30 Jenis Kertas dan Manfaatnya Bagi Kamu

4 min read

Jenis-jenis kertas

Jenis Kertas dan Manfaatnya yang Penting Kamu Ketahui – Kertas sudah menjadi salah satu barang yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ukuran kertas juga bervariasi sesuai penggunaan. Dalam kehidupan sehari-hari kertas yang banyak dikenal adalah kertas HVS, kertas coretan dan kertas foto. Padahal kalau dikoleksi masih banyak Jenis kertas lainnya. Kertas sendiri terbuat dari pulp, pulp kertas terbuat dari kayu jadi kertas sebenarnya berasal dari kayu. 

Jenis Kertas dan Manfaatnya

Dalam komunikasi, khususnya komunikasi massa, peran media tidak pernah lepas. Media massa merupakan saluran pesan atau informasi yang ingin disampaikan komunikator kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, media massa berkembang menjadi pusat penyediaan dan penyampaian berbagai informasi yang terjadi di masyarakat. Media massa memiliki peran penting dalam mengekspresikan, mendukung, dan mengakui budaya yang ada di masyarakat.

Dalam perkembangannya terdapat berbagai media komunikasi yang tersebar di masyarakat yaitu media cetak, media elektronik, dan media online (baca juga: berbagai media komunikasi). Komunikasi online saat ini menjadi media yang paling populer, namun media cetak dan elektronik masih tetap bertahan dan populer.

Media cetak adalah media yang ditampilkan dalam bentuk cetakan di atas kertas. Hingga saat ini perkembangan media cetak mengalami kemajuan, baik dari segi media, bentuk, maupun alat teknis dan alat cetak. Contoh media cetak antara lain yang terbuat dari kertas seperti  koran, majalah, tabloid, dan buletin. Pada bagian berikut Ahli Komunikasi menjelaskan pengertian media cetak menurut para ahli.

Jenis-jenis Kertas

Makalah yang berbeda memiliki karakteristiknya masing-masing. Beberapa memiliki permukaan yang halus, beberapa memiliki permukaan yang kasar. Namun secara umum kertas berfungsi sebagai sarana dokumentasi, baik dalam bentuk tulisan maupun gambar. Berikut jenis-jenis kertas:

1. Kertas HVS

Kertas ini memiliki tekstur yang halus, putih dan tipis serta memiliki ketebalan mulai 60gsm, 70 gsm hingga 100 gsm. Kertas HVS termasuk kertas yang biasa digunakan di kantor dan sekolah.

2. Kertas Art Carton

Kertas ini memiliki tekstur yang halus, putih, halus, glossy, dan tebal. Penggunaan Art Carton: untuk kartu nama, sampul buku, sampul majalah, profil perusahaan, poster, sertifikat, kotak produk, undangan dan banyak lainnya. Untuk kartu nama dan sampul buku sangat cocok menggunakan kertas 260 gsm.

3. Cardboard BW

Karton BW memiliki tekstur halus berwarna putih dengan ketebalan 240 gsm. Karton BW cocok untuk menulis menggunakan pulpen seperti kertas HVS, Kegunaan Cardboard BW untuk sertifikat, kartu iuran bulanan, peta, undangan dan lain-lain.

4. Kertas melati

Kertas melati memiliki tekstur yang halus, halus, glossy, dan memiliki partikel emas pada permukaan kertasnya. Kertas melati memiliki banyak varian warna. Kegunaan kertas Jasmine: untuk undangan dan kartu ucapan.

Baca Juga: 30 Jenis Jamur dan Manfaatnya

5. Kertas Concorde

Kertas Concorde memiliki tekstur yang kasar, agak halus, dan permukaannya timbul timbul seperti garis. Kertas Concorde memiliki banyak varian warna yang lembut.

6. Kertas Linen Jepang

Kertas Linen Jepang memiliki karakter yang halus, licin dan memiliki tekstur seperti kain pada permukaan depannya. Kertas ini memiliki ketebalan 240 gsm dan memiliki beberapa varian warna. Penggunaan kertas Linen Jepang: sering digunakan untuk Sertifikat dan Kartu Nama karena permukaan kertasnya seperti kain.

7. Kertas kerbau

Penggunaan kertas kerbau: digunakan untuk sampul volume, dan sebagian untuk map dan kartu iuran.

Apa itu Kertas NCR?

8. Kertas NCR 

memiliki tekstur yang halus dan tipis. NCR berarti non-karbon diperlukan, yang berarti kertas yang tidak memerlukan karbon untuk mencetak duplikatnya. Penggunaan praktisnya memiliki 3 eksemplar kertas yang tidak dapat dipertukarkan secara berurutan. Penggunaan kertas NCR: digunakan untuk catatan, kuitansi, kuitansi, faktur, bagian faktur yang bertindak sebagai bukti transaksi.

9. Kertas Doorslag

Karena ciri kertas Doorslag yang tipis dan murah dan bisa membuat duplikat maka sering digunakan sebagai alternatif kertas NCR.

10. Kertas Buku

Book Paper dengan tekstur agak kasar cenderung halus, kekuningan, ringan dan tipis. Ketebalan kertas mulai dari 55 gsm, 70, dan 90 gsm.

