Rumah Adat Sulawesi Selatan

1 min read

Rumah Adat Sulawesi Selatan

Rumah Adat Sulawesi Selatan Dan Berbagai Keunikan Yang Dimiliki! Sulawesi adalah salah satu provinsi di Indonesia dengan adanya suku dan kebudayaan yang khas. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada dasarnya di Sulawesi sendiri kita dapat menemukan berbagai macam adat dan juga kebudayaan masyarakat setempat. Dan salah satu bentuk dari kebudayaan yang ada di wilayah Sulawesi dapat dilihat dari adanya rumah adat yang dimiliki tentunya. Sehingga kita perlu untuk sama sama mengetahui apa saja rumah adat yang tersedia di wilayah Sulawesi

Keunikan Rumah Adat Sulawesi Selatan

Sulawesi sendiri dibagi menjadi beberapa bagian wilayah yang salah satunya adalah bagian Sulawesi selatan. Tentunya di wilayah Sulawesi selatan sendiri kamu akan mendapatkan berbagai macam rumah adat yang tersedia dan memiliki ciri khas masing masing. Dan didalam pembahasan kali ini kamu akan diberikan penjelasan lengkap berkaitan dengan beberapa rumah adat yang ada di Sulawesi selatan. Serta juga adanya berbagai macam keunikan yang ada pada masing masing rumah adat yang bisa di kunjungi di wilayah Sulawesi selatan. Untuk itu maka simaklah penjelasan dibawah ini mengenai rumah adat Sulawesi selatan yang kini dapat dinikmati keunikannya.  

Dibawah Ini Adalah Rumah Adat Sulawesi Selatan

Salah satu rumah adat yang ada di Sulawesi selatan yang bisa kamu nikmati keunikannya adalah rumah adat khusus suku bugis. Rumah adat yang satu ini tentunya menjadi salah satu bentuk budaya yang bisa dinikmati dari suku bugis.

Dimana didalam rumah adat yang satu ini terdapat keunikan berupa adanya ornament dari pengaruh budaya tradisional dan juga kebudayaan agaman islam. Dimana rumah adat suku bugis sendiri akan selalu menghadap ke kiblat dan yang menjadi keunikannya adalah dalam pembangunannya tidak dibutuhkan paku. Dimana paku sendiri digantikan fungsinya oleh besi ataupun kayu.  

Rumah adat suku Makassar  

Selain itu tentunya juga ada rumah adat Sulawesi selatan lainnya yang hinggi kini dapat dinikmati keunikannya yaitu pada rumah adat suku Makassar. Rumah adat satu ini sering disebut sebagai balla dimana terdapat panggung yang cukup tinggi dengan ukuran hingga 3 meter dan juga ada penyangga pada bagian belakang dan samping.

Tentunya rumah adat suku Makassar sendiri akan disesuaikan dengan strata sosial yang dimiliki oleh pemilik rumahnya. Dan hal tersebut dapat diketahui dari adanya ukuran hingga tanda yang ada diatap puncak yang sering disebut sebagai timbaksela. Dimana adanya timbaksela sendiri biasanya digunakan untuk membedakan antara keturunan bangsawan yang ada di Makassar atau tidak dari susunan yang ada.    

Rumah adat suku toraja  

Selain itu tentunya kamu juga bisa menikmati rumah adat suku toraja saat mengunjungi provinsi Sulawesi selatan yang memiliki berbagai filosofis menarik didalamnya. Tentunya rumah adat suku toraja sendiri disebut dengan nama tongkonan yang pastinya memiliki keeratan dengan pusat agama mereka. Dimana pada dasarnya tongkonan sendiri terbuat dari adanya kayu yang di tumpuk lalu diukir dengan warna kuning, hitam, serta merah. Rumah adat suku toraja sendiri khas dengan adanya panggung dengan tiga bagian utama yang ada pada tongkonan.   Itu saja yang kini dapat disampaikan mengenai beberapa rumah adat Sulawesi selatan yang perlu diketahui beserta juga keunikan yang dimiliki. Semoga informasi diatas dapat menjadi sebuah pengetahuan yang memberikan tambahan wawasan bermanfaat bagi kamu nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page