Pengertian Bilangan Prima : Menurut Para Ahli dan Contohnya

1 min read

Pengertian Bilangan Prima

Pengertian Bilangan Prima : Menurut Para Ahli dan Contohnya – Bilangan sendiri merupakan salah satu elemen yang sangat penting dalam pelajaran matematika. Ada banyak sekali jenis dari bilangan dan juga salah satunya yaitu adalah jenis bilangan prima.

Pengertian Bilangan Prima

Pengertian Bilangan Prima yang diinformasikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Sumber Belajar adalah bilangan yang hanya memiliki 2 faktor yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh dari bilangan prima yaitu adalah bilangan 2, 5, dan 7.

Pengertian Bilangan Prima Menurut Para Ahli

Menurut Nicomachus, bilangan prima disebut prima atau pertama, karena hanya dapat diperoleh dengan menggabungkan sejumlah satuan tertentu, dan satuan-satuan tersebut merupakan permukaan dari bilangan tersebut.
Menurut Lamblichus, karena tidak ada bilangan sebelumnya, maka bilangan prima menjadi kumpulan dari satuan-satuan yang kelipatan dan muncul terlebih dahulu sebagai dasar dari bilangan lain yang merupakan kelipatan.

Cara Menentukan Bilangan Prima

Untuk menentukan apakah suatu bilangan prima atau tidak, gunakan faktor bilangan. Faktor adalah bilangan yang habis dibagi bilangan. Contohnya adalah menentukan faktor dari angka 6. Bilangan 6 habis dibagi 1, 2, 3, dan 6. Kesimpulannya pada faktor angka 6 yaitu adalah 1, 2, 3, dan juga 6. Akan tetapi, bilangan 6 bukanlah bilangan prima karena memiliki lebih dari 2 faktor yaitu angka 1, 2, 3, dan 6.

Seperti yang telah dijelaskan pada poin di atas, bilangan prima ditentukan oleh faktor yang tidak lebih dari 2 yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima adalah bilangan 7. Faktor untuk bilangan ini yaitu adalah 1 dan juga 7, artinya angka 7 hanya bisa dapat apabila dibagi dengan angka 1 dan juga bilangan itu sendiri.

Anda telaha mengetahui? bahwa hamper dari semua bilangan pada prima yaitu adalah bilangan ganjil? Sebenarnya ada satu nomor genap dalam daftar ini. Menurut Byjus, angka 2 adalah satu-satunya bilangan genap dalam daftar bilangan prima. Hal ini karena faktor bilangan 2 adalah bilangan 1 dan bilangan 2. Oleh karena itu bilangan 2 disebut juga bilangan prima genap.

Demikianlah ulasan tentang pengertian bilangan prima semoga bermanfaat.

Pengertian Oksigen

Wildan
1 min read

Pengertian Bilangan Cacah

Wildan
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!