Keunikan Rumah Adat Kalimantan Selatan

1 min read

Keunikan Rumah Adat Kalimantan Selatan Yang Perlu Kamu Ketahui Dan Pelajari! Kalimantan selatan adalah provinsi yang ada di Indonesia dengan luas wilayah 2.400 km2. Dimana jumlah penduduk yang ada di provinsi Kalimantan selatan sendiri adalah sebanyak 376.647 jiwa dan kepadatan dari jumlah penduduknya mencapai 92.067 jiwa setiap km2. Jika kamu berkunjung ke Kalimantan selatan maka juga akan dinikmati adanya rumah adat yang menjadi hasil budaya dari suku yang ada disana. Dimana memang pada dasarnya di Kalimantan selatan sendiri terdapat beberapa jenis rumah adat yang tersedia.
 
 
Nah, didalam kesempatan ini akan di review beberapa rumah adat Kalimantan selatan yang hingga saat ini masih bisa dinikmati keunikannya. Dengan adanya informasi yang disampaikan maka akan membantu kamu mendapatkan keuntungan tersendiri nantinya. Dimana akan didapatkan pengetahuan mengenai bentuk kebudayaan dari suku yang ada di Kalimantan selatan dilihat dari rumah adatnya. Sehingga penting bagi kamu agar menyimak informasi dibawah ini mengenai beberapa review tentang rumah adat yang ada di Kalimantan selatan.
 
Dibawah Adalah Review Rumah Adat Kalimantan Selatan Yang Hingga Kini Masih Ada yaitu :

Rumah Bubungan Tinggi

 
Salah satu jenis rumah adat yang ada di Kalimantan selatan sendiri adalah rumah bubungan tinggi yang menjadi satu tipe rumah tradisional yang bisa ditemukan disana. Rumah bubungan tinggi tersebut tentunya memiliki atap yang menjulang tinggi dan pada awalnya rumah tersebut hanya dimiliki oleh kesultanan Kalimantan selatan. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu banyak warga yang kemudian meniru gaya bangunan dari rumah kesultanan tersebut. Dan hingga kini rumah bubungan tinggi sendiri menjadi salah satu ciri khas dari rumah yang digunakan oleh masyarakat banjar.


Rumah ba’anjung gajah baliku

 
Selain itu juga ada rumah adat Kalimantan selatan yang lainnya dan hingga kini masih tetap di lestarikan yaitu rumah ba’anjung gajah baliku. Pada dasarnya rumah adat ba’ajung baliku sendiri merupakan salah satu dari jenis rumah tradisional suku banjar yang ada di Kalimantan selatan. Dulunya pada jaman kesultanan sendiri rumah adat yang satu ini digunakan sebagai tempat tinggal dari warit raja yaitu keturuan garis pertama atau bubuhan para gusti. Dimana biasanya yang menempati rumah ba’anjung gajah baliku sendiri adalah para calon pengganti sultan jika nantinya terjadi sesuatu pada kesultanan. Keunikan dari rumah adat yang satu ini adalah adanya atap yang memakai konstruksi kuda kuda yang disebut juga sebagai atap gajah.


Rumah tadah alas

 
Selain dua bentuk diatas salah satu rumah adat lainnya yang ada dan menjadi hasil budaya suku Kalimantan selatan adalah rumah tadah alas. Pada dasarnya rumah tadah alas menjadi sebuah pengembangan dari balai bini yaitu adanya penambahan satu lapis atap perisai di paling depan. keunikan dari rumah tadah alas sendiri adalah adanya atap kanopi yang menjadi perisai dan juga terdapat dua buah anjung secara simetris yang tersedia. Rumah tadah alas sendiri memiliki ruangan yang cukup lebar untuk bisa digunakan sebagai tempat menerima tamu dan juga perkumpulan yang diadakan.
 
Mungkin hanya itu saja yang bisa disampaikan mengenai review dari rumah adat Kalimantan selatan yang pastinya dapat di jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Semoga informasi diatas dapat menjadi sebuah tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi kamu untuk lebih tahu mengenai rumah adat di Kalimantan selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page