Apasih pentingnya Pandai Ber Bicara?

1 min read

Berbicara adalah cara Berkomunikasi


Berbicara adalah cara Berkomunikasi. Kita secara tidak sadar menyadari kalau di kehidupan ini yang paling penting adalah berbicara. Tanpa adanya skill tidak mungkin ada orang yang menyadari gagasan atau idea dari orang lain.

Apasih pentingnya Pandai Ber Bicara?

Misalnya saat kita berada dalam sebuah forum tertentu atau kelompok dan kita tidak bisa bebicara dengan benar maka maksud atau apa yang ingin kita sampaikan pasti sulit untuk di mengerti oleh orang lain. Tanpa kita sadari, sejak kita lahir kita udah di tuntut oleh semesta untuk bisa bicara. Pertanda seorang bayi itu bertumbuh adalah ketika dia bisa berbicara.

Semesta memaksa kita untuk turut adil dalam Bekomunikasi, Berkomunikasi dengan orang tua,sahabat,teman dan orang asing. Semua harus di mulai dengan Berkomunikasi. Di lingkup sosial pun, jika seseorang ingin bersosialisasi maka ia pun harus pandai berbicara, terkadang ada tetangga yang di sapa hanya mengangguk saja, sebenarnya bukan niatan untuk ngk membalas sapaan tapi ia hanya tidak berani untuk bebicara.

Di dunia kerja, mau itu profesi apapun yang tidak bisa bicara atau berkomunikasi dengan baik bakalan di anggap bodoh dan tidak paham atas apapun padahal dia tau hanya saja tidak pandai mengutarakan nya.

Seorang dosen pasti akan disegani oleh para mahasiswa kalau dia pandai dalam berkomunikasi. Pekerja sales pasti bakalan cepat laku jualan nya kalau dia pandai berbicara. Seseorang akan tau apa yang kita rasakan atau kita alami kalau kita menyampaikan nya mau ngk mau yaa kita harus tau berbicara.

Bericara membuat kita di segani

Tidak heran banyak orang sukses di luar sana yang jago berbicara. Kelihatan banget wibawanya kalau saat berbicara. Ada salah satu quots dai Brian tracy “Komunikasi adalah sebuah keterampilah yang dapat kamu pelajadi. Belajar komunikasi itu seperti mengendarai sepeda atau mengetik. Jika kau mau mengerjakannya, kau akan dapat mengubah kualitas dari semua bagian hidupmu”.

Seorang yang pandai berbicara bisa memberikan solusi yang baik kepada temannya yang lagi mencari solusi. Dia pun bisa menemukan jawaban dari masalah apapun dan baik dalam menyampaikan nya.

Cara Ampuh menjadi Pribadi yang pandai Berbicara

Tentu menjadi pribadi yang pandai berbicara adalah impian hampir semua manusia. Oleh sebab itu si penulis punya tips untuk kalian yang pengen pandai berbicara :

1. Percaya Diri

PD ( percaya diri ) adalah yang terpenting dan paling utama dalam berbicara, sebabnya mau kita pandai berbicara pun tapi tidak PD sama aja boong. PD ini akan tumbuh seiring dengan ilmu komunikasi.

2. Literasi

Kenapa literasi itu penting karna ketika kita akan menyamopaikan sesuatu pasti kita berharap orang yang mendengarkan bakalan dapai insait dari setiap apa yang kita bicarakan. Akan terasa berbeda ketika orang hanya bicara ngalur ngidul tapi setiap kata yang dia sampaikan tidak mengandung makna yang baik. Semakin banyak literasi atau buku yang kita baca maka semakin banyak juga kata yang akan kita keluarkan

3. Senyum

Senyum?? Kenapa harus senyum??. Ketika kita ingin bertemu dengan orang harus ramah, harus bersikap baik,sopan, santun dan yang paling penting adalah senyum yang tulus. Kalian pasti pernah menemukan orang yang setiap ber paspasan mukanya itu jutek abis, pasti orang itu pertemanan nya sedikit. Sedangkan orang yang mudah senyum pasti terkenal dan punya banyak teman.

Mulailah dari sekarang kalian belajar gimna cara berkomunikasi dengan baik, ikutilah seminar atau training tentang cara berbicara dengan baik. Sekian….

Ditulis Oleh: Sarah Mardhiyah Abbas (Mahasiswi STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.