Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

2 min read

cara menanam bunga matahari

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot hingga berbunga – Diantara sobatnesia pasti ada yang suka dengan jenis bunga yang satu ini. Bunga Matahari adalah bunga yang berwara kuning cerah dan sangat indah. Bunga matahari atau nama ilmiahnya Helianthus ini salah satu tumbuhan bunga yang sering di jadikan sebagai hiasan di halaman rumah, taman dan juga kebun.

Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Bunga matahari ini ternyata mampu beradaptasi di daerah iklim tropis yang ada di Indonesia. Keindahan tanaman bunga ini memang terlihat bak pohon bunga apabila bunganya belum mekar. Maka dari itu untuk bisa mendapatkan pohon bunga matahari yang menghasilkan bunga mekar yang indah sobat perlu merawatnya dengan baik.

Disini saya akan mencoba untuk memberikan informasi cara merawat pohon bunga matahari agar bisa cepat berbunga dan tips memilih bibit yang terbaik.

Memilih Benih Bunga yang Tepat

Sama halnya dengan bibit bunga lainnya, dalam memilih bibit bunga matahari juga harus tepat. Adapun untuk benih bunga matahari ini bisa kita peroleh dari bijinya. Agar sobat bisa mendapatkan benih unggul maka silahkan sobat beli bibitnya ini di toko khusus berkebnun atau bercocok tanam bunga matahari. Bahkan untuk mempermudah proses pencarian bibit sobat bisa membelinya melalui online shop aau e-commerce, lebih bagus lagi kalau survei ke perkebunannya.

Perlu sobat ketahu, bahwa bunga matahari ini memiliki beberapa Varietas. Jadi, pengelompokkan jenis bunga matahari ini tergantung pada ukuran, tingginya dan juga warna bunga yang di hasilkan.

Adapun untuk warna kuning cerah adalah jenis Evening Sun sedangkan untuk bunga matahari yang tinggi dan besar masuk dalam jenis Mammoth Grey.

Mempersiapkan Media Tanam Bunga Matahari

Supaya sobat bisa cepat mendapatkan hasil bunga matahari yang baik sesuai dengan keinginan maka hal yang perlu sobat persiapkan adalah media tanamnya. Karena media tanam inilah nantinya yang akan menjadi tempat hidup bunga matahari. Pastikan juga bahwa sobat sudah mengikuti prosedur yang tepat dalam mempersipakan media tanam suoata bunga matahari lekas mekar dengan baik.

Dalam hal ini sebaiknya sobat memilih lahan tanah yang gembur dan juga bersih dari semak belukar. Karena pada lahan ini tanah akan mudah menyerap air untuk nutrisi bunga matahari.

Hindari juga dalam meletakkan bunga matahari di dalam ruangan, karena ini bisa menghambat proses fotosintesis dan menghambat proses penyerapan sinar matahari itu sendiri.

Setelah media tanam dirasa sudah siap, selanjutnya bisa sobat lakukan untuk menebar benihnya dengan memendam keseluruhan benih, biarkan bagian ujung benih yang lancip tetap berada di permukaan tanah guna memudahkan proses pertumbuhan tanaman.

Memperhatikan lingkungan tempat penyemaian

Kondisi lingkungan juga dapat mempengarui seberapa cepat bunga matahari bisa mekar dengan sempurna. Maka dari itu, sobat perlu memperhatikan temperatur udara, pengairan dan adanya sinar matahari. Tempratur udara yang baik diataranya sekitar 25°C. Dengan temperatur yang tepat maka tubas bunga matahari akan lebih cepat muncul.

Adapun untuk sistem pengairannya maka sobat perlu melakukannya minimal dua kali sehari. Apalagi bunga matahari ini termasuk dalam salah satu jenis tanaman yang sangat membutuhkan air dalam proses bertumbuhnya. Pastikan juga pohon bunga matahari ini mendapatkan sinar matahari setidaknya selama 6 jam setiap harinya guna mempertahankan suhu normal.

Melindungi Tunas Bunga Matahari yang Muncul

Setelah empat hari bibit di semai, maka seharusnya tunas bunga matahari sudah mulai muncul, apalagi tunas bunga matahari ini sangat rentan karna bisa menarik hewan seperti tikus yang bisa merusaknya. Agar tunas ini bisa aman maka sobat bisa melindungi bagian tunasnya dengan menggunakan botol plastik.

Menutrisi Bunga Matahari

Sama seperti makhluk hidup yang lainnya, bunga mataharu juga memerlukan sebuah nutrisi yang optimal. Lantas, bagimana supaya bunga matahari sobat bisa mendapatkan nutrisi yang optimal ? Dalam hal ini maka sobat bisa memberikan Pupuk yang tepat seperti pupuk organik (puput kompos/pupuk kandang) atau pupuk NPK.

Menyiangi dan Memilih Kuntum Bunga

Biasanya pada waktu tiga bulan setelah benih ditanam maka sobat sudah bisa mendapatkan kuntum yang akan menjadi cikal bakal dari bunga matahari. Biasanya dalam satu bunga akan muncul beberapa kuntum bunga sekaligus. Dalam hal ini sobat perlu memperhatikan kuntum yang sehat, janganlupa pangkaslah sisa kuntumnya. Tujuannya adalah agar kuntum bisa cepat berbunga.

Kesimpulan

Dengan sobat mengikuti beberapa cara diatas maka dapat dipastikan sobat akan bisa mendapatkan bunga matahari yang bisa terus berbunga. Nah, jadi buat sobat yang ingin menanam pohon bunga matahari sebaiknya perhatikan ukuran pot dan janganlupa perhatikan beberapa hal diatas. Sekian ulasan hari ini, sampai jumpa lagi di pembahasan yang lainnya, wassalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page