa haus. Pada dasarnya bahwa rasa haus ini merupakan salah satu indikasi bahwa tubuh kita ini sedang merasa kekurangan air. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk minum air yang cukup dan ini sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Berikut ada beberapa manfaat dari minum air di antaranya sebagai berikut:

  1. Membantu fungsi organ
  2. Dapat mempertahankan stamina dan konsentrasi
  3. Dapa Mengurangi resiko penyakit ginjal
  4. Melancarkan metabolisma
  5. Membantu pencernaan
  6. Melancarkan peredaran darah

Mengapa Orang Memilih Air Minum dalam Kemasan?

Pada dasarnya air yang baik untuk di minum itu tersedia dari sumber air yang ada di tanah. Jika memungkinkan bahwa setiap rumah ini memiliki sendiri sumur galian sebagai sumber air bersih yang airnya jernih dan baik dan dapat dikonsumsi tentu akan sangat baik digunakan untuk keperluan sanitasi. Kalau kita tidak punya sumur sendiri dan sumber air rumah tangga berasal dari air PAM, tentu hal ini mengharuskan kita untuk berlanggganan air PAM dan tentu ini dikenakan biaya bulanan.

Namun biasanya adakalanya untuk kualitas air tanah atau air PAM yang tersedia juga kurang memenuhi syarat kesehatan sebagai air konsumsi. Oleh karena itu dalam hal ini bisa disebabkan adanya bau, keruh, dan mengandung mineral tertentu dalam jumlah yang melebihi batas ambang, dan hal lain sebagainya.

Jadi untuk air mineral atau air minum yan ada dalam kemasan tentunya sudah melalui beberapa proses dan dipilih sebagai air konsumsi, karena kepraktisan dalam menyediakannya dan isnyaAllah aman. Bahkan air mineral yang ada juga tidak perlu dimasak.

Variasi Air Kemasan

Ada beberapa jenis kemasan aqua:

  1. Bentuk gelas plastik
  2. Bentuka botol Plastik
  3. Bentuk galon Plastik

1 Galon Aada Berapa Liter?

1 galon merek Aqua yang besar isinya sebanyak 19 liter air mineral. Hal ini sudah jelas, karena sudah tertera dalam label kemasan Aqua galon tersebut. Apalagi untuk satuan galon ini tidak mengacu kepada satuan galon standar yang ada di AS atau satuan galon standar imperial (Inggris), atau juga ukuran standar satuan galon di negara lannya. Dalam hal ini bahwa galon hanya akan merujuk pada wadahnya, bukan sebagai satuan volumenya.

Satuan Galon

Pada awalnya satuan galon adalah takaran wadah anggur dan bir di negara Inggris. Oleh karenanya konversi satuan galon juga berbeda-beda. Bahkan untuk satu galon AS kering sama dengan 4,40 liter, satu galon AS sama dengan 3,79 liter, unttuk satu galon imperial (yang digunakan di Inggris dan Kanada) yaitu sama dengan 4,546 liter, dan lain sebagainya. Bahkan untuk sekarang ini galon yang sering digunakan sebagai satuan berbagai ukuran dari wadah benda cair dalam wadah yang pada umumnya lebih dari 2 liter atau bahkan lebih dari 2 kg. Contoh satuan ini yang dipakai sebagai titik ukuran pada wadah antara lain yaitu pada produk air mineral, pewarna, bahan makanan, minyak, cat, biji-bijian, dan lain sebagainya.

1 Galon Aqua Berapa Liter?

Lantas, ada berapa liter dalam 1 galon aqua?
Jawab: 19 liter

Sengaja saya menggunakan merk ini karena sering digunakan oleh masyarakat kita. Meskipun yang dimaksud juga adalah merek yang lain. Coba Anda perhatikan di kertas yang sudah ditempel di galon atau botol besar tersebut. Biasanya sudah tertera keterangan jumlah air yang ada di dalam galon tersebut.

Kalau yang Anda maksud adalah galon berukuran besar, maka jawabannya adalah 19 liter. Sekali lagi, kita di sini berbicara galon sebagai tempat atau wadah ya bukan botol. Galon air minum adalah yang sering Anda beli di berbagai gerai atau toko terdekat yang ada di rumahmu.

