Dampak Junk Food Bagi Kesehatan

1 min read

Perkembangan era semakin pesat berkembang dan teknologi yang terus semakin canggih. Dapat mempermudah manusia dalam melakukan segala aktifitas. Segala sesuatu yang dulunya di harus dikerjakan ke tempat yang bersangkutkan kini dapat dilakukan mudah hanya dengan mengunakan teknologi yang telah disediakan. Misalnya seperti handphone salah satu alat elektronik yang mempunyai berbagai fungsi seperti dapat menghubungi sanak saudara yang berjarak jauh dari posisi kita. Karena pesatnya perkembangan ini semua hal ini sangat mempermudah manusia maka banyak dari mereka yang menyukai semua hal yang bebau instan. Tidak hanya pada bidang alat elektronik yang memudahkan manusia namun pada masa sekarang manusia juga memberikan atau menyediakan makanan siap saji (instan) atau sering kita kenal dengan istilah junk food.

Junk food menjadi salah satu makanan yang paling diminati di kalangan anak muda, anak anak, bahkan orang tua apakah kamu salah satunya darinya? Makanan ini juga sangat beragam, mulai dari makanan ringan hingga makanan utama. Junk food sebagai suatu istilah informal yang diterapkan untuk beberapa makanan yang kemudian dianggap memiliki nilai gizi sedikit atau bahkan sama sekali tidak ada gizinya. Junk food merupakan istilah kata yang diberikan kepada makanan yang mengandung banyak kandungan kalori, lemak, gula, dan garam yang tinggi. Kemudian makanan ini juga tidak mengandung banyak vitamin dan serat bahkan ada sebagian dari mereka yang tidak memperoleh vitamin sedikitpun. Biasanya pada junk food juga memiliki beberapa bahan tambahan pangan seperti pengawet, perasa dan lain sebagainya.

Umumnya makanan ini mengandung banyak lemak seperti kelebihan gula yang tidak sehat bagi tubuh yang dapat menyebabkan obesitas. Contoh   junk food yang mengandung banyak gula ialah minuman bersoda, kue, donat, permen, dan yang lainnya. Selain dapat menumbulkan obesitas junk food juga dapat memberikan penyakit diabetes. Maka dari itu kita harus mengurangi mengkonsumsi  junk food dan menggantinya dengan makanan makanan yang sehat yang mengandung banyak protein, vitamin, dan serat. Seperti sayur sayuran, buah buahan, makanan pokok seperti nasi dan gandum. Sehingga, tubuh akan jauh dari penyakit penyakit yang juga kadang dapat menimbulkan kematian. Setelah membaca artikel ini kamu sudah pahamkan betapa bahayanya junk food  bagi kesehatan tubuh kita. Maka dari itu perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Nabila Khoirunnisa (Mahasiswi STEI SEBI)

Maqashid Syariah: Menggali Makna dan Implikasinya…

Muhammad fadhil Nurhidayat (STEI SEBI) Maqashid Syariah adalah konsep dasar dalam hukum Islam yang mengeksplorasi tujuan-tujuan atau maksud-maksud dari hukum Islam itu sendiri. Dalam...
Aisyah Yunita
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.