10 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog Hingga 500%

5 min read

materi seo

Cara Ampuh Mendatangkan dan meningkatkan visitor atau pengunjung blog hingga ribuan bahkan sampai ratusan ribu dalam sehari – Dalam dunia Bloggger hal yang paling sering di pikirkan oleh blogger pemula adalah pengunjung. Seberapa besar pengunjung yang didaptkan dalam setiap harinya menjadi patokan kesuksesan seorang blogger tersebut dalam dunia blogger.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Kenapa saya katakan seperti itu ? Dalam dunia tulis menulis di media Blog itu bisa dikatakan gampang-gampang susah. Dikatakan gampang jika kita tidak mengerti strateginya tentu akan terasa sulit bahkan tak sedikit blogger pemula yang putus asa ngeblog dikarenakan pengunjung blognya itu sedikit atau sepi. Paling ada view di laporan statistiknya dikarekana hasil di buka sendiri bukan dari pengujung orang lain.

Ada beberapa orang yang curhat, sudah hampir 2 bulan ngeblog tetap saja trafik masih zonk, padahal setiap minggu selalu update artikel. Bahkan artikel yang ditulis juga panjang lebih dari 600 kata.

Perlu teman-teman ketahui, bahwa ngeblog itu bukan hanya berpatokan pada kuantitas sebuah artikel atau jumlah kata artikel, tetapi juga ada teknik tersendiri, dalam dunia blogger disebut dengan Teknik SEO.

Apa itu SEO ?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya adalah bagimana cara kita dalam memaksimalkan mesin pencari yang ada di Internet untuk kita pergunakan sebagai media mendatangkan trafik.

Sebenarnya sumber trafik yang baik adalah dari Google Search, karena kita di Indonesia lebih sering menggunakan Google Search ya walaupun ada mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing, Amazon dan lainnya. Ditambah lagi kita ngeblog berpartner dengan Google Adsense yang mana berpengaruh terhadap nilai Cost Per Clicknya (CPC).

Jadi buat kalian sobat nesia yang baru terjun kedunia Blogger maka bisa menyimak cara ampuh ini. Apalagi cara-cara ini sudah saya buktikan dan sudah banyak dilakukan oleh mastah SEO serta blogger yang lainnya.

Disini saya akan memperkenalkan terlebih dulu beberapa istilah dalam dunia SEO yaitu ada dua Teknik yang sering digunakan : SEO Off Page dan SEO On Page. Kedua teknik ini mempunyai cara-cara tersendiri lagi yang terdapat sub pembahasan, kali ini saya akan mencoba untuk menjelaskannya secara singkatnya.

Teknik SEO On Page dan Off Page

  • SEO On Page adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mendatangkan trafik dari dalam situs.
  • SEO Off Page adalah sebuah teknik yang dilakukan untuk mendatangkan trafik dari luar situs.

Teknik SEO On Page

1.# Judul Artikel dan Keyword (H 1 , H2 H3 )

Untuk mendongkrak viistor atau pengunjung blog tahapan yang pertama untuk dilakukan adalah bisa menentukan judul artikelnya. Setelah judul artikel sudah ditentukan maka langkah selanjutnya adalah riset Keyword.

Kenapa kita harus riset keyword ? Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa banyak pengunjung harian yang mencari dengan judul artikel yang kita bidik tersebut. Adapun untuk media riset keyword yang gratis saya rekomendasikan sobat menggunakan Ubersuggest saja. Tapi kalau sobat ingin akurat maka bisa menggunakan ahrefs.

Dalam penggunaan Heading juga penting untuk teknik SEO On Page. Pada sejatinya tulisan itu mempunyai struktur. Seperti Tag : H1 itu adalah Judul, H2 itu adalah bagian dari Sub Judul, atau Sub Heading, H3 itu bagian dari Sub Sub Heading dan seterusnya sampai H6. Namun disini saya lebih suka menggunakan H1, H2, H3.

Janganlupa buat judul artikel yang menarik untuk di klik pengujung, sertakan juga jumlah bilangan jika itu artikel trik atau tutorial.

2# Niche Artikel dan Persaingan

Setelah langkah yang pertama sudah selesai dilakukan maka tahapan yang kedua adalah melihat pesaing. Ketikan judul artikel yang sudah kita bidik tersebut ke kolom google serach, lihat situs apa saja yang nongol di halaman pertama Google.

Jika situs tersebut adalah situs besar seperti Corporation maka dalam hal ini saya sarankan sobat untuk membidik keyword yang lainnya, agar artikel yang sobat buat nantinya bisa tembus di halaman pertama google search.

Untuk melihat kualitas persaingan bisa sobat menggunakan Ubersuggest, tutorialnya banyak di YouTube dan di Google.

3# Kuantitas dan Kualitas litas artikel

Tahapan yang ketiga yang tak kalah penting adalah Kuantitas dan kualitas artikel. Karena untuk sekarang ini persaingan di kanca SEO semakin berat maka tidak hanya kualitas saja melainkan kuantitas artikel juga perlu di perhatikan.

Kuantitas di sini adalah jumlah banyaknya kata. Jika pesaing yang ada mereka menerbitkan dalam satu judul artikelnya 1.000 kata maka dalam hal ini agar artikel yang baru kita terbitkan mampu bersaing dengan artikel lama mereka kita harus menerbitkan artikel minimal 1.500 kata.

Selain jumlah artikel yang banyak juga kualitas artikelnya kita harus perhatikan. Dalam seni tulis menulis artikel di blog, kita menyajikan tulisan kepada manusia bukan kepada robot, oleh karenanya tulisan panjang tetapi pembahasannya mudah di pahami dan tidak terbelit-belit.