Galon di Indonesia vs Galon sebagai Ukuran Volume

Sedikit kami berikan penjelasan, ditemui dalam beberapa artikel ada beberapa penulisnya yang menganggap ini salah kaprah. Terutama bagi mereka yang memahami bahasa Inggris. Termasuk juga mayoritas orang yang berpatokan pada “Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)”

Kalau Anda cek kembali di berbagai kamus terkenal, maka semuanya mendefinisikan sebagai satuan takaran cairan.

1 galon itu = 3,785 liter (Amerika Serikat)
1 galon itu = 4,546 liter (Inggris

Termasuk yang ada di KBBI juga menjelaskan arti yang sama yaitu:

Galon: galon/ga·lon/ n satuan takaran barang cair (bensin dan sebagainya) 3,785 liter (AS) atau 4,546 liter (Ing)

Kalau kami pribadi tidak terlalu mempermasalahkan dalam hal ini, untuk pengertian/makna asli atau asalnya. Toh banyak juga bentuk kata-kata serapan yang bisa kita gunakan yang juga tidak melenceng jauh artinya dari arti aslinya.

Sebagai contoh, sebut saja misalnya kata ‘takjil’ kalau dari bahasa Arab yang artinya adalah menyegerakan. Jadi itu bukan makanan dan minuman untuk berbuka puasa yang selama ini yang kita fahami. Lalu ada lagi contoh lain yaitu kata ‘acuh’ yang arti sebenarnya adalah peduli. Bukannya ‘tidak peduli’ jadi sepertinya kita salah memahami selama ini.

Jadi, bayangkan saja kalau kita mendengar ada yang bilang, “orang itu acuh sekali”. Padahal yang dimaksudnya adalah “orang itu peduli sekali”. Karena kita ini salah mengartikan, maka orang lain yang mendengarnya juga akan salah menafsirkan. Sedangkan untuk soal penggunaan kata galon yang sering beredar di masyarakat Indonesia, semua itu merujuk kepada wadah botol penyimpanan air mineral isi ulang.

Bahkan ketika kita merujuk pada artinya maka kita bilang penggunaan kata ‘galon’ itu adalah juga sebutan yang salah kaprah. Namun ada juga banyak orang yang mengatakan, untuk salah kaprah penyebutan ‘galon di Indonesia Negara bukanlah suatu kesalahan.

Karena kata ‘Galon” juga sudah disepakati oleh banyak lapisan Masyarakat di Indonesia untuk dapat digunakan dalam berkomunikasi. Saat kita itu menyebut galon maka yang di maksud adalah wadah air minum isi ulang yang berukuran besar.

Bahasa kan termasuk bagian dari budaya. Dan budaya itu sifatnya dinamis. Kalau Anda cek di berbagai media online, maka kata galon yang biasa kita gunakan itu sama artinya dengan “Gallon Water Bottle” jika dalam bahasa Inggrisnya.

Gallon di Wikipedia

Jadi unuk sekarang arti ‘Gallon” adalah kata yang kita serap dan berubah menjadi ‘Galon” dalam bahasa Indonesianya. Dikatakan, Galon adalah satuan dari ukuran volume dan kapasitas cairan. Biasa hal ini digunakan di AS dan Inggris.

Sebenarnya ada 3 (tiga) jenis ukuran berbeda yang sering digunakan:

  1. Imperial gallon (imp gal) = 4,54609 litres.
    Ukuran ini digunakan di Negara Inggris, Kanada, dan ada di beberapa negara kepulauan Karibia.
  2. US gallon (US gal) = 231 kubik inci (tepatnya 3,785411784 liter)
    Ukuran ini digunakan di AS dan di beberapa negara Amerika Latin dan juga Karibia.
  3. Galon kering AS (usdrygal) = 1/8 gantang AS (4,40488377086 liter)
    Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca penjelasannya di Wikipedia di kata kunci: Gallon

Jadi dalam hal ini kami tidak akan membahas lebih jauh tentang satuan konversi dari galon ke liter atau liter ke galon ya, sebagai metode satuan ukuran volume. Karena hal ini juga sangat jarang digunakan di Negara Indonesia.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai 1 galon ada berapa liter atau satu galon aqua ada berapa liter. Diambah ada sedikit pembahasan mengenai galon itu sendiri sebagai satuan ukuran volume dan juga galon sebagai wadah aau tempat botol air isi ulang yang berukuran besar. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

1 CC Berapa liter? dan 1…

Wildan
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!