Keunikan Rumah Adat Sumatera Utara

1 min read

Review Keunikan Rumah Adat Sumatera Utara Yang Penting Di Jadikan Pembelajaran! Indonesia adalah salah satu negara yang kaya akan kebudayaan yang dimilki. Bahkan Indonesia sendiri menjadi negara dengan jumlah penduduk yang paling banyak nomor 4 di dunia saat ini tentunya. Salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan berada diluar pulau jawa tentunya adalah sumatera yaitu sumatera utara. Sumatera utara sendiri adalah sebuah provinsi dengan jumlah penduduk lenij dari 13.937.797 jiwa saat ini. Batak sendiri merupakan sebuah suku yang ada di sumatera utara dan dibagi menjadi beberapa sub lagi yaitu toba, koro, simalungun, angkola,pakpak, serta medailing.
 

Rumah Adat Sumatera Utara Yang Penting Di Jadikan Pembelajaran

Pada dasarnya bentuk kebudayaan suku batak yang ada di sumatera utara sendiri hingga saat ini bisa dilihat dan dinikmati salah satunya dengan adanya rumah adat yang masih ada. Dan hingga saat ini ada beberapa rumah adat sumatera utara yang masih terus di lestarikan dan juga di kembangkan sebagai hasil budaya suku badak. Dan pastinya masing masing rumah adat tersebut memiliki keunikannya masing masing yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Sehingga menjadi penting bagi kamu untuk menyimak informasi terkait dengan beberapa rumah adat yang khas dari sumatera utara.
 
Berikut Adalah Review Rumah Adat Sumatera Utara Beserta Keunikannya :
 

Rumah adat bolon

 
Berbicara mengenai rumah adat bolon tentunya kita akan mengarah pada sub suku batak toba yang ada di sumatera utara. Dimana rumah bolon sendiri sering dikatakan sebagai rumah balai batak toba dan kini telah diakui sebagai perwakilan rumah adat di sumatera selatan. Rumah adat bolon sendiri berbentuk persegi panjang dan masuk kedalam kategori rumah panggung karena dibawah kolong rumah akan dijadikan kandang hewan. Dulunya rumah bolon sendiri menjadi rumah bagi 1 3 raja batak dan seiring berkembangnya waktu maka saat ini juga digunakan oleh masyarakat. Keunikan dari rumah adat bolon adalah atap yang mirip seperti pelana kuda dan juga dinding yang pendek serta dilengkapi anyaman sebagai penghias rumah.
 

Rumah adat karo

 
Selain itu tentunya salah satu rumah adat sumatera utara lainnya yang ada adalah sumah adat sub suku batak karo atau bisa dikatakan sebagai rumah adat siwaluh jabu. Rumah siwaluh jabu sendiri memiliki arti bahwa di huni oleh delapan keluarga dan masing masingnya memiliki peranan didalam keluarga. Rumah karo sendiri di huni oleh sebuah keluarga besar yang terdiri dari mulai empat hingga 8 kepala keluarga didalamnya. Dan didalam rumah sendiri tidak akan di temukan sekatan pemisah karena menjadi satu ruangan lepas. Setiap orang yang akan menempati posisinya didalam sebuah rumah tentunya akan sesuai dengan adat suku batak dalam menentukannya.
 

Rumah adat pakpak

 
Selain dua bentuk rumah adat diatas yang bisa di temukan di sumatera utara tentunya juga tersedia rumah adat pakpak. Rumah adat pakpak sendiri memiliki bentuk yang begitu khas serta terbuat dari bahan kayu dan juga atap yang berasal dari ijuk. Adapula bagian bagian rumah yang ada pada suku pakpak seperti yang lainnya sesuai dengan adat dan kebudayaan suku batak. Rumah adat suku pakpak sendiri biasanya disebut sebagai jerro dan bentuknya hampir sama dengan yang lain yaitu adanya tangga dan juga tiang penyangga.
 
Itu saja yang bisa disampaikan berkaitan dengan review rumah adat sumatera utara yang pastinya dapat di jadikan sebagai tambahan pengetahuan. Semoga informasi diatas dapat menjadi sebuah tambahan pengetahuan yang bermanfaat bagi kamu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page