Tujuan Kebijakan Ekonomi Internasional

1 min read

Perlukah Kebijakan Ekonomi Internasional ?? Seandainya pelaksanaan hubungan ekonomi antarnegara tidak diatur, apa yang akan Sterjadi? Hubungan ekonomi antarnegara akan kacau. Itulah yang menjadi faktor suatu negara menerapkan kebijakan ekonomi internasional berkaitan dengan hubungan antarnegara. 
 
Mengapa kebijakan ekonomi internasional penting dalam hubungan antarnegara? Kebijakan ekonomi internasional berperan penting dalam menjalin dan membina kerja sama ekonomi dan perdagangan internasional. Kebijakan ekonomi diartikan sebagai seperangkat aturan yang diterapkan suatu negara dalam hubungan ekonomi antarnegara. Kebijakan ekonomi internasional meliputi kebijakan moneter dan fiskal.

Tujuan Kebijakan Ekonomi Internasional

 
Kebijakan ekonomi internasioal yang diberlakukan pemerintah berpengaruh terhadap arah, bentuk. dan komposisi hubungan ekonomi antarnegara. Tujuan pemberlakuan kebijakan ekonomi internasional sebagai berikut.
 
1.  Mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar berdaya saing tinggi dalam menghadapi persaingan global.
 
2.  Melindungi sektor industri dalam negeri dan sektor industri sedang berkembang (infant industry) dari ancaman produk impor.
 
3.  Mempertahankan keseimbangan neraca pembayaran dalam rangka menciptakan stabilitas perekonomian dalam negeri.
 
4.  Mewujudkan tujuan pembangunan ekonomi secara adil dan merata.
 
 

Kebijakan Perdagangan Internasional

 
Kebijakan perdagangan internasional diterapkan suatu negara untuk mengatur kegiatan ekspor impor. Tujuan kebijakan ini adalah memberikan keuntungan bagi negara, terutama sektor industri dalam negeri. Pemberlakuan kebijakan ini dapat mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Jika kebijakan ini berjalan lancar. kesejahteraan masyarakat akan meningkat.
 
 

Kebijakan Moneter dan Fiskal

 
Kebijakan moneter diberlakukan untuk mengendalikan keadaan ekonomi makro. Kebijakan ini dilakukan dengan cara mengatur jumlah uang beredar. Tujuan pernyataan ini untuk menciptakan kestabilan harga dan inflasi serta meningkatkan output. Kebijakan fiskal diberlakukan untuk mengarahkan muad keadaan perekonomian ke arah lebih baik. Kebijakan ini dilakukan dengan cara mengubah penerimaan dan pengeluaran pemerintah.
 
 

Kebijakan Pembayaran Internasional

 
Kebijakan pembayaran internasional berkaitan dengan neraca pembayaran internasional. Tujuan kebijakan ini adalah mengatur lalu lintas devisa dan sumber modal (investasi). Neraca pembayaran adalah ringkasan transaksi pembayaran internasional yang dilakukan antara penduduk suatu negara dan penduduk negara lain selama waktu tertentu.
 
 

Kebijakan Bantuan Luar Negeri

 
Kebijakan bantuan luar negeri berkaitan dengan dana bantuan luar negeri, baik masyarakat, perusahaan, maupun negara. Bentuk bantuan meliputi pinjaman, bantuan dana rehabilitasi dan rekonstruksi, serta dana pembangunan dan bantuan keamanan di suatu negara. Bantuan luar negeri dapat dijadikan sumber pembiayaan pengeluaran pemerintah dalam rangka melaksanakan pembangunan nasional.
 
 

Perekonomian Terbuka

 
Saat ini hampir semua negara di dunia menganut sistem perekonomian terbuka. Sistem ini menggambarkan hubungan ekonomi antarnegara. Salah satu bentuk hubungan ekonomi adalah perdagangan internasional. Dalam perdagangan internasional, kegiatan ekspor impor berperan penting dalam perekonomian makro, Sistem ini timbul sebagai dampak globalisasi ekonomi yang melanda dunia. Baca juga artikel lainnya di Rumbelnesia
 
 

Tantangan Kebijakan Ekonomi Indonesia

 
Kondisi perekonomian Indonesia masih menunjukkan tingkat produksi yang rendah. Bukan karena permintaan (demand) masyarakat yang kurang, melainkan kelemahan struktural (supply). Kondisi yang demikian tidak dapat diatasi dengan menambah permintaan. Pertambahan permintaan justru menimbulkan inflasi. Kondisi perekonomian di suatu negara diatur dan dikendalikan melalui kebijakan ekonomi. Kebijakan ekonomi Indonesia diterapkan untuk mencapai trilogi pembangunan, yaitu kestabilan, pertumbuhan ekonomi, dan pemerataan. Itulah tantangan yang harus diatasi pemerintah dalam pemberlakuan kebijakan ekonomi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page