Pengertian Media Sosial Secara Umum dan Menurut Para Ahli

1 min read

Pengertian Media Sosial

Pengertian Media Sosial – Apa itu media sosial? Social Media adalah media online (online) yang digunakan sebagai sarana interaksi sosial secara online di internet. Di medsos sendiri, para penggunanya dapat saling berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, dan juga berbagai banyaknya aktivitas lain yang bisa dilakukan.

Media sosial ini menggunakan teknologi yang berbasis website atau pun juga berbasis aplikasi yang dapat bisa mengubah komunikasi menjadi dialog yang interaktif. Beberapa contoh media sosial yang banyak digunakan saat ini yaitu adalah YouTube, Facebook, Blog, Twitter, dan lain sebagainya.

Daftar Isi

Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli

Untuk lebih memahami apa itu media sosial, kita bisa merujuk pada pendapat para ahli. Berikut ini yaitu adalah pengertian dari media sosial menurut beberapa para ahli:

Marjorie Clayman

Menurut Marjorie Clayman, medsos atau media sosial yaitu adalah alat untuk pemasaran baru yang dapat memungkinkan untuk mengenal para pelanggan dan juga untuk prospek dengan cara yang sebelumnya tidak pernah mungkin dilakukan.

Michael Cross

Menurut Michael Cross, media social ini yaitu adalah istilah yang bisa menggambarkan berbagai hal tentang teknologi yang bisa digunakan untuk mengikat orang untuk dapat berkolaborasi, bertukar informasi, dan juga untuk berinteraksi melalui konten pesan yang berbasis web.

Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien

Menurut Andreas M. Kaplan dan Michael Haenlien, media sosial adalah sekelompok aplikasi berbasis Internet yang dibangun di atas fondasi ideologis Web 2.0 (yang merupakan platform untuk evolusi media sosial) yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran Konten Buatan Pengguna.

Fungsi Media Sosial

Setelah memahami pengertian media sosial dan ciri-cirinya, tentunya kita juga perlu mengetahui apa saja fungsinya. Berikut ini adalah beberapa fungsi umum dari media sosial:

  • Dapar memperluas interaksi social antar manusia dengan memanfaatkan teknologi internet dan juga website.
  • Menciptakan komunikasi dialogis antara banyak khalayak (many to many).
  • Melakukan transformasi pada manusia yang dulunya hanya pengguna isi pesan yang akan berubah menjadi pesan itu sendiri.
  • Membangun personal branding untuk pengusaha atau tokoh masyarakat.
  • Sebagai salah satu media komunikasi antara para pengusaha atau juga tokoh masyarakat dengan pengguna media sosial lainnya.

Demikianlah ulasan tentang pengertian media sosial semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!