Keunikan Rumah Adat Jawa Barat

1 min read

Review Keunikan Rumah Adat Jawa Barat Yang Perlu Untuk Kamu Ketahui! Pada dasarnya Indonesia sendiri terdiri dari banyak suku yang ada didalamnya. Adanya banyak suku yang ada di Indonesia tentunya akan membuat lebih beragamnya kebudayaan yang bisa di temukan. Berbicara mengenai kebudayaan yang ada di Indonesia tentunya rumah adat sendiri menjadi salah satu bentuk dari adanya kebudayaan yang ada di negara ini. Seperti misalnya adanya rumah adat jawa yang dikenal dengan sebutan rumah joglo dengan ciri khas yang dimiliki.
 

Rumah Adat Jawa Barat

 
Pada dasarnya ada banyak sekali beragam bentuk dan ciri khas dari rumah khas dari jawa yang kini sudah tersedia dan bisa dinikmati keindahannya. Salah satunya adalah rumah adat jawa barat yang menyimpan banyak filosofis didalamnya. Rumah adat yang khas dari jawa barat sendiri terkenal dengan adanya budaya sunda yang kental didalamnya. Rumah adat yang khas dari jawa barat sendiri memiliki banyak sekali nama dan juga rupa yang tergantung pada desain yang di tampilkan. Dan pastinya masing masing rumah adat tersebut memiliki keunikan tersendiri yang perlu untuk dipahami sebagai sebuah pembelajaran dan juga tambahan pengetahuan.
 
Berikut Nama Rumah Adat Jawa Barat Yang Hingga Kini Masih Ada :
 

Imak badak heuay

 
rumah imak badak heuay
Salah satu jenis rumah adat yang khas dari jawa barat dan hingga kini masih ada serta bisa dinikmati keindahannya adalah imak badak heuay. Pada dasarnya rumah adat yang satu ini memiliki makna tersendiri yaitu badak yang sedang menguap. Ada ciri khas dari rumah adat yang satu ini yaitu bagian atap yang di lengkapi dengan desain yang hampir mirip dengan rumah tagog anjing. Pada bagian belakang runah jika melewati bagian tepiannya maka akan tampak mirip dengan badang yang sedang menguap. Ada estetika tersendiri yang bisa dinikmati dari tampilan rumah adat yang satu ini.
 

Imah julang ngapak

 
 
Rumah imah julang ngapak
Selain itu tentunya salah satu rumah adat jawa barat lainnya yang kini memiliki keunikan tersendiri adalah imah julang ngapak. Ada makna tersendiri dari adanya bentuk rumah adat yang satu ini yaitu seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Rumah ini tentunya di desain menyerupai burung yang mengepakkan sayapnya karena digunakan agar air hujan tidak merembes kedalam rumah. Uniknya lagi tentunya atap rumah adat imah julang ngapak sendiri terbuat dari nahan rumbia yang diikat pada kerangka atap bambu. Rumah adat yang satu ini hingga saat ini masih dapat di jumpai di daerah tasikmalaya.
 

Imah jolopong

Rumah imah jolopong
 
Selain dua jenis rumah adat diatas tentunya bentuk yang lainnya dari jawa barat adalah imah jalopong yang menjadi rumah adat paling populer saat ini. Rumah adat yang satu ini hingga saat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat jawa barat dan yang lainnya sebagai tempat tinggal. Adanya atap yang membentuk segitinga sama kaki tentunya menjadi ciri khas tersendiri dari rumah adat khas jawa barat yang satu ini. Nah, yang menjadi keunikan serta ciri khas dari rumah adat yang satu ini adalah suhunan yaitu desain rumah yang tersusun dan hingga saat ini masih banyak digunakan di daerah garut.
 
Mungkin itu saja yang bisa disampaikan mengenai beberapa rumah adat jawa barat yang kini dapat kamu jadikan tambahan pengetahuan. Semoga informasi diatas dapat menjadi pengetahuan yang bermanfaat untuk kamu dapatkan tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page