9 faktor anda di benci oleh orang lain

5 min read

Itulah yang harus kita hentikan, sekarang juga.

Sebuah suara kecil di kepala Anda bertanya-tanya, “Mengapa orang tidak menyukai saya?”

Fakta: Tidak semua orang akan menyukai Anda sepanjang waktu!

Ini adalah sifat manusia.

Kita semua berbeda dalam banyak hal: dari cara kita dibesarkan hingga cara kita berpakaian, dari hobi hingga bidang pekerjaan yang kita pilih. Jadi tidak mengherankan bahwa beberapa orang tidak menyukai semua orang.

Mungkin kadang-kadang Anda merasa seperti Anda mungkin telah melakukan atau mengatakan secara berbeda, tetapi percayalah, itu tidak selalu tentang Anda! Ini adalah poin penting untuk diingat karena apa pun upaya yang Anda lakukan untuk menyesuaikan perilaku Anda, akan selalu ada orang yang akan menolak Anda.

TETAPI, jika Anda benar-benar merasa bahwa lebih sedikit orang yang menyukai Anda daripada yang tidak menyukai Anda dan itu mengganggu Anda, mungkin ada baiknya meluangkan waktu untuk menyelidiki alasan potensial mengapa hampir tidak ada orang yang dapat mendukung Anda.

Kita adalah kita.

Jadi, ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dalam hubungan pribadi atau bisnis dan Anda menemukan bahwa kita tidak memiliki terlalu banyak teman. wajar untuk berpikir bahwa “mereka” memiliki masalah.

Tetapi bagaimana jika ada hal-hal tertentu dalam perilaku atau kepribadian kita yang entah bagaimana menyinggung atau bahkan menyinggung? Mungkin memang ada beberapa hambatan yang mencegah orang menyukai Anda.

9 alasan beberapa orang mungkin tidak menyukai Anda.

Apa yang bisa membuat Anda kurang populer daripada kebanyakan orang? Mengapa Anda melewatkan undangan ke pesta dan mengapa Anda sering merasa tidak ada apa-apanya? Atau mungkin Anda merasa karir Anda akan menderita karena Anda mengasingkan atasan dan rekan kerja Anda?

Mari kita lihat beberapa faktor yang mungkin. Dengan sedikit refleksi diri yang sehat, saya dapat memberi Anda tip tentang bagaimana Anda dapat mengubah perilaku Anda dan mendapatkan lebih banyak teman.

1. Anda terlalu banyak bicara. Melakukan percakapan yang ekstensif adalah salah satu kesenangan terbesar dalam hidup, tetapi ini jelas merupakan jalan dua arah. Jika satu orang mendominasi pembicaraan dan tidak memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mengungkapkan pendapatnya, maka akan menimbulkan frustasi dan dendam pada pendengar. Memaksa satu orang untuk mendengarkan untuk berbicara tentang diri mereka sendiri, perasaan, hubungan, dan masalah mereka bukanlah percakapan… ini adalah sesi terapi yang dibayar orang! Ada seperangkat aturan tidak tertulis yang agak rumit tentang cara kerja percakapan yang kebanyakan kita pelajari melalui coba-coba saat kita tumbuh dewasa. Teman bicara terbaik adalah pendengar yang sangat baik! Ingatlah hal ini dan pastikan Anda mengajukan pertanyaan jujur ​​tentang apa yang terjadi dalam kehidupan orang yang Anda ajak bicara. Dan dengarkan baik-baik jawaban mereka! Lakukan ini dan Anda tidak akan membuat kesalahan dan mendorong orang lain menjauh dari Anda.

2. Anda suka pamer. Tidak ada yang suka membual! Jika hidup Anda sempurna dan Anda sangat pintar, kaya atau sukses, tidak pernah ada alasan untuk menjejalkan superioritas Anda ke dalam tenggorokan manusia biasa. Kenyataannya adalah bahwa bagi kebanyakan orang, hidup adalah sepotong roti yang sulit … jadi tidak mengherankan bahwa mereka tidak terkesan atau bahkan secara terbuka memusuhi siapa pun yang memiliki kebiasaan menonjolkan berbagai prestasi mereka atau memamerkan mobil baru atau gambar-gambar eksotis. liburan. Bukannya mereka cemburu, tetapi hidup mereka sendiri dalam beberapa hal berkurang dibandingkan dengan keberadaan Anda yang menawan.

