Gambaran Interaksi Antarpelaku Ekonomi

1 min read

Gambaran Interaksi Antarpelaku Ekonomi. Interaksi manusia dalam kegiatan ekonomi dapat dilihat dari segi mikro dan makro. Dari segi mikro, kita dapat melihat interaksi antarmanusia dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Dalam interaksi ekonomi mikro ini tampak interaksi antara produsen dan konsumen. 

Produsen berperan menyediakan barang dan/atau jasa. Konsumen berperan mengonsumsi barang dan/atau jasa dengan mengeluarkan pengorbanan tertentu. Interaksi ini akan memunculkan arus diagram kegiatan ekonomi secara sederhana.

Gambaran Interaksi Antarpelaku Ekonomi



Dilihat dari segi makro, interaksi manusia dalam kegiatan ekonomi mencakup wilayah lebih luas. Tidak hanya mencakup satu negara, ekonomi makro melibatkan penduduk negara lain. Interaksi inilah yang mendorong terjadinya perdagangan internasional. Perdagangan internasional dipengaruhi motif untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. 

Selain itu, perdagangan internasional muncul sebagai dampak globalisasi ekonomi. Interaksi inilah yang semakin meningkatkan ketergantungan suatu negara terhadap negara lain. Negara berkembang dan/atau negara maju mempunyai ketergantungan terhadap negara lain. Ketergantungan antarnegara dapat dilihat dalam bidang ekonomi ataupun bidang kehidupan lain.
Contoh interaksi ekonomi yang bisa kita pelajari seperti aktivitas di pelabuhan peti kemas yang menggambarkan interaksi ekonomi antarnegara dalam bentuk ekspor impor.
Saat ini setiap kegiatan ekonomi negara berkembang, termasuk Indonesia, sangat bergantung fluktuasi pasar dunia. Jika fenomena ketergantungan dibiarkan terus-menerus, keadaan perekonomian di dalam negeri bisa terganggu.

Ketergantungan dapat berpengaruh terhadap strategi pembangunan ekonomi suatu negara. Ketergantungan ekonomi sulit dihindari pada era globalisasi. Akan tetapi, yang penting adalah bahwa suatu negara harus dapat memperoleh keuntungan atas ketergantungan ekonomi di dunia. Selain itu, suatu negara perlu “belajar” pengelolaan ekonomi dari negara maju agar tingkat pertumbuhan dan pembangunan ekonomi negaranya terus meningkat. 

Apakah sebagai negara berkembang Indonesia harus terus bergantung kepada negara lain? Tidak! Indonesia harus mampu memanfaatkan ketergantungan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Kondisi ini dapat terwujud jika tercipta sinergi antara masyarakat, pelaku usaha dalam negeri, dan pemerintah dalam meningkatkan daya saing di tengah pesatnya arus globalisasi ekonomi.

Masalah ketergantungan ekonomi membahas tentang interaksi antara konsumen dan produsen dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya itu, permasalahan ekonomi pokok modern dan penentuan biaya peluang juga menjadi kajian dalam masalah ini. Dalam lingkup lebih luas, masalah hubungan ekonomi antarnegara juga dikaji dalam masalah ketergantungan. Pembahasan masalah ketergantungan ekonomi menggambarkan interaksi antarpelaku ekonomi, baik dalam lingkup regional maupun internasional.

Bagaimana konsep ketergantungan dalam kajian ilmu ekonomi? Untuk mengetahui esensi dari konsep ketergantungan, simak dan pelajarilah dengan saksama materi-materi selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page