3 Tips Agar Bisnis Anda Dapat Tembus di Pasar Ekspor

2 min read

Tips agar bisnis tembus ke pasar ekspor

3 TIPS Penting Agar Bisnis Anda Dapat Tembus Pasar Ekspor – Salah satu permasalahan ekonomi yang terjadi di Indonesia saat ini adalah lemahnya daya Ekspor Indonesia dipasar Dunia. Menurut menteri keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rapat kerja kementerian perdagangan pada 5 Maret 2020, daya saing ekspor Indonesia tidak banyak mengalami perubahan sejak beberapa tahun lalu.

Selain itu, pada rapat kerja kementerian perdagangan pada 21 januari 2018, Presiden Joko Widodo juga mengeluhkan daya saing Ekspor Indonesia yang lebih rendah di banding Thailand, Vietnam, dan Malaysia yang jika dilihat dari jumlah penduduknya jauh lebih sedikit dari Indonesia.

TIPS Agar Bisnis Dapat Tembus di Pasar Ekspor

Tentunya hal ini menjadi masalah yang cukup serius mengingat ekspor merupakan salah satu kunci dalam meningkatkan pertumbuhan Ekonomi Nasional.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang ekspor, mari kita cari tahu dulu apa itu Ekspor?

Ekspor adalah proses pengiriman barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain yang sering kali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional.

Tujuan dan Manfaat Ekspor

Ekspor memiliki tujuan dan manfaat antara lain:

  • Menumbuhkan Industri Dalam Negeri

Dengan adanya ekspor, industri dalam negeri akan mulai terangsang untuk bersaing tidak hanya dalam soal kuantitas, namun juga kualitas. Selain itu permintaan yang datang dari luar negeri juga akan mempengaruhi daya beli dalam negeri itu sendiri, pada tahap ini industri akan terdorong untuk terus berinovasi serta meningkatkan kualitas mereka agar dapat bersaing di kancah dunia.

  • Menstabilkan Harga Produk

Jika suatu komoditas melimpah maka akan sangat mudah didapatkan sehingga harga jual dari komoditas tersebut akan sangat murah. Dengan adanya kegiatan ekspor yang berarti mengirim barang ke luar negeri akan mengendalikan jumlah serta harga pasar dari komoditas tersebut agar tetap stabil.

  • Salah satu pendukung Devisa Negara

Salah satu dampak positif dari adanya kegiatan ekspor yaitu dapat mendorong pertumbuhan ekonomi suatu negara. Mengapa demikian, karena kegiatan ekspor dapat mengembangkan pasar domestik, membawa investasi, serta dapat menambah devisa suatu negara, oleh karena itu kegiatan ekspor dapat menjadi salah satu pendukung devisa negara.

3 TIPS agar bisnis kita dapat tembus pasar dunia

Faktor yang mempengaruhi lemahnya daya Ekspor Indonesia adalah masalah perizinan serta kualitas permintaan barang ekspor yang cukup tinggi sehingga terkadang kalah saing dengan produk- produk dari negara tetangga dan membuat para pengusaha yang ingin terjun ke dunia ekportir menjadi tidak percaya diri.

Selain itu faktor keterbatasan informasi serta kurangnya persiapan menjadi masalah lain yang patut diantisipasi. Agar bisnis kita dapat diterima, maka harus dipersiapkan semaksimal mungkin. Oleh karena itu, berikut tips agar bisnis anda dapat menembus pasar dunia:

#1. Persiapkan dokumen selengkap mungkin

Kelengkapan data merupakan hal paling penting dalam kegiatan ekspor. Hal ini karena kelengkapan dokumen berpengaruh dengan diberikan atau tidaknya perizinan untuk melakukan ekspor.

Untuk itu hal pertama yang harus kita lakukan untuk melakukan kegiatan ekspor adalah menyiapkan dokumen yang dibutuhkan. Dokumen yang perlu dipersiapkan antara lain adalah dokumen penawaran, legalitas perusahaan serta dokumen ekspor itu sendiri.

Dengan dokumen yang lengkap tentunya tak alan menjadi penghalang dalam melakukan kegiatan ekspor.

#2. Mencari buyer

Hal selanjutnya yang banyak dipertanyakan dalam kegiatan ekspor adalah bagaimana caranya mendapatkan buyer untuk produk kita.
Untuk mendapatkan buyer dapat dilakukan dengan mendatangi pameran dagang Internasional dalam atau luar negeri, disana kita dapat mencari tahu informasi tentang buyer atau bertemu langsung dengan buyer itu sendiri.

Selain itu, kita juga dapat mendatangi FTA centre yaitu lembaga dibawah pengawasan kementerian perdagangan yang dapat membantu memberikan informasi serta edukasi mengenai kegiatan perdagangan termasuk ekspor.

Yang terakhir untuk mencari buyer kita dapat memanfaatkan marketplace, karena marketplace tidak terbatas oleh ruang dan waktu sehingga dapat menjadi salah satu media perantara untuk melakukan kegiatan ekspor.

#3. Cara menentukan harga

Terkadang menentukan harga menjadi salah satu kesulitan yang sering dialami oleh para eksportir pemula. TIPS penulis, kita dapat mencari tahu harga perbandingan di situs- situs marketplace berskala internasional seperti Alibaba atau Trademap.org. disana kita dapat mencari tahu kira- kira berapa harga wajar dari produk yang kita miliki.

Nah, Itulah 3 TIPS agar bisnis kita dapat tembus pasar ekspor, semoga bermanfaat.

Ditulis Oleh: Sofi Maulidia (Mahasiswa Manajemen Bisnis Syariah STEI SEBI, Depok)

Sumber referensi:
https://bisnis.tempo.co/read/1316034/sri-mulyani-sejak-jadi-peneliti-ekspor-kita-tak-banyak-berubah
https://www.cnbcindonesia.com/news/20180201100820-4-3168/apa-penyebab-ekspor-ri-tertinggal
https://www.cnbcindonesia.com/news/20180201100820-4-3168/apa-penyebab-ekspor-ri-tertinggal
https://salamadian.com/pengertian-ekspor-dan-impor/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page