1 Meter Berapa Cm (Centimeter) ?

2 min read

1 Meter Berapa Centimeter

1 Meter Berapa Cm (Centimeter) ? Pembahasan Lengkapdengan pengertian Meter dan Centimeter! – Halo sobat rumbelnesia, Pada kesempatan dalam perjumpaan kali ini kita akan membahas jawaban dari sebuah pertanyaan yaitu 1 meter berapa cm ( centimeter ) serta akan kami jelaskan tentang pengertian dari meter dan centimeter termasuk dengan contoh soal untuk satuan meter dan centimeter serta pembasannya secara lengkap.

Pengertian Meter dan Centimeter

Meter

Jadi, untuk satuan meter merupakan satuan dasar yang mana biasa untuk mendefinisikan satuan panjang dari sebuah benda dalam versi Satuan Internasional (SI). Meter ini sudah ditetapkan sebagai satuan panjang, sejak awal tahun 1983 dimana pada saat itu sesudah mengalami proses panjang dalam penentuan alat ukur. Sejarah penemuan meter ini dimulai sejak tahun 1791.

Dalam pengukuran suatu panjang benda, maka meter ini merupakan satuan yang paling banyak digunakan sebagai acuannya. Negara-negara maju atau berkembang yang biasanya menggunakan meter ialah Negara Indonesia dan negara-negara Asia yang lainnya. sebab itu, untuk mengonversikan ukuran panjang dengan sebuah satuan yang lain terhadap ukuran dalam meter sebegitu sangat pentingnya.

Centimeter

Adapaun untuk satuan centimeter atau yang bisa disingkat menjadi cm merupakan satuan untuk mendefiniskan dari panjang sebuah benda . Satuan CM ini ialah unit untuk (SI) sistem internasional, dan juga untuk sistem cgs. Nah jika kita lihat dari turunannya, maka cm termasuk turunan dari meter.

Kenapa seperti itu? ya, hal tersebut bisa di lihat dengan anak tangga konversi panjang. yang biasanya kita jumpai dalam dunia pendidikan, bahwa keberadaan centimeter ini tepat berada dua tingkat di bawah meter. Dari hal ini berarti untuk bisa mengonversikan ukuran 1 meter ke cm maka perlu dikali. Harus sobat ingat bahwa untuk bisa mengkonversi dalam tangga pengukuran ini akan selalu dikalikan jika arahnya itu turun.

Rumus = meter x 100 = … cm

Konversi dari Meter ke Cm

Tangga Meteran

Berhubung untuk penjelasan masing-masing dari satuan telah kami uraikan di atas, maka kini masuk dalam ulasan perhitungan yang sebenarnya.

Seperti yang telah di ketahui bahwasanya untuk letak kedua satuan ini tidak sama namun berada tepat dalam satu tangga satuan panjang. akan tetapi untuk posisi meter ini lebih tinggi dua tingkat daripada cm. Jadi dalam segi pengukurannya maka satuan yang akan dikonversikan lebih tinggi posisinya, maka caranya adalah dikalikan.

Tentu hal ini berlaku untuk konversi dari setiap bilangan meter ke centimeter atauapun bilangan yang dibawah meter lainnya. Nah, untuk cara penghitungannya akan kami dijelaskan seperti narasi berikut ini.

Karena dari ukuran meter ke centimeter adalah berjarak dua tangga, maka dalam sistem konversinya ini dikalikan dengan bilangan 100, hingga kalian ini ingin menemukan jawaban ukuran 1 meter berapa centimeter, maka spbat hanya tinggal mengalikannya dengan angka 100, dengan begitu sobat akan mengetahui bahwasanya setiap 1 meter ialah mewakili 100 centimeter. Adapun untuk contoh soal lainnya akan kami diberikan dibawah ini.

Jika sobat ingin mengonversikan ke 8 meter jadi untuk bilangan centimeternya, maka sobat tinggal mengalikannya dengan angka 100. Jadi bilangan 8 tadi dikali dengan 100 adalah 800. Dengan seperti itu, 8 meter andai dikonversikan maka akan menjadi dalam centimeternya adalah 800 cm.

Hal itu juga akan berlaku untuk bilangan decimal. Sebagai contoh lainnya, adalah bilangan 0,25 meter akan kita konversikan menjadi centimeter. Maka dalam hal ini kita hanya mengalikannya ke angka 0,25 tersebut dengan angka 100. Untuk hasil dari angka 0,25 dikalikan dengan 100, hingga nilai 0,25 meter itu sudah setara ataupun hasilnya sama dengan 25 centimeter.

Dengan begitu, pada setiap bilangan meter yang akan dikonversikan bisa berubah menjadi centimeter dimana harus di kalikan dengan bilangan 100. Hal ini sifatnya wajib, karena setiap turun satu tingkat maka akan dikalikan bilangan 10. Jika bilangan itu yang dimaksud ialah bilangan decimal, maka dalam hal ini perlu ketelitian lebih lanjut.

Contoh Soal Meter ke Centimeter

Contoh soal 1

Ada tiang bendera yang berada di halaman sekolah dengan ketinggian ialah 6 meter, lantas berapa centimeter kah untuk ketinggian tiang tersebut?

jawaban :

Rumus ; meter x 100 =…cm

6 x 100 = 600

Jadi untuk ketinggian tiang bendera tersebut ialah setinggi 600cm

Contoh soal 2

jika panjang tombak itu mempunyai panjang sekitar 1,5 meter, lantas berapa centimeter kah panjang tombak tersebut ?

jawaban :

Rumus = meter x 100 =… cm

1,5 x 100 = 150

jadi untuk total panjang tombak tersebut ialah 150cm

Baca Juga: 1 GB berapa MB? Penjelasan Lengkap

Penutup

Nah itulah penjelasan serta contoh dari soal untuk penjelasan meter ke centimeter. Semoga dengan adanya artikel tentang 1 m berapa cm ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan sobat semua. Terimakasih sudah membaca artikel ini, janganlupa baca juga ulasan yang lainnya yang ada dibawah ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!