Kenali Daun Kelor dan 7 Manfaat Untuk Kesehatan Tubuh

2 min read

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Tubuh. – Belum banyak orang yang mengetahui manfaat dari daun kelor. Jika slama ini anda hanya mengetahui hanya sebagai tanaman hiasan dirumah saja ,dan ternyata tanaman ini mempunyai ragam manfaat terutama bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Kelor

Tanaman kelor atau memiliki nama lain Moringa oleifera merupakan salahsatu jenis tanaman tropis yang mudah dibudidayakan pada pemamfaatan lahan karena tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang intensip,juga tanaman kelor ini mudah dikenali dari ukuran daunya yang kecil.

Selain itu tanaman kelor ini mendapat julukan Tree For Life karena berbagai bagian dari tanaman ini mengandung nutrisi yang baik dan manfaat yang luar biasa,sehingga pemanfaatan kandungan yang sangat luas pada berbagai bidang seperti :pangan,kecantikan,lingkungan dan kesehatan.

Dan pemanfaatan tanaman kelor di Indonesia saat ini sudah mulai beragam mulai dari dibuat sebagai obat-obatan,teh herbal juga sebagai campuran kandungan dalam industry kecantikan.Daun Kelor memiliki nutrisi dan vitamin 7x lebih besar dari pisang,wortel,juga terdapat kandungan antioksidan dalam daun kelor salahsatunya polifenol. Selain itu daun kelor juga mengandung karbohidrat, protein, zat besi, kalium, magnesium, vitamin C, vitamin A, kalsium, dan asam folat, terdapat pula serat, vitamin B, fosfor, tembaga, zink, dan selenium.

Berikut ini adalah 7 manfaat daun kelor untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui :

1. Membantu menurunkan berat badan

Daun kelor juga bagus untuk menurunkan berat badan karena kaya akan serat dan mengandung chologenic acid yang dapat membantu membakar lemak lebih cepat.

2. Mencegah Diabetes

Selain itu daun kelor juga memiliki kandungan asam askorbat yag tinggi sehingga membantu dalam sekresi insulin,dari kandungan seng yang tinggi seperti mineral yang sangat dibutuhkan untuk memproduksi insulin sehingga daun kelor memiliki anti diabetes yang signifikan

Baca Juga: Info Lowongan kerja Terbaru di Lokersiana.com

3. Menyehatkan mata

Daun kelor kering mengandung vitmin A 10 kali lebih banyak dari wortel,sedangkan daun kelor segar mengandung vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel. Daun ini hanya berfungsi sebagai pelengkap nutrisi karena daun kelor mengandung mineral dan nutrisi lain,termasuk antioksidan tinggi yang dapat membantu perbaikan sel,oleh karena itu dapat mendukung pemulihan funsi mata dan tidak cukup untuk memberi khasiat langsung pada mata ketika mengonsumsinya.

Untuk pengobatan luar dapat menggunakan rebusan dari daun kelor untuk membasuh mata yang sedang sakit atau juga dengan cara lain yaitu : Pertama-tama,siapkan 3 tangkai daun kelor,kemudian tumbuklah,lalu masukan ke dalam segelas air dan aduklah,setelah itu diamkan sampai mengendap,apabila sudah mengendap maka air tersebut dapat dijadikan obat tetes untuk mata.

4. Mengurangi proses peradangan

Peradangan atau inflamsi adalah respon natural tubuh terhadap infeksi atau cedera tubuh dan ekstra daun kelor ini diyakini memiliki kandungan zat yang bisa membantu mengurangi inflamasi pada tubuh atau antiinflamasi yang bernama isothiocyanate . Peradangan ini dapat berlansung kronis dan meningkatlkan risiko berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung dan kanker.Akan tetapi penelitian mengenai efek antiinflamasi masih butuh penelitian lebih lanjut pada manusia.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Daun kelor juga memiliki kandungan kalium,dan kandungan ini dipercaya sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah sekaligus menjaga tekanan darah tetap stabil,sehingga dapat mencegah penyakit hipertensi.

6. Melindungi dari keracunan arsenik

Arsenik sendiri merupakan senyawa kimia yang dihasilkan secara alami dan tersebar luas di dalam kerak bumi,zat ini dapat ditemukan dalam air,udara,tanah secara alami dan juga beberapa makanan termasuk beras ,racun ini mempunyai dampak serius bagi kesehatan apabila terpapar dalam jumlah sedang atau besar. Berdasarkan penelitian terhadap hewan,daun dan biji kelor dapat melindungi tubuh dari efek keracunan arsenik.

7. Bertindak sebagai antioksidan

Antioksidan merupakan salahsatu zat yang penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh.Dalam daun kelor terdapat beberapa zat yang bersifat antioksidan antara lain : vitamain C, beta karoten, quercetin, dan chlorogenic acid.

Menurut Aritjahja (2011) kelor mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan sangat bagus untuk penyakit yang berhubungan dengan masalah pencernaan. Selanjutnya beliau menganjurkan agar minum rebusan daun kelor selagi air masih hangat sebab, efek antioksidan masih kuat dalam keadaan hangat.

Untuk mengonsumsi daun kelor harus dilakukan secara bijak,apabila mengonsumsi terlalu banyak justru akan berpengaruh bagi tekanan darah serta meningkatkan asam lambung.Cukup konsumi satu kantong teh celup karena itu setara dengan 6 gram seebuk daun kelor kering per hari,sedangkan mengonsumsi daun kelor yang segar hanya disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 30 gram per hari.

Ditulis Oleh: Shofi Hanifa Fauziah

Mahasiswi STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.