AKUNTANSI UNTUK KEHIDUPAN SEHARI-HARI

1 min read

Istilah akuntansi tentunya sudah menjadi hal yang awam diketahui oleh banyak orang. Menurut American Acounting Association (AAA), pengertian akuntansi adalah proses pengidentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi pihak yang menggunakan informasi tersebut. 

Maka, dapat kita ketahui bahwa akuntansi tidak dapat dipisahakan dari kehidupan manusia karena akan sangat bermanfaat, khususnya dalam bidang ekonomi maupun bisnis. Dalam bidang bisnis tentunya sudah jelas dibutuhkan adanya jurnal akuntansi. Namun, untuk kehidupan pribadi pun kita membutuhkan adanya jurnal akuntansi dengan tujuan untuk dapat mengatur atau mencatat keuangan agar tetap stabil. Selain itu, kita juga tahu secara jelas untuk apa saja uang kita dikeluarkan.

Tentunya, yang pasti ditanyakan adalah bagaimana kita memulai untuk mengimplementasikan ilmu akuntansi tersebut? Nah, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan!

  1. Membuat Jurnal Akuntansi untuk Keuangan Pribadi

Hal pertama yang dapat disiapkan untuk keuangan pribadi adalah membuat jurnal akuntansi. Jurnal akuntansi adalah catatan seluruh transaksi yang terjadi. Semua transaksi harus ditulis baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Setiap transaksi harus ditulis secara kronologis. Mulai dari transaksi itu untuk apa, waktu transaksi, semuanya harus ditulis.

Kita dapat membuat jurnal dengan periode perbulan, seperti pemasukan yang di dapat selama sebulan, pengeluaran yang dikeluarkan untuk sehari, seminggu, hingga sebulan. Diakhir bulan nanti, kita dapat membuat rencana pengeluaran untuk di bulan berikutnya. Sehingga kita dapat mengefisienkan keuangan kita agar tetap stabil atau mungkin meningkat.

  • Membuat Laporan Keuangan Pribadi

Dalam penerapan akuntansi untuk kehidupan sehari-hari kita tidak perlu membuat seperti laporan keuangan neraca saldo, laporan keuangan laba rugi, laporan keuangan arus kas, dan yang lainnya, Kita cukup membuat laporan keuangan yang sederhana saja yang penting menggambarkan kemana saja keuangan pada periode tersebut.

Laporan keuangan arus kas bisa menjadi pilihan untuk pembuatan laporan keuangan pribadi. Dengan laporan keuangan arus kas kita dapat mengetahui kemana saja arus pemasukan dan pengeluaran keuangan kita. Seperti uang belanja, uang harian, uang tabungan, dana darurat, ataupun kas-kas yang dialokasikan untuk hal-hal tertentu.

  • Melakukan Evaluasi

Hasil pencatatan dan laporan yang telah dibuat dapat kita jadikan sebagai evaluasi keuangan bulanan dan harian.  Dengan mengevaluasi dan menganalisa keuangan tiap bulan kita bisa membuat rencana untuk bulan-bulan berikutnya dengan menekankan biaya pengeluaran. Pengeluaran apa yang dapat dikurangi agar tetap hemat. Sehingga keuangan akan tetap stabil dan lebih efektif dan efisien daripada biasanya.

Jadi, dapat diketahui bahwa akuntansi bukan hanya pencatatan dan pelaporan yang dipakai bagi mereka yang berbisinis saja. Namun, dapat digunakan bagi kita untuk mengelola keuangan yang baik agar tetap stabil. Diharapkan dengan menerapkan ilmu akuntansi untuk pengelolaan keuangan kita dapat menentukan keputusan yang tepat di masa yang akan datang.


Penulis : Hamiyatul Aliyah Ainulhaq

Prodi : Akutansi Syariah STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.