Tari Kayau Dayak : Sejarah, Kostum dan Daerahnya

1 min read

Tari kayau Dayak kalteng

Tari Kayau Dayak : Sejarah, Kostum dan Daerahnya – Pada kesempatan ini saya akan mengulas tari Kayau yang berasak dari suku Dayak di Kalimantan Tengah.

Tari Kayau Dayak

Sebagaigenerasi bangsa yang cinta dengan adat istiadat leluhur kita di Indonesia, pada kesempatan ini saya akan mencoba untuk membahas Seni Tari dari suku Dayak KalTeng yaitu Tari Kayau. Bagi sobatnesia yang baru dengar dan tahu dengan tari Kayau ini mari simak pembahasan selengkapnya berikut ini.!

Jadi, Tari Kayau ini adalah upacara adat yang biasa dilakukan oleh Suku Dayak KalTeng. Upacara adat ini dilakukan sebagai bentuk kejantanan, keberanian dan kekuasaan suku Dayak dalam melindungi keberadaan suku mereka dari ancaman musuh.

Apalagi tidak semua orang bisa mengayau, karena dalam hal ini ada aturan dan syarat-syarat yang harus di penuhi oleh para penarinya. Alat yang digunakan untuk menari Payau ini adalah Mandau, yaitu sebuah senjata tradisional khas Suku Dayal.

Baca Juga ; Tari Piring serta Sejarah, Gerak, Pakaian dan Asal daerahnya

Arti Tari Kayau

Arti dari Kayau atau mengayau ini adalah “memotong kepala musuh”, jadi upacara mengayau ini merupakan simbol tanggung jawab sosial, keberanian dan nilai pendidikan untuk bisa melindungi diri dari kegiatan hal negatif.

Tari Kayau pertama kali diturunkan oleh Urang Lindau Lendau Dibiau Takang Isang, yaitu seorang yang gagah berani pada jamannya. Dalam Tari Kayau ini terdapat tiga tahap diantaranya :

1# Upacara pertama ada pengantaran sesaji pada bentang (rumah suku adat dayak)

2# Yang kedua adalah turun Betang yaitu melakukan pengayauan pada kepala babi

3# Yang ketiga adalah memasuki rumah Betang dengan bunyi-bunyian alat musik.

Orang yang akan melakukan upacara mengayau hendaknya dia harus mengikuti aturan lainnya diantaranya yaitu hatinya harus bersih, berada dalam kelompok dan tidak terpencar, sesaji yang dipersembahkan juga tidak boleh diambil atau dicuri.

Alat Musik

Jaman dulu seni Tari Kayau menggunakan kepala manusia dan kini sudah diganti persembahannya dengan kepala Babi. Dalam upacara ini alat yang digunakan yaitu Tombak, mandau, dan perisai. Sedangkan alat musik pengiringnya yaitu ada Gong besar, gong kecil dan sesa.

Pakaian

Adapun untuk kostum yaitu memakai Pakaian adat Khas suku Dayak yang ada di Kalimantan Tengah.

Akhir Kata

Itulah ulasan tentang Tari Kayau yang berasal dari Suku Dayak Kalimantan Tengah. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi kita semua. Sekian dari saya, janganlupa baca juga ulasan tentang seni tari dari daerah lainnya dibawah ini !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page