Tahapan Komunikasi yang Efektif

1 min read

Tahap komunikasi yang efektif – Komunikasi menurut Ronald B. Adler dan George Rodman adalah sebuah proses dimana terjadi pertukaran informasi antara individu dengan individu yang lain dengan sebuah sistem perlambang, tanda, atau perilaku yang sama. Komunikasi juga berasal dari Bahasa latin yaitu communis yang berarti sama. Dapat kita simpulkan bahwa komunikasi dapat menimbulkan kesamaan atau untuk dapat memberitahu atau memahami antar inividu baik secara verbal, non verbal, maupun elektronik.

Sebelum masuk pada tahapan proses komunikasi kita perlu mengetahui komponen komponen komunikasi yang harus dipersiapkan. Pertama tentunya perlu lawan bicara kita atau pengirim maupun penerima pesan, lalu pesannya itu sendiri yang perlu dipersiapkan, menentukan media apa yang akan atau ingin digunakan untuk memulai komunikasi, dan menunggu umpan balik atau balasan dari penerima.

Sebelum pada tahapan proses komunikasi kita juga perlu memperhatikan tahapan menulis pesan. Tahapan menulis pesan yang pertama yaitu kita merencanakan terlebih dahulu apa yang akan kita maksud terhadap penerima, melakukan analisis pesan terlebih dahhulu, mengantisipasi dan mempertimbangkan bagaimana pesan yang sesuai yang dapat diterima oleh audience ini yang dinamakan prewriting, lalu yang kedua ada yang dinamakan drafting yaitu meneliti topik, mengatur materi, dan menyusun pesan yang akan disampaikan pada penerima atau audience, yang terakhir yaitu merevisi pesan dengan mengevaluasi konten atau meninjau kembali kemudahan pesan yang dibaca dan selanjutnya mengedit atau mengubah ketika pesan yang akan disampaikan sudah benar benar ringkas dan dapat dipahami oleh para penerima.

Tahapan proses komunikasi dimulai dengan beberapa tahap, pertama pengirim memiliki atau mempunyai ide sebelum berkomunikasi juga ini menjadi syarat utama sebelum kita berkomunikasi dengan lawan bicara kita, lalu mengubah ide tersebut menjadi sebuah pesan dengan memilihi kata atau simbol yang mengekspresikan ide dalam sebuah pesan, lalu yang ketiga memindahkan pesan tadi ke media yang akan dikirimkan kepada penerima contohnya surat, E-mail, Whatsapp, dengan memperhatikan seberapa penting pesan yang kita kirimkan, selanjutnya yang keempat yaitu penerima menerima pesan yang kita kirim, dan yang terakhir yaitu penerima memberi tanggapan, umpan balik, atau feedback pada pengirim.
Demikian penjelasan singkat mengenai tahapan komunikasi.

Ditulis Oleh: Sulthan Raihan (Mahasiswa STEI SEBI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.