Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Dalam Islam?

1 min read

Tips Mengatasi Rasa Takut Dalam Islam

Bagaimana Mengatasi Rasa Takut Dalam Islam? – Rasa takut adalah hal yang wajar bagi manusia pada umumnya. Rasa takut tersebut bisa saja muncul kapan saja dan dimana saja. Tak sedikit orang orang yang takut akan merasakan rasa cemas yang berlebihan.

Tips Mengatasi Rasa Takut Dalam Islam

Lalu bagaimana kita dapat bersikap jika hal itu terjadi kepada diri kita sendiri?. Berikut tips yang bisa menurunkan rasa takut yang berlebihan;

1. Mengenal Allah Lebih Dalam

Maksud dalam hal ini adalah kita harus yakin bahwa Allah lah yang memegang kekuasan tertinggi di alam semesta ini, jadi segala sesuatu tidak akan terjadi jika Allah tidak mengkehendakinya. Selain itu kita harus lebih dekat lagi dengan allah, dengan selalu mengingat Allah dan beribadah kepadanya. Untuk mengenal Allah lebih dalam kita bisa lakukan dengan mengkaji Al-Quran, mengikuti pengajian dan selalu berdzikir kepada Allah.

2. Selalu memenuhi perintah Allah SWT

Memenuhi perintah Allah artinya kita harus senantiasa mengerjakan apa yang seharusnya kita kerjakan. Shalat lima waktu harus selalu dikerjakan. Dengan demikian kita bisa menyerahkan segala urusan kita kepada Allah. Karena Allah adalah yang maha mengendalikan sesuatu.
Allah SWT berfirman dalam Al- Quran surah Al-Baqarah ayat 45 yang artinya : “ dan mencari bantuan melalui kesabaran dan doa; dan memang itu sulit kecuali untuk tunduk dengan randah hati (kepada Allah).

3. Membaca Doa Dzikir Pagi Dan Sore

Allah selalu menyuruh kita untuk selalu berdzikir kepada-Nya. Dengan membaca doa dzikir pagi dan sore hati kita akan selalu tenang. Dalam Al-Quran pun sudah dijelaskan tentang perintah untuk selalu berdzikir kepada Allah SWT.

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang,” (QS. Al-Ahzab: 41-42).

4. Tidak Sendirian Dan Selalu Ada Dalam Keramaian

Ketika kita sedang sendirian maka disitulah muncul pikiran yang bermacam-macam sehingga berujung pada rasa takut yang berlebihan, oleh karena itu berada pada keramaian dapat membantu kita untuk berpikir positif. Rasa takut akan hilang jika kita terus memposisikan diri kita untuk tetap dalam keramaian dan melakukan hal-hal yang baik bersama orang sekitar.

5. Menyibukkan Diri Dengan Hal Yang Bermanfaat

Untuk menghindari kecemasan dan ketakutan yang berlebihan bisa kita lakukan dengan mengisi keseharian kita dengan hal hal yang bermanfaat. Adapun contoh menyibukkan diri dengan hal yang baik adalah seperti mengukuti pengajian ilmu, membantu orang-orang sekitar, mendengarkan murotal atau bahkan menghafal ayat suci Al-Quran. Dengan hal tersebut insyaAllah Allah akan memberikan ketenangan terhadap hati kita dan menghilangkan perasaan cemas terhadap hal-hal yang kurang baik.

Ditulis Oleh: Shabrina Maulida (Mahasiswi STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.