Media sosial telah membuat pamer lebih mudah dari sebelumnya. Dengan satu klik Anda dapat membagikan kesuksesan Anda dengan “teman” Anda dan menunjukkan kepada mereka betapa indahnya hidup Anda. Anda bahkan mungkin tidak menganggapnya menyombongkan diri. Percayalah: itu. Anda akan mendapatkan rasa hormat orang jika Anda menahan keinginan untuk menekankan kesuksesan Anda dan lebih fokus pada pencapaian orang lain. Yang tidak berarti Anda harus selalu menyimpan semuanya untuk diri sendiri. Lakukan saja dengan bijak.

3. Anda menghindari mengambil kesalahan di semua biaya. Kita semua membuat kesalahan. Ya, tentu saja. Ini diringkas dengan baik oleh pepatah kuno “berbuat salah adalah manusiawi”. Dan ketika kita melakukan kesalahan, jalan keluar terbaik adalah menghadapinya, meminta maaf dan semoga belajar dari pengalaman yang tidak menguntungkan. Tetapi seseorang yang secara konsisten menolak untuk mengakui bahwa mereka salah, dan lebih buruk lagi, dengan alasan bahwa orang lain melakukan kesalahan, akan segera kehilangan teman. Jangan salah paham, tidak mudah untuk mengacau dan meminta maaf, dan terkadang ada konsekuensi yang tidak menyenangkan. Tapi itu adalah tindakan yang benar. Tidak dapat diterima untuk menyalahkan orang yang tidak bersalah dan menyaksikan dunia orang lain runtuh.

4. Anda mengintimidasi orang lain. Baik di rumah atau di tempat kerja, salah satu cara tercepat untuk kehilangan teman dan rasa hormat Anda adalah melecehkan orang lain yang berperilaku berbeda atau memiliki pendapat yang bertentangan dengan pendapat Anda. Menjadi bajingan memberi makan rasa tidak aman Anda sendiri dan sebenarnya menunjukkan kelemahan, bukan kekuatan. Karena alasan ini, penguntit hampir selalu membentuk kelompok yang secara kolektif mengintimidasi atau mengejek mereka yang tidak cocok dengan mereka. Menjadi bagian dari kelompok orang yang berpikiran sama memperkuat harga diri mereka. Para penganiaya mungkin mengira mereka memiliki teman, tetapi kenyataannya adalah bahwa kelompok tersebut ditahan oleh rasa takut dikucilkan daripada oleh rasa saling mencintai dan menghormati. Mengambil langkah mundur dan mengevaluasi grup Anda dan bagaimana fungsinya dapat memberi Anda beberapa petunjuk.

5. Anda memiliki kebersihan pribadi yang buruk. Saya minta maaf untuk meringkas ini ke topik bau badan, tapi ketiak berkeringat, bau napas atau kenajisan umum dalam masyarakat Barat abad ke-21 kita tidak akan membuat Anda berteman. Di masa lalu ketika semua orang berbau tidak enak, itu tidak akan menjadi masalah, tetapi sekarang hampir tidak ada alasan bagi seseorang untuk meninggalkan rumah dengan pakaian kotor tanpa mandi, menyikat gigi, dan mencuci rambut. Pada akhirnya, itu adalah sopan santun terhadap orang lain, karena bahkan ketika Anda tidak mencium kebersihan pribadi Anda sendiri, kebersihan pribadi yang buruk menciptakan suasana yang agak tidak menyenangkan. Di kota metropolitan yang ramai, di transportasi umum atau di kantor, tidak ada yang mau duduk dekat dengan Anda, tetapi di ruang sempit mereka akan dipaksa untuk melakukannya dan tidak akan berterima kasih untuk itu. Ini juga akan mempengaruhi kehidupan profesional Anda. Anda mungkin tidak dipekerjakan di karenakan hal tersebut

