Solusi mudah jika ingin usaha tetapi tidak ada modal Biaya

1 min read

Banyak remaja ingin membuka usaha tetapi terkendala modal. Bisa saja dengan cara mencari investor, tetapi akan sulit jika usaha yang akan di bangunnya tersebut masih dalam skala kecil. Lalu bagaimana?

Salah satunya bernegosiasi dengan orang tua, pinjam modal kepada orang tua dengan perencanaan dan persetujuan yang baik, ajaklah bernegosiasi dengan baik kepada orangtua selayaknya bernegosiasi kepada calon investor karena secara tidak langsung orang tua akan menjadi investor untuk Anda dan berbisnis tidak hanya menjual dan membeli saja, tetapi juga berhubungan dengan orang lain.

Solusi mudah jika ingin usaha tetapi tidak ada modal Biaya

Berikut tips dan trik agar Anda berpeluang mendapat modal usaha dari orang tua :

Sebelum Anda melakukan negosiasi terhadap orang tua Anda, siapkan terlebih dahulu berkas-berkas yang di perlukan dalam bernegosiasi. Seperti bisnis plan yang lengkap keuangannya sehingga negosiasi dapat berjalan dengan lancar.

Cari waktu yang tepat untuk melakukan negosiasi, karena Anda pasti mengetahui latar belakang dan keseharian orang tua Anda itu memudahkan Anda dalam melakukan negosiasi, misal lakukan negosiasi saat sedang sarapan bersama keluarga, usahakan Anda mencairkan suasana saat hendak bernegosiasi.

Karena dalam bernegosiasi tidak jarang akan di temukan perbedaan pendapat dan bisa membuat suasana tidak tenang, maka dari itu biasanya negosiasi dilakukan menggunakan negosiator, tugasnya sebagai penengah. Anda bisa tunjuk anggota keluarga Anda sebagai negosiatornya supaya negosiasi berjalan dengan lancar

Negosiasikan kepada Orang tua Anda secara jelas sehingga orang tua Anda memahami apa yang Anda maksud dan akan menerima isi dari yang sudah Anda jelaskan. Anda bisa menyampaikan rencana bisnis dan keunggulan bisnis Anda nantinya kepada orang tua Anda secara jelas sehingga orang tua Anda yakin kepada rencana bisnis Anda.

Menggunakan jenis negosiasi yang tepat kepada Orang tua Anda. Ada banyak jenis negosiasi yang sering di gunakan, tiga diantaranya :

1. negosiasi kolaborasi yaitu negosiasi dengan campur tangan dari berbagai pihak. Maksudnya adalah, semua pihak dalam proses negosiasi dapat menyampaikan pendapatnya masing-masing dan menyuarakan keinginan, misal anda menyampaikan rencana bisnis Anda kepada orang tua Anda, sedangkan orang tua Anda ingin mengubah sedikit dari rencana bisnis Anda tersebut dan nantinya kedua belah pihak akan mendapatkan feedback yang seimbang.

2. negosiasi dominasi, negosiasi ini hanya akan menguntungkan satu pihak saja. Misal, Anda ingin Orang tua Anda hanya meberikan suntikan modal kepada Anda, tanpa ada feedback untuk Orang tua Anda.

3. negosiasi akomodasi, negosiasi ini mebuat kedua belah pihak mendapat keuntungan, akan tetapi satu di antaranya akan mendapat keuntungan yang besar dan satunya lagi akan mendapat keuntungan kecil.

Nah, silahkan Anda pilih ingin menggunakan jenis negosiasi yang mana, tentunya Anda sendirilah yang paling mengerti Orang tua Anda.

  • Jangan fokus dalam negosiasi melulu, carilah topik penghibur semacam ice breaking kepada orang tua Anda. Hal ini akan berdampak positif terhadap proses negosiasi Anda karena tidak terlalu kaku
  • Buatlah persetujuan antara Anda dengan orang tua Anda, dengan persetujuan yang menarik sehingga orang tua Anda sangat yakin kepada Anda dalam bisnis yang akan Anda jalankan. Jika belum bisa deals dalam deal hari itu, jangan khawatir, rencanakanlah kembali kepada orang tua Anda waktu untuk bernegosiasi lagi.

Berikut tips dan trik bernegosiasi kepada orang tua, semoga membantu dan semoga bisnis yang akan Anda jalankan berjalan dengan lancar.

Penulis : Muhammad Nafis Rabbani (STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.