Sejarah Tari Andun

37 sec read

Asal daerah tari Andun

Tari Andun : Sejarah, Keunikan, Gerak, Kostum dan Daerahnya – Pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk membahas tentang Seni Tari Andun yang berasal dari daerah Bengkulu.

Sejarah Tari Andun

Tari Andun ini adalah tari tradisional yang biasa di pentaskan pada acara pesta perkawinan. Para penari tari Andun ini adalah seorang Pria Bujang dan gadis secara berpasangan, ditarikan pada malam hari dengan di iringi musik kolintang.

Fungsi Tari Andun

Pada jaman dulu, tari Andun ini berfungsi sebagai sarana untuk mencari jodoh setelah selesai panen padi. Pada saat ini tari Andun ini tetap di lestarikan selain sebagai peninggalan budaya juga sebagai sarana hiburan bagi masyarakat khususnya bujang gadis.

Kostum Tari Andun

Untuk pakaian para penari Andun ini biasanya menggunakan pakaian bebas dan sopan. Namun untuk membangun pelestarian tari tradisional bisa juga menggunakan pakaian adat dari daerah Bengkulu.

Baca Juga : Seni Tari Reog Ponorogo

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan secara singkat tentang tari Andun. Semoga pembahasan yang singkat ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua. Sekian dari saya sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page