Jadi, semakin lama pengujung membaca artikel kita maka hal ini semakin mudah artikel kita nongol di halaman pertama mesin pencari google, karena robot google akan mendeteksi seberapa lama pengunjung tersebut tetap stanby di artikel yang kita sajikan.

4# Link Building / Backlink Internal

Teknik yang ke 4 adalah memanfaatkan Link Buliding internal. Dalam hal ini biasanya saya menyebutnya dengan backlink internat.

Kenapa disebut dengan backlink internal ? Karena, dalam tenisnya, kita menanamkan link yang bersumber dari situs itu sendiri. Jadi link artikel dengan link artikel lainnya yang masih dalam satu situs ada keterkaitan. Sedangkan untuk backlink eksternal akan saya uraikan di teknis SEO Off Page.

5# Loading Template / Theme

Tak kalah pentingnya adalah sebuah Template atau Theme yang kita pergunakan. Apabila template yang kita gunakan pada blog mempunyai nilai skor kecepatan yang sangat rendah maka hal ini berpengaruh terhadap situs kita di mesin pencari google. Oleh karena itu sebaiknya perhatikan juga jenis template yang kita pergunakan dan cek berapa skor dari kecepatannya. Untuk mengecek kecepatan loading blog bisa menggunakan GTmetrix dan PageSpeed Insight.

6.# Ukuran Gambar Artikel

Tidak lupa pula dengan ukuran gambar pada sebuah artikel. Agar artikel yang sobat terbitkan mampu bersaing dengan mudah dan ketika judul artikel di klik oleng pengunjung blog sobat nantinya pasti ada loading. Apabila gambar yang sobat pasang di artikel tersebut mempunyai kapasitas tinggi diatas 100 KB maka loading halaman akan terasa lebih lamban dan hal ini juga dapat berpengaruh dalam segi SEO.

Oleh karena itu saya sarankan ketika sobat menerbitkan artikel maka hendaknya memasang gambarnya itu dibawah 100Kb. Saya sarankan gambar tersebut di kompres terlebih dulu agar bisa mendapatkan skor kecil.

Teknik SEO Off Page

1.# Media Sosial

Teknik Off Page yang pertama adalah menggunakan Media Sosial. Jaman sekarang ini kita dapat mendapatkan trafik dengan mudah bermodalkan media sosial. Walaupaun artikel sobat tersebut tidak nongol di halaman pertama pencari google, sobat bisa menshare link artikel tersebut ke gurp-gurp facebook dan WhatsApp.

Apalagi di grup tersebut membernya super aktif seperti grup kaum emak-emak tentu sobat alan dengan mudah bisa mendapatkan tarfik blog. Walaupun hal ini harus dilakukan secara berulang karena trafiknya hanya bersifat sementara, berbeda dengan teknik SEO On Page ini kita tidak perlu repot share link ke media sosial karena kita menggunakan mesin pencari sebagai sumber tarfik utamanya.

2.# Iklan (Google Ads, FB Ads, Twitter Ads dll)

Cara termudah untuk mendatangkan tarfik atau visitor blog yaitu dengan beriklan di media sosial seperti Facebook, Twitter, Google dan situs lainnya. Namun untuk teknik ini hanya bersifat sementara. Kalau status pengiklanan sobat masih panjang tentu sobat akan masih bisa mendapatkan trafik dari media sosial, tapi kalau masa kontrak ngiklan sudah habis maka pengunjung akan turun drastis bahkan bisa kembali ke seperti semua.

3.# Brand Domain atau Situs

Teknik SEO Off Page yang ke tiga adalah membuat sebuah situs yang sudah tenar duluan atau membrandingkan nama situs tersebut ke media sosial atau di pakaian kaos. Seperti bisa di tulis nama situsnya di Poster online, kaos dan media cetak lainnya.

4.# Backlink Eksternal

Kalau dalam teknik SEO On Page ada Backlink Internal maka di dalam teknik SEO Off Page ada teknik Backlink Eksternal. Teknik backlink seperti ini juga masih banyak dilakukan. Tujuannya selain untuk mendatangkan tarfik dari luar blog juga bertujuan untuk meningkatkan Domain Autority dan Page Autority blog kalian.

Maka tak heran, kalau ada orang yang membuka jasa backlink dengan garga yang mahal sampai 1 jutaan per satu backlink. Karena situs yang ditawarkan untuk sumber backlin tersebut situs besar dan mempunyai trafik hingga ratusan ribu dalam seharinya. Contohnya seperti beli backlink di situs Tribunnews, Tirto, Liputan6 dan lainnya.

5. # Berdoa kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa

Segala apapun yang kita rencanakan dan kita perjuangkan maka tidak luput atas kehendak-Nya. Oleh karena itu kalau kita sudah berusaha semampu kita maka janganlupa berdoa dan memohon pertolongan Allah SWT.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa teknik ampuh untuk meningkatkan trafik blog hingga ribuan dalam sehari. Perlu sobat ingat, merintis atau membangun blog itu tidak bisa instan langsung jadi mendapatkan tarfik banyak. Karena dalam membangun blog yang bisa mendapatkan trafik banyak hingga ribuan bahkan ratusan ribu itu butuh proses.

Bahkan untuk prosesnya bisa mencapai 6 bulan – 1 tahun, baru bisa mendapatkan trafik yang stabil bahkan terus meningkat. Untuk bisa mendapatkan trafik yang banyak maka saya sarankan sobat terus update artikelnya dengan ruitn setiap hari, minimal 3 hari sekali update.

Karena Google itu suka dengan situs yang aktif dan mempunyai artikel yang banyak. Selain itu artikel yang diterbitkan di cari banyak orang dan berkualitas. Mungkin hanya ini yang dapat saya sajikan dalam pembahasan kali ini, semoga bisa bermanfaat dan menjadi referensi bagi sobatnesia. Sekian dan sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page