Cara Membuat laporan keuangan dan Sumber dana untuk Event Pentas Seni Sekolah !!

1 min read

Sebagai event organizer yang sedang mengatur event pentas seni sekolah, laporan keuangan yang baik sangat penting untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan dana. Berikut adalah panduan mengenai bagaimana membuat laporan keuangan yang baik :

Struktur Laporan Keuangan :

1. Ringkasan: Sertakan ringkasan singkat tentang tujuan event, tanggal pelaksanaan, dan informasi kontak utama.

2. Pendapatan: Jelaskan sumber-sumber pendapatan yang telah diterima. Misalnya:

  • Pendapatan Tiket: Rincian tentang penjualan tiket event, termasuk jumlah tiket terjual dan harga per tiket.
  • Sponsorship: Informasi mengenai perusahaan atau individu yang memberikan sumbangan atau dukungan finansial.
  • Penjualan Merchandise: Jika ada penjualan merchandise terkait event.

3. Pengeluaran: Rincian semua biaya yang telah dikeluarkan untuk mengorganisir event. Contohnya:

  • Biaya Produksi: Biaya untuk dekorasi panggung, peralatan teknis, perlengkapan seni, dll.
  • Biaya Promosi: Biaya iklan, promosi online, dan materi pemasaran.
  • Gaji dan Honorarium: Jika ada anggota tim atau artis yang dibayar.
  • Transportasi dan Akomodasi: Biaya perjalanan dan penginapan tim, artis, atau tamu khusus.
  • Biaya Catering: Biaya makanan dan minuman untuk kru dan artis.

4. Keuntungan/(Kerugian): Hitung selisih antara total pendapatan dan pengeluaran. Hasilnya akan menunjukkan apakah event ini menghasilkan keuntungan atau mengalami kerugian.

Sumber Pendapatan:

  1. Pendapatan Tiket: Penjualan tiket kepada peserta event adalah salah satu sumber pendapatan utama. Anda bisa menentukan berbagai kategori tiket dengan harga yang berbeda sesuai dengan fasilitas atau lokasi duduk yang ditawarkan.
  2. Sponsorship: Mencari sponsor dari perusahaan atau individu yang bersedia memberikan dukungan finansial dalam pertukaran untuk eksposur merek atau manfaat lainnya. Sponsorship dapat berupa sponsorship utama, sponsorship peralatan, atau sponsorship dalam bentuk layanan.
  3. Penjualan Merchandise: Jika Anda memiliki merchandise khusus untuk event ini, seperti kaos, poster, atau barang lain yang terkait, Anda dapat menjualnya untuk mendapatkan pendapatan tambahan.
  4. Donasi: Jika event ini adalah amal atau terkait dengan tujuan sosial tertentu, donasi dari individu atau organisasi yang mendukung tujuan tersebut dapat menjadi sumber pendapatan.
  5. Paket VIP atau Premium: Tawarkan paket khusus kepada peserta yang ingin pengalaman lebih eksklusif, seperti akses ke pertemuan dengan artis, tempat duduk premium, atau hadiah eksklusif.
  6. Penjualan Makanan dan Minuman: Jika ada penjualan makanan dan minuman di event, ini juga bisa menjadi sumber pendapatan, terutama jika Anda bekerja sama dengan vendor makanan.
  7. Lelang atau Pelelangan: Jika Anda memiliki barang-barang seni atau barang berharga lainnya yang bisa dilelang, ini bisa menjadi cara untuk mengumpulkan dana tambahan.

Pastikan Anda mencatat semua pendapatan dengan cermat dan mengelola pengeluaran sesuai rencana untuk memastikan laporan keuangan yang akurat dan transparan. Jika memungkinkan, konsultasikan dengan seorang ahli keuangan atau akuntan untuk memastikan bahwa laporan keuangan Anda mematuhi standar akuntansi yang berlaku.

Oleh Abdul furqon luthfi ali, Mahasiswa STEI SEBI

Fungsi Baitul Maal Untuk Ekonomi Islam

BMT (Baitul Maal wa Tamwil) adalah lembaga usaha ekonomi rakyat kecil, yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum berdasarkan prinsip syariah dan prinsip koperasi....
Muhammad Zaky
2 min read

Menyelami Ekonomi Syariah: Sistem Ekonomi Berkeadilan…

Ekonomi Syariah, laksana mutiara terpendam, kini kian bersinar terang di tengah hiruk pikuk sistem ekonomi global. Berlandaskan nilai-nilai Islam yang luhur, sistem ini menawarkan...
Aulia
1 min read

DAKWAH ISLAM DI ERA MODERN

Penulis : Syamsul Rizal ( Mahasiswa STEI SEBI ) Untuk memahami konsep modern akan lebih mudah kalau dilacak dari akar katanya. Secara etimologis term...
Faris Ahmad Yasin
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.