Memilih Produk yang Terjamin Melalui E-Commerce

2 min read

Memilih Produk yang Terjamin Melalui E-Commerce

Memilih Produk yang Terjamin Melalui E-Commerce – Perkembangan teknologi dan informasi telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan. Beberapa tahun kebelakang kebanyakan orang membicarakan suatu obrolan secara tatap muka atau langsung. Media sosial atau hal lain yang mengenai teknologi belum terlalu terlihat.

Memilih Produk yang Terjamin Melalui E-Commerce

Tetapi saat ini, dengan adanya virus COVID-19 mengharuskan semua orang untuk bisa berkembang dalam dunia teknologi yang lebih canggih, baik dari segi komunikasi, mengirim data, dan masih banyak lagi. Berbelanja menjadi salah satu bukti berkembangnya teknologi saat ini.

Cara berbelanja beberapa tahun kebelakang masih dengan cara bertemu langsung antara pembeli dan penjual. Tetapi untuk dua tahun ini, beberapa orang mau tidak mau harus berbelanja melalui online. Karena berkembangnya kasus positif COVID-19 semakin meningkat, sehingga mengharuskan orang untuk banyak beraktifitas di dalam rumah guna menurunkan kasus COVID-19.

Berbelanja online itu terbilang cukup mudah, pembeli/konsumen hanya perlu memilih barang yang diinginkan, lalu mentransfer sejumlah uang atau melakukan sistem cash on delivery (COD) dimana metode pembayaran dilakukan secara tunai atau secara langsung ketika pesanan tiba di tangan pembeli/konsumen. Kelebihan dalam berbelanja online yaitu hemat waktu, bisa belanja dimana saja dan kapan saja, banyak diskon yang tersedia, dan pilihannya bervariasi.

Perlu kita ketahui apapun yang kita lakukan, keputusan apapun yang kita buat, didalamnya pasti terdapat risiko. Kalian tau tidak sih makna dari risiko itu sendiri? Mari kita bahas sedikit mengenai risiko. Risiko yang kita ketahui yaitu hasil dari suatu tindakan yang kurang menyenangkan. Maka dari itu untuk mengantisipasi hal yang tidak menyenangkan tersebut, diperlukan Manajemen Risiko yang baik. Manajemen risiko tidak hanya berkaitan dengan proyek, dalam hal kecil pun kita perlu memperhatikan risiko dari setiap tindakan.

Misalnya risiko dalam berbelanja online, dimana kita harus memperhatikan mana toko yang memang terpercaya dan kualitas produk yang terjamin. Ada beberapa risiko yang tidak kita sadari dalam berbelanja online, misalnya risiko pencurian data, barang yang diinginkan tidak sesuai ekspektasi, barang yang tidak pernah sampai, dan mungkin juga barang rusak saat pengiriman. Setelah melihat permasalahan tersebut, kita dapat mengetahui apa pentingnya manajemen risiko dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam berbelanja online bisa dibilang cukup mudah, tetpai belanja juga memiliki risiko. Oleh karena itu, anda perlu berhati-hati dalam belanja online. Ada beberapa tips yang bisa anda terapkan sebelum belanja online.

Cari Tahu Situs Belanja Online Terpercaya

Untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data-data Anda, perlu situs belanja online yang terpercaya dan dilengkapi dengan aplikasi/sistem yang dapat menjamin keamanan penggunanya. Biasanya ada ikon gembok pada pojok kiri atas untuk menjamin web belanja online tersebut terjamin.

Lihat Kebijakan Terhadap Data Diri Anda

Pastikan didalam kebijakan tersebut tidak ada ketentuan bahwa pengelola situs belanja online tersebut boleh membagikan data diri konsumennya pada pihak lain. Biasanya kebijakan yang diminta berupa hal yang diperlukan misalnya tentang barang apa yang akan Anda beli.

Cari Tahu Reputasi Penjual

Sebelum memutuskan untuk membeli produk, pastikan status toko tersebut apakah aktif atau tidak, testimony lebih banyak berkomentar positif atau negatif.

Cek Ulasan Produk

Setelah melihat reputasi penjual, cek ulasan produk yang ingin kamu beli. Apakah ulasan berisi komentar bagus atau bahkan sebaliknya.

Waspada Dengan Harga Yang Tidak Masuk Akal

Jangan mudah tergiur dengan harga yang sangat murah. Jika perbedaan harga satu sama lain sangat berbeda, perlu waspada apakah barang tersebut original atau bukan.

Baca Deskripsi Produk

Setelah memastikan reputasi penjual dan ulasan produk bagus. Jangan lupa untuk membaca deskripsi dari barang tersebut, untuk lebih meyakinkan Anda untuk membeli barang tersebut. Pastikan barang, spesifikasi, varian, dan penawaran yang ditawarkan sesuai. Jika informasi belum lengkap, lebih baik hubungi penjual untuk memastikan produk.

Pilih Cara Pembayaran Paling Aman

Utamakan dalam berbelanja online gunakan metode pembayaran dengan COD. Jika tidak ada layanan COD, pilihan berikutnya adalah menggunakan rekening bersama. Dimana pembeli akan mentransfer kepada perantara, apabila barang sudah diterima pembeli maka dana dari pihak perantara akan ditransfer ke penjual.

Usahakan untuk tidak langsung mentransfer, kecuali pesan melalui online shop yang terpercaya. Online shop yang baik biasanya menggunakan rekening perusahaan dalam bertransaksi.

Simpan Bukti Transfer

Sebelum barang sampai di rumah, baiknya bukti transfer disimpan sebagai barang bukti jika barang tidak sampai.

By. Shiella Pramesti Anggita Pratiwi, Mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!