Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

1 min read

Pengertian observasi

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli – Secara umum pengertian observasi yaitu adalah sebuah kegiatan untuk mengetahui sesuatu dari suatu fenomena yang ada. Informasi yang diperoleh harus objektif, nyata, dan dapat dipertanggungjawabkan. Kata “pengamatan” berasal dari kata latin yang berarti melihat dan memperhatikan.

Pengertian Observasi

Sedangkan dalam Pengertian, Observasi adalah suatu proses melihat, memperhatikan, mengamati, mempelajari, dan memantau secara seksama suatu objek tertentu untuk memperoleh data yang valid dan informasi yang benar yang diperlukan oleh suatu kegiatan, suatu instansi untuk kepentingan tertentu.

Pengertian Observasi Menurut Para Ahli

Selain pengertian umum, para ahli sendiri memiliki pendapat tersendiri tentang observasi. Berikut 2 pendapat para ahli mengenai penjelasan dari pengertian observasi:

• Nurkancana berpendapat bahwa observasi yaitu adalah cara dalam melakukan penilaian untuk pengamatan dengan secara langsung dan juga sistematis. Data yang telah diperoleh dalam pengamatan kemudian dicatat dalam catatan pengamatan. Dan kegiatan perekaman itu sendiri juga merupakan bagian dari kegiatan observasi.

• Prof Heru menjelaskan bahwa Observasi adalah observasi yang merupakan studi kasus atau pembelajaran yang dilakukan dengan sengaja, terarah, berurutan, dan sesuai dengan tujuannya. Pencatatan kegiatan observasi disebut hasil observasi. Hasil pengamatan tersebut diuraikan secara rinci, tepat, akurat, teliti, objektif, dan bermanfaat.

Fungsi Observasi

Fungsi observasi adalah untuk memperoleh informasi dari objek yang diamati berupa data, skor atau nilai. Pengamat atau peneliti mempunyai tujuan mengamati objek atau fenomena, yaitu:

Menggambarkan objek dan segala sesuatu yang berhubungan melalui panca indera.

Pengamat telah melatih panca inderanya untuk mengamati setiap kejadian atau objek dengan cermat. Tentunya panca indera yang sudah dilatih akan berbeda dengan kemampuan orang biasa. Pengamatan ini harus didukung oleh berbagai teknik pengamatan lain, yaitu seperti penggalian data yang akurat pada lapangan dengan secara langsung.

Dapatkan kesimpulan

Obyek yang harus diamati sendiri memiliki waktu tertentu dalam memberikan suatu kesimpulan dalam pengamatan. Kesimpulan disajikan dalam bentuk laporan yang dapat memberikan informasi atau bahan pembelajaran bagi pembaca.

Dapatkan data atau informasi

Observasi bertujuan untuk memperoleh data atau informasi dari objek yang diamati. Data atau juga informasi bisa dibagi kepada banyak pihak lain yaitu dalam bentuk karya ilmiah maupun juga secara non-ilmiah. Karya yang telah dipertunjukkan ke publik akan mendapat pujian atau kritikan. Sehingga peneliti membutuhkan waktu yang lama dalam membuat suatu karya.

Demikianlah ulasan tentang pengertian observasi semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!