11. Kertas Seni

Kertas art paper memiliki karakter yang lebih mewah, terutama dengan laminasi glossy atau matte.

12. Kertas Bergelombang  atau Kertas kardus

Corrugated artinya bergelombang. 

13. Kertas Blues White

Keunggulannya, kertas BW lebih bagus dalam menampilkan cetakan hasil. Kegunaan kertas BW: sebagai pembeli kertas manila, dengan kesan cetak yang lebih baik.

14. Kertas Asturo

Kertas asturo memiliki garis yang mirip seperti kertas BW, tapi lebih kaku dan kuat. Beberapa daerah mungkin disebut sebagai kertas omega. Kertas asturo Relatif lebih bagus saat digunakan untuk mencetak sebelum kertas manila.

15. Kertas Papan Kuning

Kertas papan kuning memiliki tekstur yang halus dan sangat tebal. Teksturnya yang unik tak bisa dicetak secara offset. Kalau mau, perlu makan dengan duplex atau kertas seni.

16. Art Paper

Art paper memiliki tekstur yang halus, putih, halus, dan glossy dengan ketebalan agak tipis yaitu 120 gsm dan 150 gsm. Penggunaan art paper umumnya digunakan sebagai brosur, poster, isi majalah, bagian konten company profile, dan bagian konten buku yang membutuhkan gambar.

17. Kertas koran

Koran tidak boleh disimpan, dibaca sekali lalu dibuang, kertasnya terbuat dari serat mekanik dan kertas bekas harganya relatif murah,sifat kualitas harus sesuai dengan proses pencetakan dan penggunaannya.

18. Kertas buku teks

Buku umumnya digunakan untuk waktu yang lama, penggunaannya diulang-ulang. Kertas dibuat dengan serat kimia berbagai pilihan. Tebal tapi ringan atau tipis tapi kuat dan buram (kertas alkitabiah)

2 jenis kertas:

Kertas Cetak Tidak Dilapisi :Jenis kertas ini dibuat dengan berbagai tingkat kehalusan sesuai dengan kegunaannya.

Kertas Cetak Dilapisi: Tujuan memberikan pelapis (coating) pada permukaan kertas cetakan

19. Kertas Ivory

Sama seperti kertas Seni, permukaan kertas Ivory terdiri dari bagian yang mengkilap dan mengkilap.  Kegunaan kertas Ivory untuk dijadikan kemasan box yang elegan.

20. Kertas LWC

  • Ringan dilapisi. Digunakan untuk pencetakan offset web. Berat dasar hingga 72 g / m2.
  • Kertas berpelapis Ringan Ringan
  • Kertas berpelapis Sangat Rendah
  • Kertas berlapis dengan berat di bawah 45 g / m Untuk pencetakan offset dan gravure web.

21. Kertas MWC

Kertas berpelapis Berat Sedang. Berat dasar 80-100 g / m2

22. Kertas HWC 

Kertas berpelapis berat. Berat dasar 130– 150 g / m2

23. Kertas Stiker Cromo 

Yaitu stiker yang berbahan dasar kertas dan lebih murah dan cocok untuk label kemasan makanan kering  dan tidak disarankan untuk makanan basah.

24. Kertas tisu

Adalah sejenis kertas kertas krep ringan yang dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti kertas tisu higienis, tisu wajah, handuk kertas dan masih banyak lagi. 

25. Kertas Stiker Vinyl 

Yaitu stiker yang menggunakan bahan dasar vinyl dan memiliki bahan dasar putih serta lapisan mengkilap alias glossy.

26. Kertas Concorde

Adalah jenis kertas berwarna yang sering digunakan untuk mencetak piagam, undangan, kartu nama atau sertifikat.

27. Karton BW

Yaitu kertas putih dengan tekstur kasar, kertas ini banyak digunakan untuk keperluan kartu nama, cover buku, agenda, sertifikat dan lainnya.

28. Kertas Buffalo 

Jenis kertas yang memiliki tekstur kasar dibagian kertas seperti ada serat kayu yang bisa dipegang dengan jelas dan dapat dilihat oleh kasat mata.

29. Kertas manila 

Tergolong cukup halus, tetapi tidak dilapisi apapun. Teksturnya bisa terlihat secara kasat mata, tetapi cukup halus.

30. Kertas Kalkir atau Kertas Minyak

Adalah salah satu produk yang menjadi teman bagi orang yang wajahnya cenderung berminyak. Karena kertas ini digunakan untuk menyerap kelebihan minyak.

Baca Juga: 7 Jenis Plastik dan Manfaatnya

31. Kertas CWb atau Duplex Putih

Kertas Dupleks Putih bervariasi dari 250 gsm sampai dengan 400gsm Kertas tisu , Kertas Seni, Kertas Gading, Kertas tanda pintu, kertas AsturoKertas MattMewah, Kertas NCR , Kertas BC (Brief Card), Kertas GlossyKertas Doorslag, Kertas Buffalo, Kertas Asturo, Kertas Papan, Kertas Concorde, Kertas art atau kertas matte. Demikian informasi tentang 30 Jenis Kertas semoga bermanfaat, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!