Pentingnya Pemahaman Manajemen Risiko Bagi Pelaku Usaha

58 sec read

pemahaman manajemen risiko

Pentingnya pemahaman manajemen risiko bagi pelaku usaha – Manajemen Resiko bagi sebuah bisnis adalah proses untuk mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengendalikan, serta berusaha untuk menekan sebanyak mungkin atau bahkan menghilangkan resiko yang dihadapi oleh pemilik usaha.

Pemahaman Manajemen Risiko

Hal ini tentu saja dapat mencerminkan betapa pentingnya manajemen risiko pada suatu usaha, Persaingan usaha jasa/ industri konstruksi pada era globalisasi sangat ketat, disamping akibat hadirnya kontraktor asing ke pasar domestik, juga tuntutan transparansi sebagai ciri dari globalisasi akan menguat.

Untuk masuk pasar global, tidak dapat asal masuk, namun yang terpenting adalah adanya perubahan cara berpikir, yaitu dari cara berpikir lokal menjadi cara berpikir global. Industri jasa konstruksi merupakan salah satu sektor industri yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

Faktor Kecelakaan Kerja

Berbagai penyebab utama kecelakaan kerja pada proyek konstruksi adalah hal-hal yang berhubungan dengan karakteristik proyek konstruksi yang bersifat unik, lokasi kerja yang berbeda-beda, terbuka dan dipengaruhi cuaca, waktu pelaksanaan yang terbatas, dinamis dan menuntut ketahanan fisik yang tinggi, serta banyak menggunakan tenaga kerja yang tidak terlatih.

Dalam hal ini manajemen risiko akan melibatkan proses-proses, metode dan teknik yang membantu manajer proyek maksimumkan probabilitas dan konsekuensi dari event positif dan minimasi probabilitas dan konsekuensi event yang berlawanan.

Dalam manajemen proyek, yang dimaksud dengan manajemen risiko proyek adalah seni dan ilmu untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan merespon risiko selam umur proyek dan tetap menjamin tercapainya tujuan proyek. Manajemen proyek yang baik akan mampu memperbaiki keberhasilan proyek secara signifikan. Manajemen risiko bisa membawa pengaruh positif dalam hal memilih proyek, menentukan lingkup proyek, membuat jadwal yang realistis dan estimasi biaya yang baik.

Ditulis Oleh :

Fadhilah Nurjihanti

Mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.