6. Anda banyak mengeluh. Bukan rahasia lagi bahwa hidup kadang-kadang bisa sedikit melelahkan (dan bahkan sering). Ada beberapa peristiwa penting yang perlu dirayakan di sepanjang jalan, tetapi kenyataan bagi banyak dari kita adalah kemungkinan lebih banyak perjuangan daripada kemenangan. Tapi itu tidak berarti Anda bisa mengeluh kepada siapa pun yang mendengarkan semua yang harus Anda hadapi dalam hidup Anda sendiri. Mereka mungkin cukup sibuk memikirkan cara untuk melewati labirin tekanan dalam hidup mereka sendiri. Mereka tidak akan berterima kasih karena telah membebani mereka dengan berbagi kemalangan mereka sendiri. Secara keseluruhan, orang sangat menyukai mereka yang tetap positif dalam menghadapi kesulitan. Orang tidak ingin mendengar keluhan Anda atau berteman dengan orang yang pahit. Selain perusahaan yang lebih baik, pandangan mental yang positif akan membuat Anda merasa lebih baik! Jika Anda perlu mengeluh (dan kita semua terkadang melakukannya), lakukanlah dengan seorang teman dan mintalah izin sebelum melakukannya. Dan hanya mengeluh kepada satu atau dua orang. Setelah Anda mendapatkan sesuatu dari pikiran Anda, mengapa mengulanginya kepada orang lain? Ini hanya berfungsi untuk membenamkan Anda dalam hal-hal negatif itu sendiri.

7. Anda bergosip. Sekilas, berbagi rumor sepertinya merupakan cara yang bagus untuk memastikan Anda mengikuti orang banyak. Jika Anda mengetahui cerita menarik tentang orang lain, menjadi orang yang mengungkapkan informasi ini kepada orang lain kemungkinan akan meningkatkan popularitas Anda dalam jangka pendek. Ini karena, bahkan jika kita mencoba untuk tidak mendengarkan, kebanyakan dari kita tidak dapat menahan diri untuk tidak mendengarkan semacam drama yang berlangsung dalam kehidupan teman-teman kita. Namun, perhatikan bahwa saya mengatakan “pendek”. Mengapa seperti itu? Karena menyebarkan desas-desus menyinggung perasaan orang dan cepat atau lambat Anda akan dihadapkan dengan kebiasaan buruk ini. Ini akan canggung dan memalukan bagi Anda, tetapi lebih buruk lagi, Anda akan dikeluarkan karena gosip biasa. Setelah Anda mendapatkan reputasi sebagai orang yang suka bergosip, hanya sedikit orang yang ingin menghubungi Anda karena mereka tidak akan mempercayai Anda untuk merahasiakan semua yang mereka katakan.

8. Anda hiperkritis. Ketika standar pencapaian Anda sendiri sangat tinggi dan Anda tidak menerima apa pun kecuali yang terbaik untuk kinerja Anda sendiri, sangat mudah untuk menolak orang lain yang tingkat pencapaiannya berada di bawah ekspektasi tinggi Anda. Jelas. Namun menjadi sasaran kritik non-konstruktif bukanlah motivator terbaik. Apakah Anda berada di ruang rapat, kantin atau ruang kelas, jika Anda terlihat sebagai seseorang yang tidak pernah memuji atau menyemangati, dan masih siap menerima komentar kasar, Anda akan segera menemukan kelompok sebaya Anda meninggalkan Anda. Tentu saja, berikanlah saran yang membangun, tersusun rapi dengan nada positif, tetapi penghinaan yang berlebihan malah membuat teman anda merasa frustasi berteman dengan anda

9. Kamu selalu terlambat. Beberapa orang selalu terlambat menghadiri rapat dan tidak memikirkan ketidaknyamanan yang mungkin ditimbulkan bagi orang lain atau betapa tidak sopannya membuat mereka menunggu. Sangat mudah untuk berpikir bahwa aturan tidak berlaku untuk Anda dan Anda selalu dapat tiba di suatu tempat dengan keterlambatan 30 menit. Hal ini tidak begitu! Tunjukkan hormat kepada orang lain yang tepat waktu, dan mereka akan menghormati Anda karena melakukannya. Tentu saja, selalu ada saat-saat ketika masalah transportasi atau masalah lain yang tidak dapat dihindari membuat kita terlambat. Ingatlah bahwa waktu orang lain juga berharga.

Singkatnya… Bersedia menjadi bagian dari kerumunan adalah kualitas manusia yang sangat penting. Ini pada akhirnya bermuara pada naluri bertahan hidup. Lagi pula, lebih aman berada “di dalam” daripada “di luar”. Tetapi jika Anda ingin memiliki lebih banyak teman dan naik pangkat agar merasa aman, Anda harus belajar bermain sesuai aturan.

Penulis: Azzamuddin Ilham (Mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.