Tari Merak Berasal dari Daerah Pasundan Jawa Barat

1 min read

tari-merak-berasal-dari-pasundan-jawa-barat

Tari Merak Berasal dari Daerah Pasundan Jawa Barat – Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai tarian tradisional dan modern, salah satunya yang ada di tanah Pasundan Jawa Barat. Diantara kalian pasti ada yang sudah mengenal tari merak yang indah mempesona ini. Karena kostum dari si penari merak memang cantik bak bulu burung merak jantan aslinya.

Tari Merak Pasundan Jawa Barat

Walauapun kostum tari merak ini hanya replika saja dengan buru merak aslinya tetapi memang benar sangat indah warna warninya penuh dengan aksesoris yang memukau.

Sesuai dengan judul artikel ini, saya akan membahas tentang tari Merak yang berasal dari Pasundan Jawa Barat meliputi sejarah, filosofi, gerak, kostum dan keunikannya.

Sejarah Tari Merak

Tari Merak ini adalah jenis tari kreasi yang di kenalkan oleh seorang seniman asal Sunda yang bernama raden Tjetjep Soemantri pada tahun 1950-an. Tari merak adalah jenis tari modern atau kontemporer, dimana pada setiap gerakan tariannya diciptakan dengan bebas sesuai kreasi sendiri yang mengambil dasar dari tingkah laku si burung merak.

Tari merak ini bukan tari tradisional ya, tetapi karena tari merak ini memukau dan indah gerakannya maka tari ini mampu menjadi kebanggan masyarakat Pasundan Jawa Barat secara luas.

Gerak Tari Merak

Secara spesifiknya, tari merak ini diambil dari tingkah laku si burung merak jantan dimana ketika burung merak janta sedang memikat burung merak betina. Biasanya ada sebuah aksi atau gerakan dari burung merak jantan untuk memikat burung merak betina dengan memperlihatkan ke indahan bulu ekornya.

Pada seni pertunjukkan Tari Merak dilakukan secara berpasang-pasangan. Se iring berkembangnya jaman tarian ini mengalami perbuahan gerak dari aslinya. Setiap penari tari Merak mempunyai perannya masing-masing dimana ada penari yang berperan sebagai burung merak jantan dan burung merak betina.

Adapun iringan musik dari tari merak ini bernama Gendang Macan Ucul. Iringan musik gamelan ini sebagai tanda bagi para penari dalam menggerakkan tubuhnya dengan lemah gemulai layaknya perilaku burung merak dalam kehidupan sehari-hari. Gerakan ini dilakukan dengan sangat indah dan mempesona.

Tari merak ini biasanya di pertunjukkan pada acara Festival, penyambutan tamu kehormatan dan acara tingkat nasioanl dan internasional. Karena tari merak ini sangta istimewa yang dapat memikat hati penonton.

Karakterikstik Tari Merak

Tari merak ini memiliki keunikan tersendiri dari jenis tari yang lainnya. Hal ini dapat di lihat dari gerakan penari, properti yang digunakan, serta penyajiannya. Adapun keunikan dari tari Merak ini diantaranya sebagai berikut ;

Kostum Tari Merak

Untuk kostum tari merak ini sengaja didesain seperti tubuh burung merak yang lengkap dengan bulu-bulunya. Dimana dalam penggunaan waran ini seperti bulu burung merak yaitu ada warna biru, hijau dan hitam.

Kostum yang dikenakan juga dilengkapi dengan sepasang sayap yang dapat di kepakkan atau dikembangkan. Untuk bagian kepala penari ada juga sebuah mahkotanya.

Filosofi Tari Merak

Dimana tari merak ini identik dengan pendekatan sang Jantan kepada Betina maka dalam kehidupan masyarakat, tari merak ini ditarikan saat penyambutan pengantin pria ke pelaminan pada acara upacara pernikahan adat Pasundan.

Akhir Kata

Itulah sejarah dan segala keindahan dari Tari Merak yang berasal dari Pasundan Jawa Barat. Semoga pembahasan pada kesempatan ini dapat bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan bagi sobatnesia.

Janganlupa kunjungi situs Rumbelnesia setiap hari, karena kami akan menyajikan ulasan yang menarik dan menambah wawasan sobat semua. Sekian dan sampai jumpa di pembahasan seni tari yang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page