ISLAM DAN IMAN

1 min read

ISLAM DAN IMAN – Allah berfirman dalam Al-Quran :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا اتَّقُوا اللّٰهَ حَقَّ تُقٰىتِهٖ وَلَا تَمُوْتُنَّ اِلَّا وَاَنْتُمْ مُّسْلِمُوْنَ

Hai orang-orang yang beriman bertaqwalah kepada Allah dengan sebenar-benarnya taqwa, dan janganlah sekali-kali engkau mati kecuali dalam keadaan beragama islam {Surah Ali Imran : 102}

Islam terdiri dari keimanan dan amal sholeh. Kita selalu menemukan dua hal tersebut dalam kitab suci al-quran. Hal ini berarti bahwasannya, dalam pandangan Allah, iman tanpa amal tidak bermanfaat. Begitu juga, amal shaleh tidak bisa berubah tanpa iman yang benar, karena iman merupakan cara fikir. Jika kalian berfikir dengan cara yang salah, maka kalian juga akan berbuat dalam jalan yang salah. Oleh karena itu, iman berarti pengetahuan yang benar, keyakinan yang benar, dan pemikiran yang benar.

Barang siapa yang mengikuti rasul akan menjadi baik, dan barang siapa yang tidak mengikuti perintah-perintah Allah dan tauladan rasul yang baik, maka mereka akan di dalam jalan yang salah dalam kehidupannya. Karena tujuan manusia diciptakan yang paling utama adalah untuk beribadah kepada Allah Swt. Menjalankan segala perintah-perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Jadi dalam islam amal merupakan suatu hal yang sama pentingnya dengan iman dan islam. Iman semata tidak akan ada gunanya, tidak ada seorangpun yang mengatakan bahwa iman semata dapat menyelamatkannya. Iman akan membantu siapa saja yang berbuat kebajikan. Dalam islam tidak ada perbedaan amaliah keagamaan dan amaliah duniawi, bagi kehidupan seorang muslim hidup hanyalah untuk beribadah. Semua kewajiban-kewajiban dunia, jika ia kerjakan dengan jujur dan bertujuan untuk medapatkan ridha Allah, merupakan amaliah keagamaan.

Maka, seluruh amal shaleh walaupun di dunia ini hanyalah untuk Allah. Ini berarti bahwa apa yang kita kerjakan hanyalah untuk Allah dan seluruh apa yang kita kerjakan hanyalah untuk Allah. Jadi kita sebagai umat muslim harus berbuat sebaik-baiknya dalam kehidupan kita. Kita harus berusaha maksimal untuk mendapatkan hal apapun dari yang baik demi mencari ridha Allah Swt. Insya Allah kita akaan mendapatkan kehidupan yang baik, sebagaimana dijanjikan oleh Allah dalam kitab suci Al-Qurannya :
مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهٗ حَيٰوةً طَيِّبَةًۚ وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Barang siapa yang mengerjakan amal shaleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baikdari apa yang telah mereka kerjakan. {Surah An-Nahl 97}

Sudah jelas dalam ayat tersebut siapapun yang selalu mengerjakan amal shaleh dan kebaikan karena Allah Swt, maka hidupnya akan diberikan ketentraman dan selalu disertai kebaikan. Maka jangan pernah bosan untuk mengerjakan amal shaleh karena semua perbuatan baik pasti akan ada balasannya. Jika di dunia kita merasa tidak medapatkan balasan terbaik dari manusia jangan khawatir Allah pasti akan membalasnya di akhirat nanti dengan berlipat pahala jika kita mengerjakan hal baik dan amal shaleh dengan iklas karena allah swt.

Berhentilah haus akan pujian dari manusia karena semua itu hanyalah sementara, dan sadarilah bahwa Allah lah yang maha kuasa dan perkasa atas segalanya.

Ditulis Oleh: Ela Hayati (mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.