jangan salah langkah dalam mengambil keputusan!

1 min read

Pengambilan keputusan dan negosiasi tidak terlepas dari kehidupan kita sebagai manusia setiap hari pasti ada kita dalam mengambil keputusan atau negosiasi baik dalam berkeluarga ataupun bermasyarakat.

Dalam hal ini sangat penting sekali kita mempelajari bagaimana cara pengambilan keputusan dan negosiasi yang baik. Pada artikel ini kita akan membahas satu topik yang penting dalam kehidupan yaitu cara pengambilan keputusan yang baik.

Pengambilan keputusan adalah bagaimana atau cara seseorang mendapat kan hasil atau bagaimana seseorang memperoleh hal yang diinginkan dari banyak hal yang di inginkan.

Dalam hal ini kita harus jeli dan teliti dalam mengambil keputusan, karena dengan ini maka seseorang akan mendapatkan hasil yang baik dan memuaskan. Contohnya ketika seseorang hendak membeli baju atau makan, maka dari itu lihat dulu hal yang pertama harus terpenuhi ketika seseorang dalam kebutuhannya sangat di butuhkan makan maka harus dahulukan dan mengambil keputusan makan karena itu dalam hal ini lihat urgensi atau yang paling penting dan paling yang kita butuhkan, adapun hal yang harus kita tahu ketika mengambil keputusan itu ada step dan caranya yaitu tentang bagaimana mendapatkan yang terbaik.

Berikut ini beberapa langkah

1. Kumpulkan Informasi dan pahami permasalahan. Saat mengambil keputusan kita harus memahami informasi dan dan situasi agar dapat mengambil keputusan yang terbaik, karena dengan banyaknya informasi maka akan banyak dapat hal yang penting untuk mengambil keputusan

2. Batasi opsi kemungkinan yang ada, jadi ketika banyaknya kemungkinan kita harus memberi batasan agar tidak bingung saat mengambil keputusan, ambilah beberapa opsi keputusan yang terbaik.

3. Tanya kepada orang lain yang mungkin lebih berpengalaman ketika kita masih bingung dalam mengambil keputusan maka cara alternatif lainnya kita bisa menanyakan kepada orang yang lebih berpengalaman, karena dengan menanyakan kepada yang berpengalaman kita bisa lebih berpikir jernih lagi atas keputusan kita.

4. Ingat lagi target tujuan kita, ketika kita sudah hampir putus asa dalam mengambil keputusan maka kita harus mengingat kembali apa tujuan dan target kita agar dimana bisa menghasilkan yang terbaik

5. Bayangkan apa yang terjadi ketika kita akan mengambil keputusan bayangkan apa yang terjadi setelah kita mengambil keputusan ini adalah salah satu langkah mengambil keputusan yang terbaik

Dan satu hal yang harus kita ketahui bersama ternyata seseorang mengambil sebuah keputusan kebanyakan dari kita itu di ambil dari alam bawah sadar ini adalah hasil dari penelitan dan ternyata sering kali hasilnya adalah keputusan yang tepat. Jadi teman teman jangan salah ambil keputusan ya.. karena sangat akan mempengaruhi Psikologi kita.

Penulis : Muhammad Luthfi Hibatullah Akhiar

Prodi : Manajemen bisnis syariah (STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.