Memanfaatkan Masa Presidensi G20 2022

1 min read

Memanfaatkan Masa Presidensi G20 2022

Memanfaatkan Masa Presidensi G20 2022 – Pada tanggal 1 desember 2021 indonesia resmi memimpin presidensi G20 2022. Sehingga Indonesia bertanggung jawab penuh atas segala rangkaian kegiatan G20 selama satu tahun kedepan.

Memanfaatkan Masa Presidensi G20 2022

Sebelum itu apakah kamu tahu apa itu G20? Dikutip dari laman Kementerian Keuangan (kemenkeu.go.id) G20 atau Group of Twenty adalah forum kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri atas 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa. Presidensi G20 sendiri adalah posisi di mana sebuah negara menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan G20.

Pada presidensi G20 2022 ini memiliki tema “Recover Together, Recover Stronger”. Dengan tema ini, Indonesia mengajak seluruh dunia terutama negara G20 ini sendiri untuk bersama-sama mencapai pemulihan yang lebih kuat dan terus berkelanjutan sehingga semakin majunya perekonomian global. Melalui forum G20 tersebut, Indonesia berkesempatan mendorong pemulihan ekonomi global.

Melalui beberapa rangkaian agenda yang diadakan G20 ini, akan menghadirkan para delegasi yang akan berpotensi memberi manfaat bagi perekonomian Indonesia, baik secara langsung maupun tidak langsung
Presidensi G20 menjadi ajang pembuktian Indonesia bahwa di tengah pandemi dunia internasional tetap memiliki persepsi yang baik atas resiliensi ekonomi Indonesia terhadap krisis.

Momentum presidensi yang hanya terjadi selama 20 tahun sekali pada tiap negara harus dapat kita manfaatkan dengan baik untuk membangun pemulihan ekonomi nasional juga internasional.


Selain itu di masa presidensi G20 ini Indonesia dapat memanfaatkan sarana untuk memperkenalkan pariwisata dan produk unggulan Indonesia kepada dunia internasional, sehingga diharapkan dapat turut menggerakkan ekonomi Indonesia mempercepat pemulihan ekonomi dan agar dapat berkonstribusi dalam mengakselerasi Indonesia Maju.

Seperti tema G20 tahun 2022 ini “Recover Together, Recover Stronger” kita harus dapat memanfaatkannya untuk pemulihan ekonomi Nasional maupun Internasional dan untuk mencapai Indonesia Maju, dengan memainkan peranan strategis Indonesia dalam mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia.

Banyak sekali manfaat untuk Indonesia terhadap masa presidensi G20 ini. Untuk itu sebagai kaum milenial kita harus aktif berperan dalam membangun ekonomi maju Indonesia dengan cara menunjukan potensi anak muda terhadap isu ekonomi, politik, dan lain sebagainya. Jangan sampai kita anak muda tidak memanfaatkan momen berharga ini dimana kita dapat mengekspresikan potensi yang kita miliki dan dapat dilirik oleh negara-negara asing.

Juga seharusnya anak muda Indonesia beramai-ramai membagikan informasi terkait presidensi G20 ini ke masyarakat luas lewat sosial media. Walaupun sudah banyak berita-berita maupun artikel terkait presidensi G20 ini tapi pasti masih ada masyarakat yang belum mengetahui apa itu G20 dan apa manfaatnya bagi Indonesia.

Melihat media sosial sangat berpengaruh terhadap pengetahuan masyarakat mari kita Bersama-sama membagikan informasi mengenai G20 ini agar dapat Bersama-sama memeriahkan masa presidensi G20 ini untuk ekonomi lebih baik.

Diulis Oleh: Putri Sa’adatul Alawiyah Rahmat

Mahasiswa STEI SEBI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!